1000 Hari Perlindungan

Image

Cegah Baby Blues dengan Cara Kreatif

Baby Blues Syndrome merupakan gangguan psikologis  berupa perasaan sedih, panik, dan mudah marah yang dialami oleh sekitar 50-80% perempuan setelah melahirkan. Bunda yang terkena sindrom ini biasanya sering merasa sedih, menangis, marah-marah, bahkan sampai tidak ingin melihat Si Kecil. Agar terhindar dari stres, Bunda melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi baby blues.

1. Memanjakan Diri

Setelah melahirkan, mungkin Bunda akan sedikit kaget dengan perubahan yang ada. Bisa tidak ada lagi waktu untuk diri sendiri, karena hampir 24 jam waktu Bunda hanya untuk Si Kecil. Bila mengalami baby blues, mintalah anggota keluarga untuk menemani Si Kecil di rumah untuk beberapa jam. Bunda bisa pergi ke salon untuk melakukan perawatan, juga sedikit hangout ke pusat belanja untuk meredakan stres.

2. Olahraga dan Relaksasi

Tubuh yang bugar dan pikiran yang tenang akan membuat Bunda terbebas dari baby blues. Saat Si Kecil tertidur, luangkanlah waktu untuk berolahraga sejenak. Bunda bisa melakukan yoga atau olahraga ringan di rumah. Selain itu, wewangian seperti aroma terapi juga akan membuat Bunda lebih rileks.

3. Menekuni Hobi

Jika tak sempat keluar rumah untuk sedikit bersenang-senang, Bunda bisa melakukan kegiatan yang selama ini menjadi hobi, misalnya berkebun, membuat kue, menjahit. Melakukan kegiatan yang menyenangkan akan membuat Bunda lupa akan kesedihan yang dialami selama ini.

4. Menulis Blog

Cobalah menulis di blog mengenai pengalaman Bunda selama hamil, saat proses melahirkan, dan masa-masa merawat Si Kecil. Ceritakan semua yang Bunda alami, dan masukkan juga foto-foto yang bersangkutan agar isi tulisan semakin menarik. Bagikan tulisan Bunda di media sosial agar bisa dibaca banyak orang. Menulis merupakan salah satu terapi yang mudah dilakukan dan memberikan efek yang cukup baik.

Nah, silahkan pilih kegiatan yang Bunda sukai untuk mengusir baby blues ya.

Leave a comment