1000 Hari Perlindungan

Image

Cara Mengatasi Sleep Tantrum pada Si Kecil

Waktu tidur seharusnya menjadi kondisi tenang bagi Si Kecil. Tetapi ini justru sebaliknya, Si Kecil rewel menjelang tidur. Sleep tantrum atau rewel menjelang tidur, tak hanya tidur malam melainkan tidur siang juga. Sleep tantrum yang biasanya terjadi pada anak usia satu tahun ke atas ini ditunjukkan dengan keengganan mereka untuk tidur. Jika Bunda memaksa, ia akan menangis atau marah-marah. Alhasil Bunda pun kewalahan menghadapi ulahnya.

 

Jangan merasa kewalahan dulu, Bunda, sebelum mencoba cara berikut ini:

 

Pertama, rutinitas berdisiplin. Sama seperti bayi, Si Kecil di bawah usia tiga atau lima tahun ini dapat dilatih untuk berdisiplin dalam rutinitasnya. Misalnya saja, menjelang tidur latihlah Si Kecil untuk menggosok gigi, lalu bernyanyi atau membacakan dongeng oleh Bunda di kamar. Jika dilakukan setiap hari, Si Kecil akan terbiasa dan ia akan memulai untuk memilih buku dongeng sebagai sinyal bedtime.

 

Kedua, tugas sebelum tidur. Berikan Si Kecil “pekerjaan” sebelum tidur. Contohnya merapikan mainan dan berikan pengertian bahwa mainan pun perlu tidur. Sampaikan pula pujian kepada Si Kecil, karena ia telah menyelesaikan tugas dengan baik.

 

Ketiga, utarakan peringatan. “Give verbal warnings that activities are coming to an end,” ujar Vicki Dawson, Pendiri The Children’s Sleep Charity. Dengan memberikan peringatan, Si Kecil akan menyadari bahwa waktu tidur semakin dekat. Vicki menyarankan, Bunda bisa menggunakan kartu edukasi yang menjelaskan tentang kehidupan sehari-hari.

 

Keempat, kontrol makanan dan minuman. Konsumsi makanan dan minuman sangat berpengaruh pada perilaku Si Kecil. Hindari pemberian makanan dan minuman berkadar gula tinggi, karena dapat membuat anak overactive, yang bisa memicu tantrum. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Leave a comment