1000 Hari Perlindungan

Image

Bunda Harus Tahu Hal ini, Untuk Hadapi Musim Kemarau

Sebagai orang yang tinggal di garis khatulistiwa, sudah pasti kita banyak dibanjiri sinar matahari. Musim kemarau berlangsung sangat panas, bahkan kerap membuat Si Kecil rewel. Terkadang hal ini membuat Bunda bingung dan tidak tahu bagaimana cara menangani Si Kecil. Terlebih jika Bunda yang baru pertama kali memiliki Si Kecil.

 

Di bawah ini, terdapat lima masalah yang biasa melanda Si Kecil saat musim kemarau. Simak yuk, Bunda.

 

Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan cairan. Cairan tubuh berkurang dua-tiga liter sehari karena buang air kecil dan besar, serta berkeringat. Seseorang dikatakan dehidrasi jika urin berwarna kuning pekat, merasa sangat haus, dan pusing. Namun, jika Si Kecil keasyikan bermain dan merasa tidak haus, Bunda perlu bertanya atau mengecek kondisi mereka.

 

Apa yang harus dilakukan?

Di sela-sela Si Kecil bermain, berikan air mineral atau jus buah segar untuk menghindari dehidrasi. Tak ada salahnya jika sebelum bermain, ajak Si Kecil membuat jus buah kesukaannya, lalu masukkan jus ke dalam kulkas.

 

Serangan serangga

Bermain di luar rumah tak lepas dari sasaran serangga. Satu gigitan serangga saja dapat membuat Si Kecil rewel dan lecet karena menggaruk terlalu kencang. Selain itu, gigitan serangga juga bisa bersifat menginfeksi atau membuat alergi.

 

Apa yang harus dilakukan?

Berikan Si Kecil baju berwarna cerah, agak tidak menarik perhatian serangga. Aplikasikan insect repellants di tangan, kaki, dan lehernya.

 

Biang keringat

Cuaca kering dan lembap dapat menyebabkan kulit iritasi, tak terkecuali biang keringat. Kondisi ini ditandai kulit ruam kemerahan, teriritasi, dan kasar. Biang keringat bisa menimpa siapa saja, tetapi yang paling sering terjadi pada anak-anak.

 

Apa yang harus dilakukan?

Aplikasikan cold compress pada biang keringat. Bunda juga bisa meminta resep dari dokter untuk membantu mengatasi gangguan biang keringat.

 

Radang tenggorokan

Masalah yang sering dijumpai pada Si Kecil selama musim kemarau adalah radang tenggorokan. Penyakit tersebut mudah ditularkan melalui sekresi saluran pernapasan. Si Kecil yang mengalami radang tenggorokan pasti mengeluh susah menelan, malas makan, dan tantrum.

 

Apa yang harus dilakukan?

Kunci untuk mencegahnya adalah dengan memberikan teh bunga krisan hangat yang efektif mengatasi sakit tenggorokan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selanjutnya, ajak Si Kecil makan sup ayam hangat untuk menghangatkan tenggorokan dan melemahkan virus.

 

Sunburn

Jangan melarang Si Kecil bermain di luar rumah, Bunda. Karena hal tersebut bagus untuk perkembangan komunikasi dan sosialisasinya. Tetapi bagaimana jika Si Kecil “lupa diri” dan kulitnya terbakar sinar matahari (sunburn)? Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab kanker kulit.

 

Apa yang harus dilakukan?

Menurut dr. Kristine Legaspi, dermatolog RS University of Santo Thomas, Manila, matahari bersinar paling terik mulai pukul 10.00—15.00. Jika terpapar terus menerus pada waktu tersebut dan tanpa perlindungan amak akan mengakibatkan kulit rusak. Jika Si Kecil tetap ingin bermain di luar rumah saat itu juga, olesi kulitnya dengan sunscreen (sesuaikan SPF-nya) atau Bunda dapat membujuknya untuk bermain setelah jam 3 sore.

Leave a comment