1000 Hari Perlindungan
Image

Cara Menyembuhkan Demam pada Anak

Saat anak demam, Bunda dan Ayah pasti akan merasa khawatir. Tapi demam pada anak jangan sampai membuat Bunda dan Ayah panik, tetaplah tenang dan lakukan cara menyembuhkan demam pada anak. Demam adalah suatu kondisi di mana suhu tubuh Si Kecil bisa mencapai do atas 38 derajat celcius. Demam merupakan mekanisme alami yang dialami tubuh yang sedang melawan infeksi, baik itu karena virus atau bakteri yang menyerang tubuh. Jadi bisa dikatakan kalau demam adalah bentu perlawanan agar virus dan bakteri tersebut tidak sampai menyebar ke tubuh Si Kecil. Ada banyak penyebab anak mengalami demam. Bisa karena Si Kecil terkena infeksi, efek imunisasi, masuk angin, flu, suhu lingkungan, hingga karena kelelahan beraktivitas. 


Demam pada anak bisa diketahui dengan cara mengeceknya melalui termometer anak atau meletakkan punggung tangan Bunda atau Ayah di atas kening Si Kecil. Jika suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius atau terasa lebih hangat dibanding suhu tubuh biasa, maka tandanya Si Kecil mengalami demam. Ada gejala-gejala lain yang bisa dilihat Bunda dan Ayah untuk mengetahui kalau anak sedang demam yakni biasanya anak tidak aktif, tidak banyak berbicara, matanya kelihatan berair dan agak kemerahan, hingga tidak nafsu makan. 


Cara Menyembuhkan Demam pada Anak

Sebenarnya demam pada anak ini wajar terjadi. Rata-rata anak yang usianya masih 0-3 tahun akan sering mengalami demam setidaknya dua bulan sekali. Kondisi demam pada anak ini biasanya akan hilang sendiri jika daya tahan tubuh Si Kecil bagus. Rata-rata demam akan menghilang selama 1-2 hari saja. Tapi sebagai bentuk pencegahan supaya demam Si Kecil bisa cepat turun, ada beberapa cara menyembuhkan demam pada anak, yaitu: 


- Kompres dengan Air Hangat

Cara menyembuhkan demam pada anak yang pertama adalah cara klasik yang paling banyak digunakan karena sangat mudah. Bunda hanya perlu menyediakan handuk atau kain dan baskom yang berisi air hangat. Celupkan handuk atau kain dalam baskom berisi air hangat tersebut lalu peras dan letakkan di atas dahi Si Kecil dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah 15-20 menit, Bunda harus mengangkat kompres tersebut dan mencelupkannya lagi ke air hangat. Lakukan hal sama terus menerus secara berkala sambil memantau perkembangan suhu tubuh Si Kecil. Cara ini bisa dilakukan hingga suhu tubuh Si Kecil menurun. Rata-rata suhu tubuh anak bisa menurun dengan cara ini selama 1-2 jam setelah dikompres. 


- Mandi Air Hangat

Tak sedikit Bunda dan Ayah yang menganggap kalau saat anak demam tak perlu dimandikan. Padahal dengan memandikan Si Kecil, hal ini bisa menjadi cara menyembuhkan demam pada anak. Mandikan Si Kecil dengan air hangat yang bersuhu sekitar 28-29 derajat celcius sehingga bisa membantu mengatasi demam anak. Air hangat yang digunakan untuk memandikan Si Kecil ini bisa membantu mendinginkan suhu tubuh. 


- Gunakan Pakaian yang Tipis dan Menyerap Keringat

Setelah dimandikan dengan air hangat, Bunda dan Ayah harus memakaikan Si Kecil pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat. Jika diberikan pakaian yang tebal, panas tubuh anak akan susah keluar dan suhu tubuhnya akan susah turun. Selain itu, pilih juga pakaian yang mudah menyerap keringat Si Kecil karena pada dalam masa penyembuhan atau pada saat panas anak menurun, tubuhnya akan mengeluarkan keringat yang banyak. 


