1000 Hari Perlindungan

Image

Cukup Bahagiakah Bayi Anda? Kenali Tanda-Tandanya, Bun!

Bunda mungkin sudah cukup pintar mengenali tanda-tanda bayi lapar, lelah, atau mengantuk, Tapi, apakah Bunda sudah tahu tanda-tanda kalau Si Kecil bahagia?

Alat komunikasi antara Bunda dan Si Kecil sangatlah terbatas, hanya tangisan, tawa, ocehan, atau gerakan. Ada saatnya Bunda mungkin bertanya-tanya, apakah bayi Bunda bahagia? Nyaman? Puas? Untuk memastikannya, Bunda bisa membaca tanda-tandanya di bawah ini.

 

Tenang ketika digendong

Ketika bayi merasa tidak nyaman, ia akan meronta dan melengkungkan punggungnya ketika digendong. Namun ketika bayi merasa nyaman dan bahagia, ia akan merebahkan kepala dan tubuhnya ke dalam dekapan orang yang menggendongnya.

 

Melakukan kontak mata

Bayi pertama kali bisa melakukan kontak mata saat usianya 1 – 2 bulan. Ketika Bunda menatap Si Kecil, ia tidak akan menolak kontak mata dan justru akan balas menatap dengan ekspresi damai di wajahnya.

 

Membalas senyum
Bayi baru lahir sering kedapatan tersenyum ketika mereka tidur. Ini menunjukkan Si Kecil merasa nyaman. Tapi baru menjelang usia 5 bulan Si Kecil membalas senyum orang yang memberikan senyum kepadanya dan mulai memberikan respon terhadap orang yang menggoda dirinya. Ini bukti nyata kalau Si Kecil bahagia.

 
Si Kecil cekikikan dan tertawa
Semakin besar, senyum bayi akan berkembang menjadi tawa dan cekikikan. Menggelitik tubuh bayi, membuat suara dan ekspresi lucu, akan memancing suara tawa bayi. Bayi yang suka tertawa menandakan bahwa ia adalah bayi yang bahagia.

 

Berceloteh
Setelah tertawa, bayi yang bahagia akan mulai mengajak Bunda ‘berbicara’. Bayi berceloteh karena ia senang mendengar Bunda berbicara padanya. Bunda juga dapat memahami bagaimana perasaan bayi dengan mendengarkan nada suaranya.


Status kesehatan bayi baik
Tak bisa disangkal, bayi yang sehat adalah bayi yang bahagia. Amati tonggak perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil, seperti berat dan tinggi badan, apakah sudah memenuhi syarat minimal usianya. Bunda juga harus pastikan bahwa Si Kecil mendapat ASI/ MPASI yang cukup, terlindung dari penyakit umum, dan mendapat waktu tidur yang cukup.

Leave a comment