1000 Hari Perlindungan

Image

Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit Si Kecil

Seperti yang telah Bunda ketahui, kulit si Kecil cenderung tipis dan rentan terhadap berbagai penyakit. Rentannya kulit si Kecil tentu membutuhkan perhatian khusus dari Bunda agar dapat menjaga kesehatannya. Salah satu musuh utama pada kulit si Kecil yaitu iritasi.


Iritasi muncul pada kulit si Kecil akibat kondisi lingkungan yang belum menyesuaikan kondisi tubuhnya. Tidak seperti orang dewasa, Bayi cenderung memiliki lapisan kulit yang tipis sehingga lebih rentan terhadap berbagai penyakit seperti iritasi. Kondisi ini merupakan hal yang biasa namun tidak bisa diremehkan begitu saja. Bunda harus tetap bersiaga dan mengetahui cara mengatasi iritasi pada kulit si Kecil sebagai berikut.


Memperhatikan popok yang digunakannya

Salah satu bagian tubuh pada kulit si kecil yang rentan terkena iritasi yakni pada bagian sekitar popoknya. Popok menjadi alat yang wajib untuk digunakan dan Bunda harus memperhatikan betul popok yang digunakan untuk si Kecil. Karena, tidak semua bayi cocok dengan popok yang Bunda kenakan kepada si Kecil. Pada beberapa kasus, tak jarang si Kecil yang mengalami peradangan sewaktu mengenakan popok yang tidak sesuai dengan kulitnya. Oleh karena itu, pastikan Bunda memperhatikan betul jika terdapat peradangan atau iritasi pada kulit si Kecil akibat popok yang digunakan dan oleskan Sleek Natural Antibacterial Diaper Cream untuk mencegah iritasi.


Mengompres bagian lipatan yang terkena iritasi

Iritasi yang muncul pada kulit si Kecil umumnya berasal dari keringat akibat suhu udara yang tidak cocok. Keringat yang keluar pada kulit si Kecil akan berdampak pada iritasi jika berada pada lipatan tubuh si Kecil. Kondisi yang kerap kali disebut sebagai biang keringat ini akan membuat kulit si Kecil mengalami peradangan atau iritasi karena bagian yang lembab pada lipatan tubuh si Kecil.


Untuk mengatasi iritasi pada bagian lipatan tubuh, Bunda dapat mengatasinya dengan mengompres bagian lipatan tersebut dengan menggunakan handuk yang lembut serta telah dibasahi air. Setelah itu, sering-seringlah untuk membuka bagian lipatan dan mengipasinya agar senantiasa kering atau tidak lembab. Jangan gunakan bedak karena justru akan membuat iritasi pada kulit si Kecil menjadi semakin parah.


Memberikan obat atau krim sesuai dengan resep dokter

Jika iritasi pada kulit si Kecil sudah berada pada tahapan yang mengkhawatirkan, maka tidak ada salahnya jika Bunda datang ke dokter untuk mengatasinya. Biasanya, dokter akan memeriksa dan memberikan obat atau krim untuk mengatasi iritasi pada kulit si Kecil. Obat ini nantinya akan dioleskan pada bagian kulit yang iritasi dan biasanya dokter telah menyesuaikan obat yang digunakan dengan kulit si Kecil yang masih rentan sehingga Bunda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.


Mencegah iritasi terjadi

Selain mengobati, maka tidak ada salahnya jika Bunda juga melakukan inisiatif untuk mencegah timbulnya iritasi pada kulit si Kecil. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati maka tidak ada salahnya jika Bunda melakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini :


1. Menjaga suhu udara di dalam rumah
Suhu udara menjadi penyebab utama kulit si Kecil terjangkit iritasi. Untuk mencegahnya, maka Bunda dapat menjaga suhu ruangan agar senantiasa sejuk dan ramah untuk kulit si Kecil.


2. Memberikan pakaian yang sesuai untuk si Kecil
Keringat yang keluar dari kulit si Kecil tidak hanya berasal dari suhu yang panas melainkan juga berasal dari pakaian yang tidak tepat. Jika si Kecil cenderung mudah berkeringat, maka sebaiknya Bunda mengenakan pakaian yang lebih terbuka atau tidak ketat untuk si Kecil agar sirkulasi udara senantiasa terjaga.


3. Menggunakan sabun yang tepat


Mencegah iritasi juga dapat dilakukan dengan memperhatikan sabun yang digunakan saat mandi. Karena, saat mandi merupakan proses pembersihan kulit si Kecil dari bakteri jahat maka Bunda harus memperhatikan betul sabun yang digunakan. Sebaiknya, gunakanlah sabun bayi anti iritasi untuk melindungi kulit si Kecil dari bahaya iritasi. Seperti Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash yang dapat bunda andalkan untuk melindungi kulit si Kecil dari bahaya iritasi. Dengan demikian, kulit si Kecil akan terjaga dari iritasi dan si Kecil dapat bergerak dengan bebas tanpa perlu merasa risih dengan iritasi yang hadir di kulitnya.

Leave a comment