1000 Hari Perlindungan
Image

Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dibeli untuk MPASI

Semua ibu ingin memberikan segala hal terbaik untuk sang buah hati. Termasuk soal asupan gizi, sampai menyusun daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli. Berbicara mengenai pemenuhan gizinya, bayi yang baru lahir dianjurkan hanya diberi ASI (Air Susu Ibu) hingga usia 6 bulan. Ketika masuk usia setengah tahun, kebutuhan nutrisi bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya akan bertambah. Dengan begitu, barulah Makanan Pendamping ASI (MPASI) wajib diberikan. 

Tujuan pemberian MPASI adalah untuk memperkenalkan rasa,  tekstur, serta variasi makanan pada si kecil. Melalui fase ini, bayi pun akan terlatih mengunyah dan menelan makanan. Hingga lama kelamaan si kecil terbiasa dengan kegiatan barunya yaitu makan. 

 

Tips Memberikan MPASI Pada Bayi

Pemberian MPASI memiliki jadwalnya sendiri, ada jam khusus dimana makanan untuk si kecil boleh diberikan. Sebagai permulaan, adapun porsi yang bisa digunakan adalah 2 kali makanan pokok dan 1 kali makanan selingan. Makanan pokok dapat Bunda berikan di pagi dan sore hari. Siangnya, berikan makanan selingan berupa buah. 

Syarat pemberian makanan tersebut haruslah memenuhi 4 kuadran, yakni: karbohidrat, protein nabati, protein hewani, sayuran. Lalu untuk mendukung pertumbuhan otaknya, lemak tambahan dari keju dan mentega tawar bisa diberikan juga. Sebaiknya berikan MPASI sedikit dulu di awal, agar perut si kecil tidak kaget. Takaran umumnya adalah 5 sendok makan. Ketika ia mulai terbiasa, porsi dapat ditingkatkan lagi. Di samping itu, tetaplah berikan ASI sesuai keinginan bayi, terutama di pagi hari dan sebelum tidur. 

Baca Juga : Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Bunda Ketahui

Namun, mempersiapkan MPASI untuk bayi usia 6 bulan tidaklah semudah yang dipikirkan, ada proses sangat panjang dan cukup melelahkan. Mulai dari memilih bahan makanan, mengolahnya dengan tekstur tertentu, hingga memberikannya pada si kecil. Untuk itu, Bunda memerlukan peralatan MPASI bayi untuk mendukung kegiatan baru ini setiap harinya. 

Buat daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli untuk mendukung proses pemberian MPASI untuk si kecil. Sebaiknya Bunda jangan hanya terpikat dengan bentuknya yang lucu, namun Bunda pun juga perlu mempertimbangkan keamanan materialnya. Berikut daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli ketika si kecil mulai makan:

 

1. Celemek/Bib bayi

Saat mengonsumsi makanannya, si kecil akan sangat berantakan, mulai dari bajunya yang terkena percikan atau tumpahan makanannya hingga berjatuhan ke lantai. Untuk itu, Bunda memerlukan peralatan MPASI bayi yang dapat menghalau sisa-sisa makanan jatuh ke lantai ataupun mengotori pakaiannya. Celemek/bib bayi menjadi alat yang harus ada dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli ketika si kecil mulai makan. Agar Bunda tidak terlalu sering mengganti bajunya karena si kecil belepotan saat makan, Bunda bisa memakaikan celemek atau bib bayi pada si kecil. Ada berbagai jenis celemek atau bib bayi yang dapat Bunda pilih, mulai dari yang berbahan kain, silikon hingga yang sekali pakai untuk traveling. Bib bayi akan mencegah pakaian bayi kotor akibat terkena air liur bayi dan tumpahan makanan atau minuman si kecil.

 

2. Alat makan bayi

Peralatan MPASI bayi yang paling penting dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli adalah peralatan makan, seperti piring atau mangkuk kecil, sendok dan garpu untuk si kecil. Peralatan makan bayi ini akan membantu proses pemberian MPASI bayi lebih nyaman. Pilih peralatan makan bayi yang terbuat dari bahan yang ringan, tidak mudah pecah, BPA free dan food grade. Untuk wadah makanan si kecil, Bunda tidak perlu memakai piring besar seperti layaknya orang dewasa. Perutnya masih kecil, sehingga porsi makanannya pun tidak banyak. Bunda bisa gunakan mangkuk kecil khusus untuk bayi.

 Baca Juga : Demi Kesehatan, Intip Beragam Tips Mencuci Botol dan Mainan bayi Ini

3. Sendok botol (baby spoon feeder)

Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli selanjutnya adalah sendok botol (baby spoon feeder). Tidak jarang Bunda melakukan multitasking saat menyuapi si kecil. Ketika dirasa menyuapi dengan sendok terlalu sulit dilakukan, Bunda bisa memanfaatkan sendok botol. Peralatan MPASI bayi ini berbentuk sendok yang tersambung dalam wadah tabung berisi MPASI bayi. Saat ibu memencet tabung tersebut, MPASI akan keluar lewat sendoknya. Ibu lalu tinggal menyuapi si kecil tanpa harus menyendok. Sendok botol ini juga memungkinkan Bunda untuk menggunakan satu tangan saat menyuapi si kecil. Praktis dan pastinya tanpa ribet.

