1000 Hari Perlindungan
Image

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Amis Pada Botol Bayi

Kebersamaan Ayah dan si Kecil sangat penting bagi pertumbuhannya. Selain karena dapat meningkatkan kecerdasan di bidang akademik, karakter yang akan terbentuk nantinya akan menjadi baik dan positif juga bila si Kecil dekat dengan Ayah. Apalagi dengan adanya tag #dirumahaja karena pandemi Covid-19 yang memberikan kesempatan bagi para Ayah untuk membangun kedekatan dengan si Kecil lebih banyak.


Hal yang dilakukan untuk bonding time bersama si Kecil tentu banyak. Salah satunya adalah memberikan susu pada si Kecil. Tapi pernah tidak, sih, Ayah mendapati botol untuk minum si Kecil berbau amis atau tak sedap? Pastinya sangat mengganggu, bukan?


Adanya bau amis atau bau tidak sedap pada botol bayi bisa karena banyaknya botol yang dipakai untuk si Kecil minum susu, sehingga menimbulkan kemalasan untuk mencucinya. Kasus lain juga bisa karena botol susu belum sepenuhnya bersih dan masih meninggalkan sisa lemak susu di dalamnya. Pasti Ayah atau Bunda pernah lupa mengeluarkan botol susu dari tas sehabis bepergian dan baru dicuci beberapa hari setelahnya, akibatnya bau dari susu masih tertinggal di dalamnya. Bisa juga karena cairan pembersih botol tidak memiliki formula stain removal yang dapat menghilangkan bau amis.


Sebenarnya banyak sekali langkah-langkah untuk mencegah hal ini agar terjadi yang para Ayah juga harus tahu, seperti:

1. Jangan malas mencuci botol dan peralatan makan

Jangan biarkan botol dan peralatan makan si Kecil menumpuk dalam jangka waktu yang lama. Lebih baik setelah Ayah selesai memberi susu atau makanan pada si Kecil agar langsung mencuci bersih botol dan peralatannya. Hal ini untuk mencegah penumpukan sisa susu dan lemak pada botol dan peralatan makan si Kecil.


2. Jangan lupa sikat sampai ke dasar botol

Mencuci menggunakan spons sebenarnya kurang cukup untuk memastikan apakah botol sudah bersih atau belum. Bisa saja lemak sisa susu mengumpat di dasar botol yang sulit diraih bila mencuci hanya menggunakan spons biasa. Sikatlah botol hingga bersih dan pastikan seluruh sisi dan lengkungan botol tidak tersisa lemak susu lagi. 


3. Jangan lupa cek dot dan tutup botol

Bisa saja penyebab botol si Kecil berbau adalah karena dot-nya tidak tercuci dengan bersih. Untuk mencuci dot dan tutup botol juga tidak bisa sembarangan ya, Ayah. Karena dot akan berkontak dengan mulut si Kecil, jika tidak bersih maka akan berbahaya bagi kesehatannya. Maka dari itu, sebelum mencuci botol dan peralatan, pisahkan komponen botol dahulu agar Ayah atau Bunda dapat memastikan betul bahwa dot dan tutup botol si Kecil sudah benar-benar bersih.


4. Mencuci tidak dengan air mengalir

Penting juga untuk diketahui para Ayah untuk mencuci botol dan peralatan menggunakan air mengalir. Air mengalir akan lebih efektif menghilangkan kuman dan bakteri dan tidak meninggalkan sisa air kotor.


5. Mungkin masalahnya ada pada botol

Ayah atau Bunda bisa cek juga apabila botol masih berbau padahal sudah dicuci dengan benar dan dengan teknik yang beragam. Bisa saja masalahnya ada pada botol yang dipakai. Mungkin karena sudah terlalu lama dipakai sehingga sudah waktunya diganti, atau bisa juga karena plastiknya sudah rusak. Jika hal ini terjadi, Ayah dan Bunda sudah waktunya mengganti botol baru. Bisa juga, lho, menukar bahan plastik menjadi bahan kaca untuk botol si Kecil. Tentunya akan lebih higienis dan bau tak sedap akan lebih mudah hilang.


