1000 Hari Perlindungan

Image

Ciri Detergen Aman untuk Si Kecil Berdasarkan Label

Hampir setiap hari, Bunda bersinggungan dengan produk pembersih rumah, salah satunya deterjen. Namun di balik deterjen, tersembunyi bahan membahayakan. Jika Bunda tengah mencari deterjen bagi Si Kecil, sebaiknya pilihlah deterjen dengan bahan yang aman. Supaya baju bersih, Si Kecil sehat, dan tidak mencemari lingkungan.

 

Deterjen yang aman dapat dilihat dari labelnya. Bagaimana caranya? Yuk, cek di bawah ini, Bunda.

 

Bahan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan baku atau ingredients. Berikut ini beberapa arti ingredients yang terkadang sulit dipahami orang awam.

  • Ammonia: Bahan ini bisa menjadi racun jika dihirup, disentuh, apalagi ditelan.
  • Butyl Glycol, Ethylene Glycol, Monobutyl: Bahan ini sering digunakan sebagai bahan baku pembersih. Ketiganya berbahaya bagi sistem saraf, hati, dan ginjal sering terpapar.
  • Chlorine Bleach: Pemutih bersifat sangat kuat, korosif, serta mampu mengiritasi mata dan paru-paru. Sebisa mungkin hindari produk dengan bahan ini, meski baju Bunda luntur sekalipun.
  • Antibacterials: Bahan yang efektif melumpuhkan bakteri ini membahayakan sistem imun manusia. Sebaiknya, bahan ini digunakan secukupnya dalam deterjen karena jika berlebihan justru akan menghilangkan bakteri baik.
  • Paraben: Zat kimia ini kerap digunakan dalam produk kosmetik dan pembersih sebagai pengawet. Tetapi, terlalu banyak paraben akan membuat kulit iritasi. Untuk Si Kecil, Bunda bisa memilih deterjen berlabel Paraben Free atau bebas paraben.
  • Surfactants: Senyawa kimia ini mampu melepaskan noda pakaian yang direndam air. Penggunaan berlebihan bisa mencemari air.

     

    Label

    Banyak label tertempel di deterjen. Di sini, Bunda wajib jeli melihat dan mencari tahu informasi tentang label tersebut.

    • Dermatologically Tested: Label menandakan bahwa produk telah diuji coba oleh dermatologi dan hasilnya aman digunakan. Biasanya label ini akan diikuti label Anti-Irritation.
    • Eco friendly: Atau label Environmentally Friendly dan Green menunjukkan bahwa produk tersebut ramah dan tidak mencemari lingkungan. Namun, label ini harus diikuti dengan penjelasan produknya.
    • Natural: Menginformasikan bahwa produk berasal dari tumbuhan, mineral, dan semua bahan yang diambil dari alam. Saat ini, penggunaan bahan alami telah melalui serangkaian proses manufaktur sehingga bahan alami diubah secara sintetis.
    • Unscented: Atau Fragrance Free mengindikasikan bahwa produk tidak menggunakan pewangi, parfum, atau aroma tertentu. Namun, bisa jadi produk memakai pewangi alami untuk menutupi aroma lemak deterjen.
    • No Animal Testing: Produk tidak diuji coba pada binatang, memiliki kebijakan menentang percobaan hewan di laboratorium, dan tidak menggunakan produk hewani.

     

    Ternyata banyak bahan dan label yang perlu diwaspadai, ya, Bun? Jangan khawatir, sekarang ada deterjen yang ramah untuk Bunda dan Si Kecil. Pilihannya adalah Sleek Baby Laundry Detergent. Deterjen yang telah melalui dermatologically tested ini mengandung natural plant extract yang aman, efektif menghilangkan noda, dan menjaga pakaian Si Kecil tetap lembut. Selain itu, deterjen ini bebas paraben, lembut di tangan, plus tidak menyebabkan iritasi.

     

Leave a comment