1000 Hari Perlindungan
Image

Cara Mengatasi Flu pada Bayi saat Pancaroba Tanpa Minum Obat

Bayi baru lahir memiliki kondisi kekebalan tubuh yang belum sempurna. Itulah sebabnya Bunda harus menjaga si Kecil yang baru lahir secara cermat agar tidak mudah terserang penyakit. Sayangnya, perubahan cuaca ekstrem membuat flu pada saat pancaroba sering kali sulit dihindari. Si Kecil yang baru lahir pun jadi mudah tertular flu bila ada anggota keluaga yang mengidap penyakit tersebut.

Biasanya si Kecil yang terkena flu saat pancaroba memang jadi lebih rewel ya, Bun. Namun, Bunda tak perlu terlalu khawatir menghadapi hal tersebut. Yuk, lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi flu tanpa minum obat pada bayi baru lahir:

Meningkatkan Intensitas Pemberian ASI

Konsumsi ASI merupakan salah satu cara alami terbaik untuk mengatasi flu saat pancaroba pada bayi baru lahir. Jadi, alangkah lebih baik bila Bunda meningkatkan intensitas pemberian ASI, misalnya menjadi 2 jam sekali bila biasanya hanya 3 jam sekali. Jangan lupa mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar kualitas ASI Bunda makin meningkat, ya. Asupan ASI yang berkualitas akan memperkuat daya tahan tubuh si Kecil sehingga lekas sembuh dari flu.

Memijat Hidung Si Kecil

Flu yang membuat hidung tersumbat pasti bikin si Kecil jadi rewel dan tak bisa tidur. Untuk membantu melegakan hidung tersumbat, Bunda bisa memijat hidung si Kecil secara perlahan-lahan. Pijatlah bagian hidung, alis, dan pipi dengan gerakan searah sehingga sistem pernapasannya menjadi lebih lancar. Biasanya si Kecil jadi lebih mudah tertidur setelah hidungnya dipijat dengan lembut.

Menyiapkan Uap Air Panas

Kalau hidung tersumbat pada bayi baru lahir tidak bisa diatasi dengan cara memijat, Bunda bisa mencoba alternatif lainnya dengan menyiapkan uap air panas. Siapkan air panas pada wadah yang lebar lalu dekatkan wajah si Kecil agar terkena uap tersebut. Uap air panas yang masuk ke saluran pernapasan akan membantu melegakan hidup mampet karena cairan hidung bisa mencair dan keluar dengan sendirinya. Lakukan proses ini selama beberapa menit sebelum menidurkan si Kecil ya, Bun.

Memandikan Si Kecil dengan Air Hangat

Bayi yang baru lahir belum mampu mengatur suhu badannya sendiri sehingga mudah kedinginan dan terkena flu. Oleh sebab itu, Bunda harus berinisiatif memandikan si Kecil dengan air hangat, terutama ketika si Kecil sedang flu. Siapkan air hangat lalu basahi kepala dan tubuh si Kecil selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Uap air hangat akan masuk ke sistem pernapasan buah hati Bunda dan membantu menghilangkan lendir-lendir yang menghambat pernapasan. Setelah dimandikan dengan air hangat, biasanya napas si Kecil jadi lebih lega dan si Kecil pun akan lekas tertidur.

Mengatur Posisi Kepala si Kecil saat Tidur

Hidung tersumbat pada bayi baru lahir bisa diatasi dengan mengatur posisi kepalanya saat tidur. Bunda harus menyiapkan bantal tambahan agar posisi kepala buah hati lebih tinggi daripada posisi tubuhnya. Dengan demikian, hidung si Kecil tak akan tersumbat lendir sehingga tidak rewel ketika tidur. Jangan lupa memperbaiki posisi kepala si Kecil secara teratur ketika bantalnya mulai bergeser dari kepala ya, Bun.

