1000 Hari Perlindungan
Image

Cara Mengatasi Batuk Pilek pada Anak

Anak-anak sangat rentan sekali terserang penyakit, terutama batuk pilek. Anak yang usianya masih di bawah 3 tahun memang kerap kali terserang batuk pilek. Pasalnya sistem imunitas tubuhnya masih sangat lemah sehingga bakteri dan virus mudah menyerang tubuh. Sedangkan batuk dan pilek pada anak ini bisa dikarenakan bakteri dan virus. Batuk dan pilek yang diderita Si Kecil bisa menyerang sistem pernafasannya, mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Anak yang terkena batuk pilek biasanya akan ditandai dengan demam, hidung berair, bersin, hidung tersumbat hingga kesulitan bernafas, suara yang serak, gatal pada tenggorokan, hingga mata berair. 


Batuk pilek sebenarnya termasuk dalam penyakit ringan. Hanya saja penyakit ini sangat menggangu Si Kecil karena menyerang sistem pernafasannya sehingga anak akan kesulitan bernafas. Ditambah lagi, demam yang menyertai batuk pilek juga bisa membuatnya rewel dan tidak nafsu makan. Oleh karena itu, saat Si Kecil terkena batuk pilek, Bunda dan Ayah harus segera menerapkan cara mengatasi batuk pilek pada anak. 


Cara Mengatasi Batuk Pilek pada Anak

Cara mengatasi batuk pilek pada anak tidaklah sulit. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan oleh Bunda dan Ayah di rumah. Beberapa di antaranya adalah: 


- Berikan Minuman Air Putih yang Lebih Banyak

Cara mengatasi batuk pilek pada anak yang pertama adalah dengan memberikannya air putih yang banyak. Saat tubuh terserang batuk pilek, cairan dalam tubuh akan cepat berkurang sehingga Bunda harus memastikan kebutuhan air putih anak tercukupi. Sebaiknya berikan air putih sekitar 200-300 ml jika usia Si Kecil masih berada di bawah 2 tahun. Jika usianya sudah di atas 2 tahun, maka berikan sekitar 400 ml lebih supaya cairan dalam tubuhnya bisa tercukupi dengan baik. Berikan air putih hangat supaya bisa menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokannya. 


- Konsumsi Madu Sangat Diperlukan 

Lebih bagus lagi jika pemberian air putih hangat pada Si Kecil disertai dengan madu. Anak-anak tidak boleh sembarangan diberikan obat, terutama obat batuk. Oleh karena itu, peran madu di sini sangatlah penting sebagai cara mengatasi batuk pilek pada anak. Di dalam madu terdapat kandungan antioksidan, antibakteri, an antimikroba yang bisa melawan virus dan bakteri dalam tubuh anak. Selain itu, madu juga bisa menenangkan tenggorokan, mengurangi iritasi pada saluran pernafasan, serta memecah lendir yang terbentuk karena batuk dan pilek. 


Campurkan 2 sendok teh madu dalam air putih hangat atau teh hangat dan berikan pada Si Kecil sebelum ia tidur. Ada satu hal yang perlu diingat oleh Bunda dan Ayah, madu diperbolehkan untuk diberikan pada Si Kecil jika usianya sudah di atas 1 tahun. Jadi hindari memberikan madu pada anak di bawah usia 1 tahun karena takut terjadinya reaksi alergi. 


- Pastikan Si Kecil Tidur yang Cukup

Setelah memberikan madu dengan air putih hangat, pastikan Si Kecil tidur yang cukup dan pastinya harus nyenyak. Inilah cara mengatasi batuk pilek pada anak yang harus dilakukan Bunda dan Ayah. Ketika tubuh terkena penyakit yang diakibatkan bakteri dan virus, tubuhnya akan sebisa mungkin melawannya dengan sistem kekebalan tubuh yang dimiliki dan sistem kekebalan tubuh ini akan meningkat dengan cara beristirahat atau tidur yang cukup. Tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Saat tidur, tubuh Si Kecil akan meningkatkan dan memulihkan kekebalan tubuhnya. Untuk anak-anak yang usianya di bawah 3 tahun akan membutuhkan waktu tidur selama kurang lebih 12-14 jam perhari saat ia terkena batuk pilek. Sedangkan anak di atas 3 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 10-12 jam per harinya. 


