1000 Hari Perlindungan
Image

Bunda, Sudah Hati-hatikah Dalam Mencari Cairan Pembersih Botol Bayi?

Masa-masa #dirumahaja pastinya Bunda habiskan dengan bermain bersama si Kecil. Apalagi dengan kehadiran Ayah di rumah, pastinya kesempatan ini tidak akan disia-siakan. Beragam aktivitas dapat dilakukan, mulai dari bermain bersama mereka, membacakan buku, dan masih banyak lagi. Namun, adanya virus Covid-19 ini, Bunda harus lebih waspada dalam menjaga kebersihan.


Pasalnya, kita tahu bahwa permukaan yang kita sentuh tidak pasti bersih dan virus dapat menyebar bahkan ke peralatan makan dan mainan si Kecil. Maka dari itu, kita disarankan untuk selalu mencuci tangan dan memakai masker agar tidak terjangkit virus. Selain virus, sebenarnya banyak sekali kuman dan bakteri lain yang mungkin menempel pada mainan, botol, dan alat makan si Kecil. Kuman yang tak kasat mata dan dapat berakibat buruk, apalagi sistem kekebalan si Kecil masih sedikit sehingga lebih sensitif untuk terkena penyakit. Itulah mengapa Bunda dan Ayah perlu rajin membersihkan peralatan main, makan dan minum si Kecil.


Sekarang ini banyak sekali cairan pembersih botol dan peralatan bayi yang beredar di pasaran. Namun, keamanannya masih belum terjamin. Salah satu cara mendeteksi apabila cairan pembersih yang dipilih belum tentu aman adalah tidak adanya label ‘FOOD GRADE’ pada kemasannya. Bunda harus lebih hati-hati jika mendapati cairan pembersih yang tidak memiliki label tersebut.


Lalu bagaimana, sih, caranya memastikan jika produk cairan pembersih sudah aman digunakan untuk peralatan si Kecil?


Cek Label FOOD GRADE

Seperti yang sudah disinggung di atas, cara cek kemasan pembersih botol bayi yang benar dan cepat adalah dengan pilih yang 100% FOOD GRADE. Mengapa harus ada label food grade?


Hal ini karena mainan dan peralatan makan dan minum si Kecil seperti empeng, dot, atau teether pastinya sering dimasukkan ke dalam mulut. Dengan adanya cairan pembersih yang terdapat label food grade, peralatan akan lebih aman untuk si Kecil masukkan ke dalam mulut mereka. Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser adalah produk pembersih yang 100% FOOD GRADE dan tidak meninggalkan residu sama sekali sehingga aman bagi si Kecil. 


Terdapat Label ‘Paraben Free’

Salah satu kecemasan para Bunda adalah terdapatnya paraben pada produk pembersih si Kecil. Bunda perlu tahu bahwa paraben adalah bahan kimia yang biasa digunakan sebagai pengawet sabun, shampo, dan lotion. Bahan kimia ini berbahaya bagi si Kecil karena dapat memicu banyak penyakit seperti kanker dan asma, lho, Bunda. Maka dari itu, Bunda lebih baik memilih produk yang terbebas dari kandungan paraben.


Perhatikan pada kemasan pembersih yang Bunda pilih, apakah terdapat label bebas paraben atau ‘paraben free’ atau tidak. Jika tidak ada, sebaiknya Bunda mencari lagi cairan pembersih yang sudah terjamin keamanannya.


Cek Label Uji Dermatologi

Cara cek kemasan pembersih botol bayi yang benar adalah dengan memperhatikan apakah cairan pembersih yang Bunda pilih sudah diuji oleh pakar kulit atau belum. Dengan adanya label ‘dermatologically tested’ atau sudah diuji secara dermatologis, Bunda tidak perlu khawatir lagi soal terjadinya reaksi kulit pada si Kecil.


Nah, Bunda dan Ayah tidak perlu khawatir lagi saat mencari cairan pembersih peralatan si Kecil. Mengapa? Karena Bunda dan Ayah bisa menemukan label food grade, paraben free, dan dermatologically tested di kemasan Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser. Selain terdapat label-label di atas, cairan pembersih ini juga dilengkapi dengan formulasi-formulasi yang tidak kalah aman untuk si Kecil. Formulasi seperti stain removal yang dapat dengan ampuh menghilangkan bau amis pada peralatan si Kecil.