Menghangatkan Tubuh Bayi

Risiko hidung tersumbat saat flu akan semakin besar bila si Kecil sering kedinginan. Jadi, Bunda harus telaten menghangatkan tubuh bayi melalui beberapa cara berikut ini:

  • Memilihkan pakaian yang teksturnya lebih tebal sehingga tubuh si Kecil jadi hangat.
  • Memakaikan selimut saat si Kecil Tidur. 
  • Mengoleskan minyak telon pada tubuh si Kecil usai mandi atau saat cuaca sedang dingin. Minyak telon yang hangat akan membuat bayi merasa nyaman dan bisa tidur panjang meskipun sedang flu. Untuk urusan memilih minyak telon, Bunda tak perlu bingung lagi. Kini, ada Sleek Baby Telon Oil yang kandungannya terdiri dari minyak kelapa, minyak cajuput, dan minyak anisi. Kandungan minyak telonnya terbukti 2x lebih banyak sehingga tak hanya menghangatkan tetapi juga melancarkan pernapasan dan mencegah kembung pada bayi.

Oleskan Sleek Baby Telon Oil pada bagian dada, perut, dan punggung si Kecil secara merata. Bunda juga bisa memanfaatkan Sleek Baby Telon Oil untuk memijat si Kecil agar lebih rileks. Sehingga si Kecil akan merasa nyaman dan hangat usai mandi serta siap tidur nyenyak tanpa gangguan hidung tersumbat.

Memasang Humidifier dalam Ruangan

Humidifier adalah alat yang berfungsi meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan. Alat tersebut menyemprotkan uap air ke udara dan menjaga kelembapan ruangan dalam batas normal. Penggunaan humidifier dapat membantu melembapkan rongga hidung si Kecil sehingga hidungnya tidak tersumbat saat flu. Bunda harus menggunakan air mineral untuk humidifier dan menggantinya setiap hari. Bersihkan bagian dalam humidifier seminggu sekali agar tidak ada kotoran dan mikroorganisme penyebab penyakit yang mengendap. Jangan lupa pula mengganti filternya secara teratur supaya kehigienisan uap air yang dihasilkan humidifier tetap terjaga.

Menggunakan Alat Penyedot Hidung Khusus Bayi

Jangan takut menggunakan alat penyedot hidung khusus bayi untuk meredakan masalah hidung tersumbat, Bun. Awalnya, Bunda harus membuat campuran dari ΒΌ sendok teh garam dan secangkir air mendidih. Aduk campuran tersebut agar merata dan diamkan hingga benar-benar dingin. Larutan garam bisa disimpan maksimal tiga hari agar dapat digunakan beberapa kali.

Jika sudah menyiapkan larutan garam, masukkan dua hingga tiga tetes larutan tersebut pada hidung bayi lalu segera gunakan alat penyedot hidung. Penggunaan larutan garam bermanfaat mencairkan lendir pada hidung si Kecil sehingga lendir tersebut lebih mudah dikeluarkan dengan cara disedot. Usai menggunakan alat penyedot hidung bayi, buah hati Bunda pasti merasa lebih lega karena hidungnya tidak tersumbat lagi.

Membatasi Aktivitas si Kecil di Luar Rumah

Flu pada saat pancaroba yang dialami bayi baru lahir akan bertambah parah bila dipengaruhi perubahan cuaca ekstrem di luar rumah. Jadi, alangkah lebih baik jika Bunda membatasi aktivitas di kecil di luar rumah. Usahakan untuk tidak terlalu sering mengajak si Kecil keluar rumah, terutama saat cuaca sedang sangat panas atau sangat dingin. Namun, Bunda masih bisa mengajak si Kecil berjemur pada jam 8 pagi selama 15 menit. Sinar matahari pagi tak hanya memberikan asupan vitamin D tetapi juga efektif melegakan hidung tersumbat. Selain itu, Bunda juga mesti membatasi interaksi si Kecil dengan banyak orang di luar rumah karena flu yang diidap buah hati Bunda bisa semakin parah bila terpapar kotoran atau penyakit menular lainnya.


Penanganan yang tepat akan membuat si Kecil yang baru lahir lekas sembuh dari flu. Mulai sekarang, Bunda mesti lebih telaten menjaga kesehatan si buah hati, ya. Jangan sampai penyakit flu terulang lagi hingga membuat si Kecil jadi rewel dan sulit tidur.

Leave a comment