1000 Hari Perlindungan

Image

Fakta-fakta Seputar Bakteri Baik Pada Tubuh Si Kecil yang Perlu Bunda Ketahui

Tidak semua bakteri memiliki dampak yang buruk untuk tubuh Si Kecil. Karena, terdapat bakteri baik yang punya manfaat dalam proses tumbuh dan kembang Si Kecil agar dapat berjalan secara optimal. Biasanya, bakteri baik terdapat di dalam tubuh Si Kecil yang berguna untuk menjalankan berbagai sistem dalam tubuh secara normal. Meskipun demikian, pastikan Bunda mengetahui beberapa fakta seputar bakteri baik yang dapat berguna untuk menjaga kesehatan Si Kecil.


Dapat membantu sistem imun Si Kecil

Hadirnya bakteri baik secara tidak langsung dapat membantu sistem imun pada tubuh Si Kecil. Sistem imun atau sistem perlindungan tubuh sangat penting untuk tubuh Si Kecil karena berperan besar dalam menjaga proses tumbuh kembangnya. Pada saat Si Kecil baru lahir, setidaknya 80% sistem imun Si Kecil terdapat pada bagian dalam tubuhnya yakni pada bagian usus. Bakteri baik tersebut bekerja dengan cara menangkal bakteri jahat yang dapat menimbulkan penyakit serta menghambat proses tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, Bunda perlu memperhatikan secara detail berbagai hal yang dapat menimbulkan bakteri jahat agar dapat membantu kinerja bakteri baik dalam melindungi tubuh Si Kecil.


Si Kecil yang terlahir dengan cara operasi memiliki bakteri lebih sedikit

Proses melahirkan Si Kecil terbagi dua yakni persalinan secara normal dengan persalinan melalui proses operasi atau bedah. Proses tersebut rupanya juga berdampak pada jumlah bakteri yang ada pada tubuh Si Kecil ketika telah lahir. Karena, saat Si Kecil terlahir melalui proses persalinan secara normal, maka Si Kecil akan bersentuhan baik dengan bakteri baik yang ada di proses tersebut. Sementara itu, jika Si Kecil lahir dengan proses persalinan operasi, maka bakteri baik hanya didapatkan dari sentuhan kulit dan lingkungan sekitar.


Bakteri baik bisa didapat dari ASI

Ketika Si Kecil lahir, maka asupan nutrisi yang bisa didapatkan pertama kali berasal dari ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula. Proses pemberian ASI kepada Si Kecil yang baru lahir sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu proses tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang menyebabkan proses tumbuh kembang dapat terbantu oleh pemberian ASI disebabkan karena adanya bakteri baik yang bisa disalurkan melalui Air Susu Ibu. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Amerika Serikat, setidaknya terdapat 15,2% kandungan bakteri baik yang berasal dari ASI. Hal tersebutlah yang membantu proses tumbuh kembang Si Kecil agar dapat memiliki bakteri baik lebih banyak serta melindungi sistem dalam tubuhnya.


Bermain di alam terbuka dapat mendukung bakteri baik

Ketika Si Kecil bermain di alam terbuka, seringkali para Bunda merasa khawatir dengan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuhnya. Padahal, bermain di alam terbuka bisa memberikan dampak baik pada tubuh Si Kecil terutama pada bakteri baik yang ada di dalam tubuhnya loh, Bun. Karena, saat Si Kecil bermain di alam terbuka, tubuh Si Kecil akan terbiasa dengan bakteri yang hadir serta membuat bakteri baik yang ada dalam tubuhnya menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, Bunda tidak perlu khawatir ketika Si Kecil bermain di alam terbuka karena dapat melindungi tumbuh kembangnya.


Antibiotik dapat membunuh bakteri baik

Apabila Si Kecil sakit, seringkali antibiotik diberikan agar dapat meredakan sakit yang dialami oleh Si Kecil. Sepintas hal ini terdengar normal namun bisa berdampak pada bakteri baik yang ada di tubuh Si Kecil. Karena, antibiotik berperan untuk membunuh bakteri yang ada pada tubuh Si Kecil tak peduli meskipun bakteri tersebut merupakan bakteri yang baik ataupun bakteri yang jahat. Dengan demikian, hindari penggunaan antibiotik apabila hal tersebut tidak terlalu dibutuhkan karena dapat membunuh bakteri baik yang ada di tubuhnya.

Itulah beragam fakta tentang bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil. Jangan lupa pastikan juga Bunda memerhatikan bakteri jahat yang ada pada tubuh Si Kecil dengan memberikan perlindungan secara efektif. Penggunaan sabun mandi bayi antibakteri bisa menjadi cara efektif untuk menjaga bakteri baik sekaligus mencegah hadirnya bakteri jahat di tubuh Si Kecil. Selain itu, lindungi juga Si Kecil dengan menggunakan berbagai produk yang diformulasikan khusus untuk Si Kecil. 

Sleek Baby bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi tubuh Si Kecil dari bakteri jahat. Karena, berbagai produk Sleek Baby memiliki formula yang alami sehingga aman untuk tubuh Si Kecil. Jadi, Bunda dapat melindungi tubuh Si Kecil lebih tenang dengan menggunakan produk-produk terbaik dari Sleek Baby.


Leave a comment