1000 Hari Perlindungan
Image

Cek Perbedaan Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih

Saat Si Kecil terlahir ke dunia, ada banyak persiapan yang harus dilakukan oleh Bunda dan Ayah. Mulai dari mempersiapkan peralatan mandi, pakaian bayi, selimut, peralatan makan, dan lain sebagainya. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah memilih minyak yang nantinya menjadi kebutuhan dasar dari Si Kecil. Tubuh bayi yang masih sangat kecil membutuhkan perhatian ekstra supaya bisa tumbuh kembang dengan optimal dan tidak mudah sakit. Bayi memiliki daya tahan tubuh yang masih sangat lemah sehingga Bunda dan Ayah perlu mengoleskan minyak ke tubuhnya untuk menjaga kehangatan dan juga menangkal berbagai macam penyakit seperti flu, masuk angin, hingga penyakit yang menyerang sistem pencernaannya. 


Masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan minyak untuk dioleskan ke tubuh. Tujuannya adalah agar bisa membuat tubuh lebih hangat dan menghilangkan masuk angin. Kebiasaan ini sudah turun temurun dilakukan dan sudah dilakukan sejak kita masih kecil. Ada dua jenis minyak yang paling sering digunakan untuk dioleskan ke tubuh, yakni minyak telon dan minyak kayu putih. Keduanya ini paling sering digunakan, terutama pada anak-anak. Meski sama-sama jenis minyak oles, tapi keduanya ini berbeda. Tak sedikit orang yang sulit sekali untuk mengenali perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih.  


Perbedaan Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih

Perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih memang kerap kali membuat pusing kepala, apalagi jika tidak ada merek atau tanda label namanya. Jika hanya dikenali secara kasat mata pasti kita bisa salah mengenali perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih Tapi ternyata, keduanya ini bisa dikenali dengan beberapa cara yakni melihatnya dari sehing komposisi bahan pembuatan, aroma, tekstur, khasiat, tingkat kehangatannya, dan segi penggunaannya. Untuk lebih jelasnya lagi, coba langsung kita lihat apa perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih di bawah ini yuk!


1. Dari Segi Komposisi Bahan Pembuatannya

Perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih yang pertama bisa dilihat dari segi komposisi bahan pembuatannya. Minyak kayu putih dibuat dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih yakni sejenis pohon Melaleuca cajuputi. Sedangkan minyak telon dibuat dari campuran tiga jenis minyak, yakni minyak kelapa, minyak anisi, dan minyak kayu putih. Minyak kelapa dibuat dari ekstrak kelapa segar tanpa campuran bahan kimia, minyak anisi atau minyak adas manis dibuat dari ekstraksi tanaman adas manis. Dengan adanya campuran jenis minyak lainnya dalam minyak telon selain minyak kayu putih, maka bisa dikatakan kalau minyak telon ini kandungannya lebih lengkap dibandingkan minyak kayu putih. 


2. Dari Segi Khasiatnya

Perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih yang kedua adalah dari segi khasiatnya. Berhubung komposisi bahan pembuatannya berbeda, maka khasiat yang ditimbulkan dari minyak kayu putih dan minyak telon ini sudah pasti berbeda. Minyak kayu putih sendiri memiliki khasiat untuk menghangatkan badan, menghilangkan nyeri, meredakan permasalahan pernafasan, hingga mengobati perut kembung. Sedangkan minyak telon yang di dalamnya memiliki kandungan minyak kayu putih, sudah pasti juga memiliki khasiat dari minyak kayu putih itu sendiri. Ditambah dengan khasiat dari dua jenis minyak lainnya yang ada pada bahan campuran minyak telon yaitu minyak anisi dan minyak kelapa. 


Minyak kelapa berkhasiat untuk membuat kulit bayi tetap lembab, mengatasi kemerahan dan gatal pada kulit yang iritasi, menghilangkan jerawat pada bayi, mengobati ruam popok, hingga meredakan pilek serta gejala pernafasan lainnya. Lalu untuk minyak anisi memiliki khasiat untuk mengobati permasalahan perut serta memperlancar saluran pernafasan. 


