1000 Hari Perlindungan
Image

Cara Melindungi Anak dari Masuk Angin

Anak-anak sangat mudah sekali terkena masuk angin, terutama yang usianya masih 0-3 tahun. Hal ini dikarenakan kulit Si Kecil masih sangat tipis sehingga sangat mudah untuk terkena masuk angin. Selain itu, sistem imunitas Si Kecil juga masih sangat lemah sehingga rentan terkena berbagai macam jenis penyakit, salah satunya adalah masuk angin. Sebenarnya istilah masuk angin ini bukanlah istilah medis karena hanya masyarakat Indonesia saja yang menyebutnya demikian. Masuk angin sendiri adalah kondisi di mana berkumpulnya gas atau angin yang tidak merata di dalam tubuh dan hal ini bisa dialami oleh bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. 


Penyebab dari masuk angin bisa bermacam-macam. Pada bayi dan anak-anak, penyebabnya bisa karena terlalu lama terpapar AC atau kipas angin, terkena angin yang ada di luar ruangan, baju yang basah, pakaian yang terlalu tipis atau tidak menutupi badan, hingga tubuh yang tidak kering betul setelah mandi. Tidak seperti orang dewasa, anak-anak terutama bayi tidak bisa mengatakan kalau ia terkena masuk angin sehingga Bunda dan Ayah harus dengan cepat mengenali gejala-gejalanya. Untuk mempermudah mengenali gejala masuk angin pada anak, berikut adalah tanda-tandanya!


- Kembung

- Mual dan muntah

- Badan demam

- Meriang

- Diare

- Nafsu makan berkurang

- Si Kecil sering rewel dan menangis


Tanda-tanda dari anak yang terkena masuk angin memang bermacam-macam. Jadi Bunda dan Ayah harus cermat mengamatinya. Jika ada beberapa tanda di atas, maka Bunda dan Ayah harus dengan cepat memastikannya karena semakin cepat ditangani, maka masuk angin Si Kecil akan semakin mudah diobati. 


5 Cara Melindungi Anak dari Masuk Angin

Setelah mengetahui apa saja tanda-tanda dari masuk angin yang bisa dilihat pada Si Kecil, Bunda dan Ayah juga harus tahu bagaimana cara melindungi anak dari masuk angin. Berikut ada beberapa cara melindungi anak dari masuk angin, yaitu: 


1. Gunakan Pakaian Tebal dan Kaos Kaki Saat Keluar Rumah

Cara melindungi anak dari masuk angin yang pertama adalah dengan menggunakannya pakaian tebal dan kaos kaki ketika keluar rumah, terutama pada saat keluar rumah di pagi, sore, dan malam hari. Meski udara tidak terlalu dingin, tapi ingat kalau kulit Si Kecil masih sangat tipis sehingga jika Ayah dan Bunda membawanya berjalan-jalan keluar rumah, maka ia bisa dengan mudah terkena masuk angin jika tidak mengenakan pakaian yang tebal dan kaos kaki. 


2. Hindari Menggunakan AC atau Kipas Angin Berlebihan

Salah satu cara melindungi anak dari masuk angin yang paling mudah adalah hindari menggunakan AC atau kipas angin secara berlebihan karena bisa menyebabkan Si Kecil mudah masuk angin. Membiarkan AC atau kipas angin terus menerus menyala bisa menyebabkan Si Kecil masuk angin, apalagi jika suhunya terlalu dingin. Sebaiknya sesuaikan pemakaian AC atau kipas angin dengan cuaca dan jangan terlalu lama menggunakannya karena bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan Si Kecil. Supaya udara tetap segar, gunakan air purifier pada kamar Si kecil.


3. Keringkan Tubuh Bayi dengan Benar Sesuai Mandi

Salah satu penyebab utama Si Kecil bisa masuk angin adalah Bunda dan Ayah tidak mengeringkan tubuhnya dengan benar setelah mandi. Cara melindungi anak dari masuk angin bisa dengan mengeringkan tubuh bayi dengan benar setelah mandi. Pastikan handuk yang digunakan oleh Si Kecil bisa menyerap air dengan baik sehingga Ayah dan Bunda bisa mudah mengeringkan tubuh Si Kecil. Selain itu, segera pakaikan pakaian Si Kecil setelah ia mandi. 