- Minum Air Putih yang Cukup

Cara menyembuhkan demam pada anak yang lainnya adalah dengan memberikan Si Kecil minuman air putih yang banyak dan cukup. Tidak perlu sekali minum langsung banyak, Bunda dan Ayah bisa memberikan minuman air putih kepada Si Kecil secara bertahap. Dengan memberikan air putih yang cukup, maka bisa membantu tubuhnya untuk segera mengeluarkan panas dari dalam dan mencegah terjadinya dehidrasi. 


- Berikan Asupan Nutrisi Buah dan Sayur

Tak hanya air putih saja yang harus dicukupi kebutuhannya, tubuh Si Kecil yang sedang demam juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dalam melawan infeksi. Oleh karena itu buah dan sayur wajib diberikan saat Si Kecil sedang demam. Biarkan Si Kecil memilih buah dan sayur yang disukainya. Selain buah dan sayur, Bunda dan Ayah juga harus memberikan daging sapi, daging ayam, ikan, telur, dan susu untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya saat demam. 


- Biarkan Anak Tidur yang Cukup dan Nyenyak

Saat Si Kecil sedang demam, Bunda dan Ayah harus membiarkannya untuk mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup dan nyenyak menjadi salah satu cara menyembuhkan demam pada anak karena pada saat tidur, tubuh Si Kecil akan memproses sistem imunnya dengan lebih baik sehingga dapat melawan penyakit yang menyerang. 


- Selalu Jaga Suhu Ruangan 

Cara menyembuhkan demam pada anak selanjutnya adalah dengan selalu jaga selalu suhu ruangan. Bunda dan Ayah bisa menyalakan pendingin ruangan, tapi jaga suhunya agar tidak terlalu dingin. Sedangkan untuk penggunaan kipas angin, sebisa mungkin dihindari karena bisa membuat anak rentan terkena masuk angin dan kedinginan. Tapi jika ingin menggunakan kipas angin, setel dengan kecepatan paling rendah dan arahkan ke tembok, jangan arahkan kipas angin ke anak. 


- Pijat Lembut Tubuh Si Kecil dengan Minyak Telon

Cara menyembuhkan demam pada anak yang terakhir adalah dengan memijat lembut tubuh Si Kecil dengan menggunakan minyak telon. Minyak telon bisa memberikan sensasi rasa hangat sehingga membuat tubuh anak menjadi lebih rileks. Pijat dengan lembut tubuh Si Kecil dengan menggunakan minyak telon pada bagian dada, punggung, perut, dan telapak kakinya. Lakukan pijatan ini setelah memandikan Si Kecil dengan air hangat atau sebelum Si Kecil tidur. Minyak telon terbaik yang bisa Bunda pilih adalah Sleek Baby Telon Oil yang memiliki kandungan 2x minyak telon biasa sehingga manfaatnya jauh lebih optimal. 


Jika cara menyembuhkan demam pada anak di atas sudah dilakukan, tapi demam Si Kecil masih belum turun juga, sebaiknya Bunda dan Ayah segera membawanya ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan lebih cepat. Semoga dengan adanya informasi cara menyembuhkan demam pada anak di atas bisa berguna untuk Bunda dan Ayah. 


Sleek Baby Telon Oil Bisa Menjadi Pilihan Minyak Telon Terbaik Anak 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, minyak telon terbaik yang bisa dipilih adalah Sleek Baby Telon Oil. Selain kandungannya yang 2x minyak telon biasa, Sleek Baby Telon Oil juga bisa melancarkan sistem pernafasan, meredakan perut yang kembung, mencegah masuk angin, hingga melembabkan kulit. Komposisi di dalam Sleek Baby Telon Oil terdiri dari jenis minyak, yakni minyak minyak kelapa 60%, minyak kayu putih 20%, dan minyak anisi 20%. 


Kelebihan lain dari Sleek Baby Telon Oil adalah kemasannya yang tidak mudah tumpah karena pada bagian tutupnya ini sudah menyatu dengan botol dan ada sistem locknya sehingga ketika dimainkan oleh Si Kecil, isinya tidak akan mudah tumpah dan bocor. Sleek Baby Telon Oil bisa dengan mudah dijumpai di supermarket, minimarket, hingga e-commerce seperti Lazada dan Shopee dengan harga yang sangat terjangkau. Jika Bunda dan Ayah penasaran ingin tahu selengkapnya tentang Sleek Baby Telon Oil, coba langsung cek saja informasinya di sini!

Leave a comment