1000 Hari Perlindungan

Image

Buah yang Direkomendasikan untuk MPASI Si Kecil

Bunda, untuk Si Kecil yang menginjak usia 6 bulan, saatnya untuk mencari Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang tepat. Buah sangat disarankan untuk diberikan sebagai menu MPASI Si Kecil diawal tahap belajar makannya. Buah apa saja yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil dalam tahap MPASI? Ini contekannya.

1. Pisang

Pisang memang paling mudah untuk diberikan kepada Si Kecil dalam tahap pengenalan MPASI. Pisang mengandung fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang baik untuk kesehatan Si Kecil. Selain pisang bergizi tinggi, Bunda juga nggak perlu repot untuk menyiapkannya. Tinggal keruk daging buah pisang hingga lembut menjadi pure.

2. Apel

Kandungan gizi di dalam buah apel yaitu kalium, fostor, kalsium, megnesium, vitamin A, vitamin C yang baik untuk kesehatan Si Kecil. Bunda, cara saran penyajian juga mudah,kupas kulit apel lalu potong kecil-kecil sesudah itu masukan ke dalam wadah. Tambahkan air secukupnya lalu sesudah apel lunak Bunda bisa langsung masukan ke dalam blender, hancurkan hingga lembut. Kemudian sajikan untuk Si Kecil sebagai menu MPASI favoritnya.

3. Jeruk

Kandungan gizi jeruk sangat bagus yaitu untuk kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan Si Kecil. Dalam penyajiannya Bunda dapat mengupasnya kemudian peras sarinya untuk diberikan pada Si Kecil. Pilihlah jeruk yang memiliki rasa manis sehingga Bunda tidak perlu mencemaskan efek asam pada kesehatan Si Kecil. Saran untuk Bunda, jangan memberikan secara langsung karena teksturnya masih sulit dicerna oleh Si Kecil.

4. Tomat

Kandungan yang dimiliki tomat seperti kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan juga vitamin A. Bunda, dapat memperkenalkan buah tomat dengan campuran bubur sehingga memiliki rasa yang berbeda. Jadikan tomat sebagai pelengkap atau saus yang disajikan bersama bubur atau pure.

5. Pir

Kandungan gizi di dalam buah pir yaitu fosfor, kalium, kalsium dan juga vitamin C. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan Si Kecil. Saran penyajian dengan cara potong kecil-kecil buah pir kemudian kukus sampai lunak. Nah, Bunda bisa mulai membuat pure dari buah untuk Si Kecil dalam membantu proses belajar mengenal makanan padatnya.

Leave a comment