1000 Hari Perlindungan
Image

Cara Membersihkan Botol Bayi dengan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser

Botol bayi merupakan salah satu perlengkapan bayi yang wajib mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, bayi yang baru lahir memiliki sistem imunitas yang masih sangat lemah sehingga bisa rentan terkena penyakit yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus. Bakteri dan virus ini bisa hinggap di perlengkapan bayi dengan mudah dan masuk ke dalam tubuh Si Kecil. Tentunya Bunda tak ingin hal ini terjadi bukan? Perlengkapan bayi yang sangat rentan terkena bakteri adalah botol bayi. Oleh karena itu, selalu ada anjuran untuk selalu membersihkan botol bayi dengan benar setelah menggunakannya. Jika sampai masih ada sisa kotoran di dalamnya, maka tak menutup kemungkinan adanya bakteri yang bersarang dan menempel. 


Cara Membersihkan Botol Bayi 

Untuk membersihkan botol bayi, ada tiga cara yang bisa dilakukan oleh Bunda. Supaya lebih jelasnya, coba langsung cek saja cara membersihkan botol bayi di bawah ini!


1. Merebusnya

Cara pertama yang paling banyak dilakukan adalah dengan merebus botol bayi dalam air mendidih selama beberapa menit. Biasanya botol bayi akan direbus dalam waktu kurang dari lima menit saja. Tujuannya sudah pasti untuk mematikan bakteri yang ada di dalam botol bayi tersebut. Setelah direbus, botol bayi ini harus digunakan dalam jangka waktu kurang 24 jam karena setelah 24 jam, maka Bunda harus merebusnya kembali untuk mensterilkannya. Cara ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Hanya saja ada risiko dibaliknya. 


Sebelum merebus botol bayi, perhatikan dulu bahan yang digunakan untuk membuat botol bayi tersebut. Apakah bahannya dari plastik atau kaca tahan panas? Meski dikatakan aman, tapi botol bayi yang terbuat dari plastik sangat rentan terhadap kesehatan Si Kecil karena ditakutkan ada senyawa kimia yang larut di dalamnya sehingga cara ini dikatakan cukup riskan untuk dilakukan. Sebisa mungkin Bunda menghindari cara ini karena risikonya terbilang cukup tinggi bagi kesehatan Si Kecil. Tapi kalau ingin melakukannya, pastikan dulu bahan pembuat yang digunakan pada botol bayi. Apakah bahan tersebut aman jika direbus atau tidak? Tapi jika tidak ada keterangannya, lebih baik Bunda menghindari cara ini. 


2. Menguapkan atau Mengukusnya

Cara yang kedua adalah dengan menguapkan atau mengukusnya. Metode ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara pertama karena sama-sama memanfaatkan panas atau suhu yang tinggi untuk mensterilkan botol bayi. Caranya sangat mudah, Bunda hanya perlu memanaskan kukusan lalu meletakkan botol bayi di dalam kukusan selama kurang lebih 5-10 menit saja. Sama seperti cara pertama, botol bayi yang diuapkan atau dikukus ini harus digunakan dalam jangka waktu kurang dari 24 jam supaya masih steril. Selain menggunakan kukusan, sekarang sudah ada alat steamer atau sterilizer khusus yang bisa Bunda gunakan. Untuk harganya berkisar mulai dari Rp250-Rp500 ribu lebih.


3. Menggunakan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser

Cara yang ketiga membersihkan botol bayi adalah dengan menggunakan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser yang dilengkapi dengan formula Natural Antibacterial dan Stain Removal Formula. Dengan membersihkan botol bayi dengan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser, Bunda bisa membersihkan botol bayi Si Kecil dengan aman. 


Untuk mencuci botol bayi dengan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser, ada beberapa tahapan yang bisa Bunda ikuti, yaitu:


- Cuci tangan Bunda dengan benar di bawah air mengalir dan menggunakan sabun cuci tangan supaya tangan Bunda steril dan bersih dari bakteri. 

- Pisahkan bagian botol, mulai dari badan botol, dot, katup, hingga tutup botol.

- Bilas dengan air bersih yang mengalir.

- Sediakan dua wadah. Wadah yang satu bisa digunakan untuk meletakkan botol bayi dan wadah yang satu isi dengan air hangat dan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser. Hindari meletakkan botol bayi di permukaan wastafel karena akan membuatnya terkena bakteri lagi. 

- Bunda bisa mulai membersihkan botol bayi dengan sikat khusus dan  Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser. Sikat hingga ke bagian yang paling dalam dalm juga pada lekukan dot dan tutup botol bayi. 

- Setelah semua bagian botol bayi dibersihkan, bilas dengan air bersih matang atau air hangat yang sudah disediakan. 

- Jika ingin botol bayi lebih steril lagi, Bunda bisa memanaskannya dengan cara direbus atau disteam, tapi pastikan terlebih dahulu jenis bahan botol susu bayi tersebut, apakah aman jika panaskan atau tidak. 

 

Selain digunakan untuk mencuci botol bayi, Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser juga dapat digunakan untuk mencuci peralatan makan Si Kecil hingga perlengkapan bayi lainnya karena aman digunakan dan tidak berbahaya. 


Alasan Bunda Harus Menggunakan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser

Pasti ada yang bertanya-tanya mengapa harus menggunakan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser untuk membersihkan botol bayi. Ada beberapa alasan mengapa Bunda harus menggunakan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser, yaitu: 


- Formula Natural Antibacterial dan Stain Removal Formula di dalam Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser sangat efektif dalam membunuh bakteri dan menghilangkan bau amis dan juga noda susu pada botol bayi. 

- Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser merupakan sabun pencuci botol yang pabean free sehingga aman dari bahan kimia yang berbahaya. 

- Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser mengandung bahan yang aman dan natural seperti Natural Anti Bacterial.

- Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser sudah teruji klinis di lembaga terakreditiasi.

- Dengan adanya kandungan food grade di dalamnya, botol bayi bisa harum alami. Meski harumnya alami, tapi aroma wangi dari Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser ini tidak bertahan lama sehingga lebih aman digunakan karena tidak meninggalkan residu. 

- Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser juga sangat hypoallergenic sehingga sesering apapun Bunda mencuci botol dengan menggunakan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser, zatnya tidak akan membuat tangan bunda kering atau mengelupas. 

- Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser memiliki cairan yang concentrate sehingga teksturnya kental dan padat. Jadi meski hanya menggunakan sedikit saja, Bunda bisa mencuci banyak botol. Dalam arti kata lain, Bunda bisa lebih mengirit pengeluaran. 

- Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser telah teruji secara klinis mampu membunuh mikroorganisme berbahaya sehingga kuman tidak ada yang tertinggal dalam botol bayi. 


Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser ini bisa dengan mudah Bunda dapatkan di minimarket, supermarket, hingga marketplace seperti Lazada dan Shopee. Tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau. Selain Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser, Sleek Baby memiliki beberapa produk perlengkapan bayi bayi terbaik yang pastinya aman digunakan, seperti Sleek Baby Telon Oil, Sleek Baby Liquid Soap, Sleek Baby Laundry, Sleek Baby Travel Wash, Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream, dan masih banyak lagi. Kalau Bunda penasaran ingin tahu selengkapnya mengenai produk dari Sleek Baby ini, bisa langsung cek di sini!

Leave a comment