3. Dari Segi Aroma dan Teksturnya

Baik itu minyak telon maupun minyak kayu putih sama-sama memiliki aroma wangi yang memberikan efek aromaterapi. Tapi jika diperhatikan lebih jelas lagi, ada perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih dari segi aromanya. Aroma dari minyak kayu putih cenderung lebih kuat dibanding minyak telon dan ada aroma pedasnya sedikit yang agak menyengat. Sedangkan untuk minyak telon aromanya jauh lebih kalem dan lebih hangat sehingga tidak terlalu menusuk hidung. 


Tekstur keduanya juga berbeda. Perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih dari segi teksturnya ini bisa dibedakan dengan mudah saat kita merabanya. Tekstur minyak telon lebih kental dan licin sehingga agak lama meresapnya saat dioleskan pada permukaan kulit. Sedangkan untuk tekstur minyak kayu putih cenderung lebih encer dan tidak licin sehingga mudah sekali untuk meresap saat dioleskan ke kulit. 


4. Dari Segi Tingkat Kehangatannya

Tahukah Bunda dan Ayah kalau perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih juga terletak dari segi tingkat kehangatannya. Tingkat kehangatan dari minyak telon dan minyak kayu putih ini sangat dipengaruhi dari tekstur yang dimiliki keduanya. Berhubung minyak kayu putih yang memiliki tekstur yang lebih encer dan tidak licin, maka akan mudah menyerap di kulit sehingga efek kehangatannya akan langsung terasa dengan cepat. Lain halnya dengan minyak telon yang teksturnya kental dan licin sehingga lama terserap di kulit. Efeknya minyak telon akan memiliki tingkat kehangatan yang berada di bawah minyak kayu putih alias hangatnya terasa perlahan.


5. Dari Segi Penggunaannya

Banyak orang yang salah mengenali perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih dari segi penggunaannya. Minyak telon lebih sering digunakan pada bayi yang baru lahir karena aromanya tidak terlalu menyengat dan cocok digunakan untuk kulit bayi yang masih sensitif. Berbeda dengan minyak kayu putih yang cenderung lebih sering digunakan untuk anak-anak di atas umur 5 tahun dan juga orang dewasa sebagai minyak yang bisa mengobati beberapa jenis penyakit pencernaan, pernafasan, dan penyakit kulit.   


Minyak Telon dari Sleek Baby Telon Oil Jadi Pilihan Terbaik untuk Si Kecil

Setelah tahu apa saja perbedaan minyak telon dan minyak kayu putih di atas, Ayah dan Bunda sekarang sudah tahu mana minyak yang dikhususkan untuk Si Kecil. Tapi saat memilih minyak telon yang bermanfaat untuk Si Kecil, Ayah dan Bunda harus tahu mana yang terbaik. Sebenarnya tak perlu pusing memilih minyak telon untuk Si Kecil karena sekarang sudah ada Sleek Baby Telon Oil yang pastinya bisa memberikan beragam manfaat kesehatan untuk Si Kecil seperti bisa menghangatkan tubuhnya, menghilangkan masuk angin, membuatnya lebih rileks, mencegah perut kembung, hingga mengatasi permasalahan pada sistem pencernaannya. Sleek Baby Telon Oil ini berbeda dengan minyak telon biasa karena kandungannya 2x minyak telon biasa dan memiliki minyak anisi lebih banyak.


Sleek Baby Telon Oil tak hanya punya kandungan minyak anisi, tapi juga ada kandungan minyak kelapa dan minyak cajuput. Untuk komposisinya adalah 60% minyak kelapa, 20% minyak cajuput, dan 20% minyak anisi. Kemasannya juga tidak mudah tumpah dan mudah digunakan karena tutupnya menyatu dengan botol dan pastinya sudah ada sistem locknya sehingga aman saat dimainkan oleh Si Kecil karena isinya tidak akan mudah tumpah atau bocor.


Sleek Baby Telon Oil bisa dijumpai di toko offline seperti minimarket hingga supermarket. Selain itu, Bunda dan Ayah juga bisa membelinya di toko online seperti Lazada dan Shopee. Untuk informasi lebih lengkapnya lagi mengenai Sleek Baby Telon Oil, Bunda dan Ayah bisa langsung mengeceknya di sini!

Leave a comment