4. Berikan Makanan dan Minuman Hangat

Cara melindungi anak dari masuk angin selanjutnya adalah dengan memberikan makanan dan minuman hangat. Minuman dan makanan hangat bisa menghangatkan tubuh Si Kecil sehingga tidak mudah masuk angin. Pemberian minuman dan makanan hangat bisa setelah mandi atau sebelum Ayah dan Bunda mengajaknya jalan-jalan keluar rumah. Minuman hangat yang bisa diberikan kepada Si Kecil adalah air putih hangat serta susu hangat. Sementara untuk makanan hangat terbaik adalah sup yang dibuat dari campuran sayur dan daging. 

 

5. Gunakan Minyak Telon untuk Mencegah Masuk Angin

Cara melindungi anak dari masuk angin yang terakhir adalah dengan memggunakan minyak telon. Minyak telon ini sangat ampuh untuk cara melindungi anak dari masuk angin. Pasalnya kandungan yang ada di dalamnya mampu membuat Si Kecil tetap merasa hangat sehingga tidak mudah masuk angin. Minyak telon dibuat dari komposisi tiga jenis minyak, yakni minyak kelapa, minyak anisi, dan minyak kayu putih. Oleskan minyak telon pada bagian perut, lengan, punggung, dan telapak kaki setelah Si Kecil mandi, sebelum tidur, dan sebelum bepergian keluar rumah. 


Tak hanya Bunda saja yang dapat memberikan minyak telon kepada anak, pemberian minyak telon juga dapat diberikan oleh Ayah kepada Si Kecil.  Tujuannya bukan hanya sebagai salah satu cara melindungi anak dari masuk angin, tetapi juga dapat menjadi cara mempererat hubungan antar Ayah dan anak. Hal ini dikarenakan pada saat Ayah mengoleskan minyak telon kepada Si Kecil, usapan halus yang diberikan bisa langsung dirasakan oleh Si Kecil dan membuatnya merasa lebih dekat dengan Ayah. Cara bonding antar Ayah dan anak ini sudah banyak dilakukan.  


Sleek Baby Telon Oil Menjadi Pilihan Minyak Telon untuk Mencegah Masuk Angin Pada Anak

Ada banyak merk minyak telon yang beredar di pasaran, tapi tentu saja Bunda dan Ayah tidak boleh asal memilihnya. Selalu pilih minyak telon dengan kandungan terbaik untuk diberikan kepada Si Kecil. Sleek Baby Telon Oil menjadi pilihan minyak telon yang memiliki tiga kandungan utama yakni minyak kelapa 60%, minyak kayu putih 20%, dan minyak anisi 20%. Sleek Baby Telon Oil memiliki beberapa keunggulan seperti kandungan minyak anisi yang 2x lebih banyak sehingga mampu meredakan perut kembung dan mencegah masuk angin, tidak lengket di kulit bayi saat dioleskan, hingga memiliki aroma wangi yang lembut dan segar sehingga Si Kecil dapat merasa lebih rileks.


Tak hanya itu saja, kemasan Sleek Baby Telon Oil ini juga sangat praktis, tidak mudah tumpah, dan mudah digunakan karena tutupnya menyatu dengan botol. Jadi kalau botolnya dimainkan Si Kecil, Bunda dan Ayah tak perlu khawatir isinya bocor dan tumpah karena sudah ada sistem locknya. Sleek Baby Telon Oil bisa dengan dijumpai di minimarket, supermarket, apotek, toko peralatan bayi, hingga market place seperti Lazada dan Shopee. Tak hanya  Sleek Baby Telon Oil saja, Sleek Baby juga punya beberapa produk terbaik untuk bayi seperti  Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser, Sleek Baby Liquid Soap, dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai produk-produk dari Sleek Baby, cek langsung di sini!

Leave a comment