 

4. Food processor/Blender

Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli untuk MPASI selanjutnya adalah food processor atau blender. Meski sudah memasuki usia 6 bulan, si kecil masih belum dapat memproses makanan yang bertekstur kasar. Hal ini karena refleks untuk mengunyahnya pun belum maksimal. Oleh karenanya agar makanan lebih mudah dicerna oleh bayi, Bunda dapat menghaluskan makanan tersebut dengan bantuan food processor atau blender.

 

5. Panci bubur (slow cooker)

Membuatkan MPASI untuk si kecil memang membutuhkan proses yang lama. Namun, semua dapat terbantu jika Bunda memiliki slow cooker. Masukkan slow cooker ke dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli ketika si kecil sudah mulai makan. Slow cooker ini bisa dipakai untuk memasak aneka makanan bayi mulai dari bubur, daging tim hingga sayur. Slow cooker bisa memasak makanan dengan suhu rendah sehingga makanan akan matang dengan merata dan nutrisi makanan pun akan tetap terjaga. Karena tidak perlu diaduk saat memasaknya, Bunda pun dapat melakukan pekerjaan lain atau bahkan tidur sambil memasak makanan menggunakan slow cooker ini, sementara slow cooker akan mematangkan semua bahan tersebut menjadi makanan bayi yang penuh gizi.

 

6. Kursi makan bayi

Kursi makan bayi wajib masuk dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli. Kursi makan bayi (high chair) ini sebenarnya berfungsi secara tidak langsung untuk mengajari posisi dan cara makan yang benar kepada si kecil. Selain itu, duduk di kursi makan bayi juga membuat si kecil dalam posisi yang tepat untuk mencerna makanan agar si kecil tidak tersedak saat makan.

 

7. Kotak penyimpanan makanan bayi

Ada kalanya Bunda memasak banyak makanan untuk persediaan agar lebih mudah saat menyiapkan sewaktu si kecil akan makan. Kotak penyimpanan makanan bayi menjadi penting dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli. Bunda harus menyimpan olahan MPASI bayi tersebut di dalam tempat penyimpanan yang terbuat dari material BPA free dan aman untuk bayi, lalu disimpan dalam lemari es. Saat akan dikonsumsi si kecil, Bunda dapat mengambil salah satu MPASI bayi yang sudah dibekukan lalu dipanaskan untuk disajikan.

 

8. Botol minum bayi (training cup)

Saat makan, sebaiknya si kecil tidak diberikan air minum dengan menggunakan botol dot karena bayi harus menghisap air lebih kencang namun air yang keluar sangat sedikit. Bunda dapat memilih sippy cup/training cup yang diminum dengan cara diteguk. Cara ini dilakukan agar si kecil dapat sekalian belajar untuk minum dari gelas. Alat ini mudah digunakan dan si kecil pasti menyukainya.

 Baca Juga : Tips Mudah Mengatasi Nafas Bayi Berbunyi Grok Grok

9. Baby food maker

Mengingat sistem pencernaan bayi belum sempurna, bayi membutuhkan menu MPASI yang lunak untuk memudahkannya mengunyah dan menelan makanannya. Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli selanjutnya adalah baby food maker yang memudahkan Bunda untuk membuat MPASI untuk si kecil. Alat ini sangat praktis dan sudah ada pengukus, blender, penghangat bahkan alat untuk mencairkan makanan beku dalam 1 alat. Beberapa food maker juga sudah dilengkapi dengan timer sehingga MPASI bayi tidak akan terlalu matang atau lembek.

 

10. Alat sterilisasi peralatan makan bayi

Alat sterilisasi atau sterilizer wajib ada dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli bahkan sejak bayi baru lahir. Salah satu cara untuk mencegah si kecil terserang penyakit adalah dengan memastikan seluruh peralatan yang berhubungan langsung dengannya bersih dari kuman, termasuk kebersihan peralatan makan si kecil. Setelah dibersihkan dengan sabun khusus pencuci botol bayi, seperti Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi atau biasa disebut Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser yang aman untuk si kecil karena 100% food grade. Selain itu, Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser juga memiliki formula stain removal sehingga dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel dan peralatan makan bayi pun bersih maksimal  dari kuman dan bakteri

 

Ya, itulah daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli untuk MPASI. Demi menjaga si kecil dari kontaminasi bakteri dan kuman, memang sebaiknya alat makan bayi dibedakan sendiri. Termasuk dengan selalu mencuci perlengkapan MPASI tersebut menggunakan Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser. Selamat memberi MPASI untuk si kecil, Bun! 

 

 

 

Leave a comment