1000 Hari Perlindungan

Image

Cara Membersihkan Wajah Bayi yang Baru Lahir

Wajah merupakan ciri khusus atau identitas bagi setiap manusia. Setiap manusia tentu memiliki wajah yang berbeda dan dijaga agar dapat mengundang daya tarik orang lain. Tak terkecuali dengan wajah bayi yang menjadikannya sebagai ciri khusus untuk dikenali oleh orang tuanya terlebih jika bayi tersebut baru lahir.


Bunda tentu telah paham betul jika wajah si Kecil yang baru lahir sangat rentan terhadap berbagai gesekan. Karena, kulit si Kecil yang baru lahir cenderung masih sensitif sehingga sebaiknya Bunda mencegah terjadinya gesekan pada wajah si Kecil yang baru lahir. Namun, meski gesekan harus dihindari, bukan berarti Bunda tidak boleh membersihkan wajah si Kecil yang baru lahir loh, Bun. Untuk itu, sebaiknya Bunda memperhatikan cara membersihkan wajah si Kecil yang baru lahir sebagai berikut :


Gunakan lap bersih yang lembut atau kapas

Wajah si Kecil yang baru lahir sangat rentan dan tidak boleh terkena gesekan. Oleh karena itu, pastikan Bunda menggunakan lap bayi yang bersih dan lembut atau gunakanlah kapas untuk membersihkan wajah si kecil yang baru lahir.


Air hangat

Tak hanya rentan terhadap gesekan, kulit si Kecil yang baru lahir juga masih tipis pada bagian epidermisnya. Hal ini menyebabkan si Kecil mudah kedinginan jika berada pada ruangan dengan suhu yang dingin. Agar wajah si Kecil yang baru lahir bisa dibersihkan, Bunda harus menggunakan air hangat ya saat membersihkannya.


Proses Pembersihan

Bagian pertama yang harus Bunda bersihkan pada wajah si Kecil yang baru lahir yaitu sudut mata bagian dalam. Ini merupakan bagian tersulit dan memerlukan perhatian khusus sehingga harus dilakukan paling pertama. Setelah itu, lanjutkan proses pembersihan ke sekeliling hidung hingga ke sudut luar mata si Kecil.


Setelah sekitar mata, bersihkan bagian wajah yang lain dengan lap bersih yang lembut dan gunakan pula sabun bayi. Pastikan Bunda menggunakan sabun bayi tidak pedih di mata agar aman untuk wajah si Kecil. Salah satu produk yang dapat Bunda gunakan adalah Sleek Baby 2in1 Liquid Soap yang terbukti aman dan tidak pedih di mata si Kecil yang baru lahir.


Setelah Bunda membersihkan bagian depan wajah si Kecil, jangan lupa keringkan bagian yang telah dibersihkan ya. Karena, jika tidak dikeringkan maka si Kecil akan merasa kedinginan karena lapisan epidermis pada wajah si Kecil yang baru lahir masih tipis.


Bagian depan wajah sudah, jangan lupa bersihkan bagian belakangnya juga ya, Bun. Bunda bisa memulainya dengan mengusap bagian telinga serta bagian belakang telinga dengan kain lap yang lembut. Jangan lupa, gunakan air hangat dan jangan masukkan jari atau benda apapun kedalam telinga si Kecil yang baru lahir.


Setelah bagian depan dan belakang wajah, kini giliran Bunda membersihan bagian sekitar dagu atau bawah wajah si Kecil. Usap perlahan bagian dagu dan leher si Kecil dengan menggunakan kain lap bayi yang bersih dan lembut. Meski dilakukan terakhir, namun ini merupakan proses yang sangat penting karena pada bagian dagu dan leher biasanya tersimpan banyak kotoran yang berasal dari air liur si Kecil. Karena menyimpan banyak kotoran, Bunda harus lebih sering membersihkan bagian ini agar dapat menjaga kebersihan pada wajah si Kecil.


Itulah urutan proses membersihkan wajah si Kecil yang baru lahir. Meski terlihat mudah, Bunda harus memperhatikan beberapa hal kecil seperti proses penyekaan yang dilakukan secara lembut dan jangan digosok karena kulit si Kecil yang baru lahir sangat rentan. Selain itu, pastikan juga Bunda senantiasa membersihkan wajah si Kecil sebelum memadikannya karena proses ini memerlukan perhatian khusus sehingga sebaiknya dilakukan terlebih dahulu.

Leave a comment