Itulah beberapa langkah preventif agar botol bayi tidak cepat berbau. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau amis botol bayi jika tidak berpengaruh menggunakan sabun pembersih? Simak cara-cara berikut ini.


1. Menggunakan Baking Soda/Soda Kue

Baking soda memang terkenal dapat dengan cepat menetralisir bau tak sedap dari sisa susu dan juga hal berbau lainnya. Jika botol si Kecil memiliki bau amis dari lemak susu, Ayah dapat melakukan cara ini.


Pertama cuci dahulu dengan bersih botol dan juga komponennya dengan bersih. Setelah itu, masukkan satu sampai dua sendok teh baking soda ke dalam botol. Isi botol dengan air panas kemudian tutup botolnya. Setelah itu, kocok botol tersebut selama 1 menit dan tunggu selama 10 menit, kemudian bilas.


Jika bau tak sedap tidak tercium kembali, berarti Ayah berhasil mencuci bersih botol si Kecil. Jika bau belum hilang juga, Ayah bisa merendam botol dalam air yang sudah ditaruh baking soda dan tunggu semalaman.


2. Rendam dengan Air Cuka

Cara menghilangkan bau amis botol bayi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan merendam botol beserta komponennya ke dalam air cuka. Cuka adalah bahan penghilang bau alami dari lemak sisa ASI atau susu formula.


Langkah pertama tentunya melepas semua komponen botol dan mencuci bersih botol tersebut. Setelah itu siapkan wadah dan isi cuka dan air panas dengan perbandingan 1:3, cuka 1 dan air 3. Masukkan botol beserta komponennya ke dalam wadah tersebut dan pastikan semua sudah terendam. Biarkan selama enam jam atau lebih baik ditunggu semalaman. Setelah itu, Ayah bisa mengeluarkan botol dari wadah dan cuci bersih menggunakan sabun khusus pembersih botol bayi.


Jika botol sedikit berbau cuka, jangan panik. Biarkan saja beberapa menit karena baunya akan menguap. Setelah itu, botol bisa digunakan kembali.


3. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Sabun pembersih yang beredar di pasaran kadang belum memiliki formula stain removal yang dapat dengan mudah menghilangkan bau amis dari sisa lemak makanan. Untungnya, Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser hadir memberikan solusi bagi Ayah atau Bunda dalam menghilangkan bau tak sedap dari botol. Selain memiliki formula stain removal dan no fragrance, produk ini juga memiliki kandungan antibakteri yang alami dan pastinya ampuh menghilangkan bakteri dan kuman.


Tentunya formulanya sudah 100% FOOD GRADE sehingga dapat menghilangkan kekhawatiran para Ayah dan Bunda jika ada sisa sabun yang tidak sengaja tertelan. Standar Food Grade dapat memastikan bahwa produk aman dari bahan-bahan kimia jahat yang dapat mengancam kesehatan si Kecil.


4. Sterilisasi

Sterilisasi secara manual maupun menggunakan mesin merupakan hal yang penting juga dilakukan para Ayah atau Bunda dalam menghilangkan bau amis pada botol bayi. Jika tidak memiliki mesin pensteril, Ayah bisa merebus botol dan peralatan makan lainnya. Tidak perlu lama, dan pastikan setiap peralatan aman terkena panas didihan air. Lakukan setelah mencuci bersih botol dan komponennya, kemudian masukkan ke dalam panci berisi air yang dapat memuat botol-botol si Kecil. Setelah itu rebus selama kurang lebih 5 menit. Sehabis diangkat, Ayah bisa mencuci botolnya kembali.


Itulah beberapa cara menghilangkan bau amis botol bayi yang dapat dilakukan para Ayah. Dengan ini, Ayah akan lebih paham bagaimana caranya merawat botol bayi. Semoga bermanfaat! Silakan cek produk Sleek Baby di sini!

Leave a comment