Selain itu, formulasi antibacterial yang alami dapat dengan efektif membunuh bakteri. Kemudian adanya formula hypoallergenic yang memperkuat tes dermatologis, karena dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit. Tekstur yang lembut di tangan juga menjadi nilai plus Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser ini.


Cairan pembersih yang aman bagi si Kecil memang harus dipilih bagi para Bunda. Namun, cairan pembersih saja masih kurang cukup. Diperlukan ketelatenan dalam mencuci peralatan main, makan dan minum si Kecil agar jauh lebih bersih dan higienis. Banyak sekali Bunda dan Ayah yang lupa membersihkan peralatan secara menyeluruh sehingga kuman dan bakteri masih menempel pada permukaannya.


Lantas langkah apa yang harus dilakukan oleh para Bunda agar peralatan bersih menyeluruh?


1. Melepas dan memisahkan seluruh komponen dalam peralatan bayi

Terkadang Bunda sering lupa untuk melepas komponen botol atau peralatan makan dan mainan sehingga proses pencucian tidak menyeluruh. Sehingga kuman-kuman dan bakteri masih menempel di sela-sela terkecil. Pastikan Bunda selalu ingat untuk melakukan ini, ya!


Memisahkan komponen peralatan bayi dalam wadah terpisah tentu saja penting dilakukan. Hal ini karena untuk memudahkan Bunda mencuci dan memastikan cuciannya bersih dengan sempurna. Jangan lupa untuk tidak menaruh peralatan si Kecil di dalam wastafel ya, Bunda!


2. Menyikat peralatan bayi

Cara ini harus Bunda catat. Menyikat botol bayi dapat mencegah terdapatnya sisa-sisa makanan yang dapat menyebabkan kuman dan bakteri berkembang di dalamnya. Sikatlah peralatan, terutama botol susu, sampai ke dasar dan ke sela-sela bibir botol. Menyikat botol dapat memastikan tidak adanya lemak sisa susu yang mengumpat pada botol si Kecil.


Selain botol, jangan lupa untuk menyikat tutup botol atau empeng, ya, Bunda!


3. Mencuci dengan cairan pembersih yang aman

Selanjutnya, cucilah peralatan menggunakan cairan pembersih yang sudah pasti aman digunakan. Beruntungnya, sekarang sudah ada Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser yang Bunda bisa pilih untuk mencuci karena terdapat label FOOD GRADE, bebas paraben, dan sudah diuji dermatologis.


Cuci peralatan menggunakan air mengalir, karena dapat menyapu bersih kuman sehingga tidak tertinggal dalam peralatan si Kecil. Gunakan spons lembut agar tidak meleceti botol.


4. Lakukan sterilisasi

Setelah proses mencuci dilakukan, saatnya mensterilkan peralatan si Kecil. Proses ini dapat memastikan peralatan bebas dari kuman dan bakteri, dan juga menyiapkan peralatan untuk digunakan selanjutnya. Bunda bisa menggunakan mesin sterilisasi atau jika tidak ada, Bunda bisa membilas dengan menggunakan air panas. Air panas dapat membunuh kuman dan bakteri, dan cara ini adalah cara yang mudah dan juga murah untuk dilakukan oleh para Bunda.


5. Lakukan sesering mungkin

Kunci utama adalah disiplin dan rajin membersihkan, lho, Bunda. Jika Bunda menunda-nunda mencuci peralatan, bayangkan betapa banyak kuman dan bakteri yang akan berkembangbiak dan membahayakan si Kecil. Mengerikan bukan? Oleh karena itu, rajin mencuci dan mensterilkan peralatan menjadi sangat penting.


Memastikan produk yang digunakan aman memang harus dilakukan para Bunda dan Ayah. Tidak hanya itu, mencuci dan konsisten akan membersihkan peralatan adalah nilai penting dalam merawat peralatan si Kecil. Dengan begitu si Kecil akan jauh dari beragam penyakit. Apalagi dengan hadirnya Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser, Bunda dan Ayah tidak perlu lagi khawatir. Selengkapnya mengenai produk Sleek Baby, bisa dicek di sini!

Leave a comment