- Posisikan Kepala Lebih Tinggi Saat Berbaring

Saat Si Kecil tidur, usahakan untuk memposisikan kepalanya lebih tinggi saat berbaring. Cara mengatasi batuk pilek pada anak ini dianggap bisa mengurangi hidung tersumbat hingga rasa sulit bernafas karena sistem pernafasannya terganggu. Gunakan bantal tambahan untuk dapat menopang kepalanya. 


- Selalu Jaga Kelembapan Ruangan

Kelembapan ruangan sangat perlu dijaga selama Si Kecil terserang batuk pilek. Cara mengatasi batuk pilek pada anak ini dapat membantunya melegakan tenggorokan. Ruangan yang kering bisa memperparah kondisi batuk pada anak. Untuk menjaga kelembapan ruangan, gunakan humidifier atau pelembap udara. Humidifier ini bisa menangkal virus dan debu, mencegah kering pada saluran pernafasan, dan membantu mengencerkan lendir. 


- Berikan Sup Ayam

Cara mengatasi batuk pilek pada anak selanjutnya adalah dengan memberikan Si Kecil sup ayam. Dalam sup ayam terdapat daging ayam serta aneka sayuran yang bisa memberikan tubuh Si Kecil nutrisi yang lengkap. Sup ayam yang hangat juga bisa melegakan tenggorokannya. Selain sup ayam, berikan juga Si Kecil makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi, terutama yang kaya vitamin C agar sistem kekebalan tubuhnya bisa meningkat. 


- Oleskan Minyak Telon Pada Tubuh Anak

Salah satu cara mengatasi batuk pilek pada anak adalah dengan mengoleskan minyak telon pada tubuh Si Kecil. Kandungan dalam minyak telon mampu menghangatkan tubuh anak sehingga bisa memperlancar saluran pernafasannya, melegakan tenggorokan, dan mengurangi pileknya. Dengan lancarnya saluran pernafasan, maka batuk pilek anak bisa sembuh secara perlahan. Bunda dan Ayah bisa mengoleskan minyak telon pada bagian dada, punggung, dan perut anak setelah selesai memandikan Si Kecil dan sebelum tidur agar nanti tidurnya bisa lebih nyenyak.


Ada ciri-ciri minyak telon yang bagus untuk diberikan pada anak, yakni yang memiliki komposisi tepat yakni di dalamnya ada minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak anisi secara lengkap. Selain itu minyak telon yang bagus tidak membuat iritasi pada kulit Si kecil, berlabel halal, kemasannya ramah anak, serta memiliki kualitas yang bagus dan harga yang terjagkau. 


Jika Bunda dan Ayah sudah mencoba cara-cara mengatasi batuk pilek pada anak tapi batuk pileknya belum reda juga dalam jangka waktu lebih dari 3 hari, maka segera bawa Si Kecil ke dokter anak supaya bisa mendapatkan pencegahan dengan cepat dan batuk pileknya bisa cepat sembuh. 


Sleek Baby Telon Oil Bisa jadi Pilihan Terbaik untuk Si Kecil

Menggunakan minyak telon memang bisa menjadi salah satu cara mengatasi batuk pilek pada anak, tapi Bunda dan Ayah tak boleh sembarangan dalam memilih minyak telon ini. Ada banyak sekali merk minyak telon yang beredar di pasaran sehingga seringkali membuat Bunda dan Ayah kebingungan dalam memilihnya. Tapi mulai sekarang sudah ada Sleek Baby Telon Oil yang bisa dipilih oleh Bunda dan Ayah sebagai minyak telon terbaik untuk anak. Sleek Baby Telon Oil ini memiliki kandungan dan manfaat 2x minyak telon biasa. Dalam Sleek Baby Telon Oil terdapat komposisi 60% minyak kelapa, 20% minyak kayu putih, dan 20% minyak anisi. 


Kemasan Sleek Baby Telon Oil ini sangat praktis, mudah digunakan, serta tidak mudah tumpah karena sudah dilengkapi dengan sistem lock sehingga Bunda dan Ayah tak perlu khawatir isinya tumpah saat dimainkan oleh Si Kecil. Sleek Baby Telon Oil tersedia dalam dua ukuran, yakni yang berukuran 30 ml yang mudah dibawa ke mana-mana dan ukuran 70 ml yang bisa digunakan di rumah. 


Selain Sleek Baby Telon Oil, Sleek Baby juga memiliki beberapa produk terbaik untuk Si Kecil. Mulai dari Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser, Sleek Baby Liquid Soap, dan masih banyak lagi. Jika Bunda dan Ayah ingin mengetahui selengkapnya tentang produk-produk dari Sleek Baby ini, bisa langsung klik di sini!

Leave a comment