1000 Hari Perlindungan

Image

Cek 6 Hal Ini Saat Bayi Bunda Baru Lahir Nanti!

Semua Bunda yang sedang hamil pastinya ingin agar bayi yang dilahirkan sehat. Tapi seperti apa sih ciri penting yang menandakan bayi Bunda lahir dengan selamat dan sehat itu? Cek 6 hal dibawah ini untuk memastikan si Kecil lahir dengan sehat ya, Bunda.

 

1. Menangis

Ciri-ciri bayi sehat yang bisa Bunda ketahui pertama kali saat bayi lahir adalah mendengar suara tangisnya. Bayi yang menangis cukup keras dan terdengar nyaring, itu tanda si Kecil sehat. Sebab, menangis sangat penting untuk bayi, karena akan membuat saluran pernafasan menjadi longgar.  Bunda, segeralah konsultasi ke dokter bila tidak mendengar bayi menangis. Sebab, dikhawatirkan ada kelainan pada si Kecil.

 

2. Berat Badan

Bayi yang baru lahir dan memiliki berat badan minimal 2,5 kilogram merupakan ciri-ciri bayi sehat yang berikutnya. Jika berat badan bayi kurang, hal ini bisa disebabkan karena asupan saat di dalam kandungan juga kurang. Namun, ini tidak perlu terlalu khawatir, karena ibu dapat menaikkan berat badan si Kecil saat sudah keluar dari rahim. Jadi, sebaiknya selama masa kehamilan, Bunda harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi ya.

 

3. Warna Kulit

Perhatikan warna kulit bayi karena bayi yang memiliki warna kulit kemerahan saat terlahir juga merupakan ciri-ciri bayi sehat. Biasanya warna kulit merah akan terlihat pada bagian bibir, muka, kulit tangan bahkan sampai bagian kaki. Saran untuk Bunda, kalau kulit bayi berwarna kuning setelah dilahirkan sebaiknya segera konsultasi ke dokter atau bidan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

4. Feses

Ciri-ciri bayi yang sehat lainnya adalah feses bayi saat hari pertama hingga hari ketujuh memiliki warna hijau dan ketika bayi berumur lebih dari 7 hari warna feses berubah menjadi kuning.

 

5. Anggota Tubuh

Ciri fisik menjadi bagian yang penting juga lho, Bunda! Bayi sehat bisa Bunda lihat dari anggota tubuh yaitu dari ujung kaki hingga ujung kepala. Beserta lubang mulut, pusar dan lubang duburnya. Cek apakah lengkap dan sempurna.  Jika terdapat salah satu anggota tubuh yang tidak ada dapat menandakan bayi Bunda memiliki kelainan.

 

6. Gerakkan

Ketika si Kecil menginjak umur 4 minggu dan seluruh anggota tubuh si Kecil dapat berfungsi normal berarti anak Bunda merupakan bayi yang sehat.

Nah, buat Bunda yang sebentar lagi melahirkan, jangan lupa cek ciri-ciri bayi sehat untuk bayi yang baru lahir seperti diatas ya.

Leave a comment