1000 Hari Perlindungan
Image

Berbagai Permainan Menyenangkan Dan Sederhana Untuk Si Kecil Yang Mulai Merangkak

Apakah Bunda memiliki bayi yang sedang aktif merangkak? Bayi yang sudah mulai merangkak tentunya akan semakin aktif dan lincah tak bisa diam. Ia sedang asiknya memiliki skill baru, senang bereksplorasi ke tempat baru. Dengan melihat pencapaian baru dalam tumbuh kembangnya tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi Bunda dan Ayah. Dengan kemampuannya ini menjadikan si kecil menambah keceriaan di tengah keluarga. Ketika sudah bisa merangkak tentunya si kecil akan lebih aktif dan responsif dengan Bunda dan keluarga lainnya. Dengan adanya tahapan baru tumbuh kembangnya ini akan membuat Bunda lebih lelah lagi mengawasi si kecil. Tetapi tenang saja Bunda dapat membuat berbagai permainan seru ketika si kecil sudah mulai merangkak agar membuat hari-harinya semakin seru dan menyenangkan. Dengan permainan permainan seru juga dapat melatih tumbuh kembang si kecil. Ada berbagai permainan sederhana yang dapat Bunda lakukan bersama si kecil yang telah mulai merangkak, yuk simak beberapa permainannya berikut ini:


1. Terowongan Kardus

Permainan seru ini dapat Bunda lakukan bersama si kecil dengan merangkak dan kejar-kejaran lalu masuk ke dalam terowongan. Cara membuat terowongan kardusnya cukup mudah. Bunda hanya perlu menyiapkan kardus bekas, kemudian buka sisi atas dan bawahnya dan letakan di lantai seperti seolah-olah menjadi terowongan. Pastikan kardus yang Bunda gunakan berukuran lebih besar dari badan anak. Jika Bunda ingin ikut merangkak dan kejar-kejaran bersama si kecil maka Bunda memerlukan kardus yang berukuran lebih besar dan sesuai dengan ukuran badan Bunda. 


Agar lebih aman, mintalah anggota keluarga lain untuk memegangi kardus saat dilewati si kecil. Bunda dapat menunggu di sisi terowongan lainnya sambil memanggil-manggil atau bersorak menyemangati agar si kecil semangat masuk ke terowongan dan menyeberanginya.


2. Panjat Bantal

Ketika si kecil sudah mulai merangkak maka Bunda perlu untuk menstimulasi kaki si kecil agar semakin kuat dan siap untuk ke tahap selanjutnya yaitu berjalan. Bermain panjat bantal dapat melatih otot kaki si kecil agar semakin kuat. Bunda hanya perlu membuat tumpukan bantal di atas tempat tidur. Ajak si kecil untuk memanjat melewati tumpukan bantal tersebut, ia akan berusaha untuk melewatinya menggunakan kekuatan otot-otot kaki dan tangannya. Agar si kecil semangat untuk memanjat melewati tumpukan bantal maka Bunda dapat meletakan mainan kesukaannya di balik tumpukan bantal. Atau Bunda juga bisa mengumpat di balik tumpukan bantal agar si kecil semangat memanjat tumpukan bantal. Ketika Bunda ikut bermain bersama si kecil tentunya ini akan sangat baik untuk perkembangan psikologisnya. Selalu awasi si kecil ketika bermain memanjat bantal ini, karena  khawatir si kecil bisa tertutup bantal dan tak bisa bernapas. Jangan biarkan si kecil bermain permainan memanjat bantal ini sendirian.


3. Mengejar Benda

Agar si kecil semakin terlatih kemampuan merangkaknya maka buatlah si kecil aktif bergerak dan beri ia semangat untuk merangkak. Bunda dapat memancing si kecil untuk merangkak dengan memberikan mainan kesukaan. Gelindingkan atau lempar mainan kesukaan si kecil menjauh darinya, biarkan ia mengejar mainan kesukaannya. Beri ia semangat agar mau mengejar mainan kesukaannya. Bunda dapat juga menggelindingka mainan berbentuk bola agar semakin seru. Berikan mainan yang memiliki warna warni agar menarik minat si kecil.


Sebaiknya jangan berikan mainan yang berukuran kecil, berikanlah mainan yang berukuran lebih besar dari mulutnya untuk menghindari resiko si kecil tersedak mainan. Mengingat biasanya ketika si kecil telah memasuki fase merangkak biasanya diiringi juga dengan fase oral, si kecil akan sering memasukan benda-benda ke dalam mulutnya. Untuk itu pergunakanlah mainan yang lebih besar agar menghindari resiko tersedak.


4. Bermain Kejar-Kejaran

Permainan yang satu ini sangat mudah tanpa membutuhkan peralatan tambahan. Bunda hanya perlu ikut merangkak dan kejar-kejaran bersama si kecil. Bunda dapat ikut merangkak sambil bercanda dengan si kecil agar ia mengikuti Bunda. Lakukan gerakan yang menarik perhatiannya hingga si kecil mau mengejar Bunda. Ketika ia mulai sampai ke tempat Bunda, kemudian Bunda dapat terus bergeser hingga si kecil terus mengejar Bunda. Sesekali peluk dan ciumlah si kecil sebagai hadiah atas keberhasilannya. Permainan ini juga tak hanya dapat dilakukan oleh Bunda saja, anggota keluarga lain seperti Ayah atau Kakek Nenek juga bisa melakukannya.


Dengan bermain merangkak dan kejar-kejaran bersama kemudian beri ia pelukan dan ciuman ketika berhasil mengejar akan baik untuk perkembangan motoriknya dan juga membuat hubungan Bunda dan si kecil semakin dekat. Permainan ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan bonding Bunda dan si kecil.


5. Merangkak di Matras

Gunakanlah matras bayi yang memiliki gambar-gambar lucu untuk kegiatan merangkak si kecil. Dengan berbagai gambar lucu ia akan penasaran untuk bereksplorasi. Bunda juga bisa memberikannya matras yang dapat mengeluarkan suara suara ketika di tekan, ini akan membuatnya semakin senang bereksplorasi sambil belajar untuk menekan dan mengenal berbagai macam suara. Atau Bunda bisa juga membuat sensory mat, yaitu matras dengan berbagai macam tekstur permukaan.  Gunakan permukaan yang bertekstur kasar tapi tetap aman untuk anak, misalnya gunakan karpet bulu, plastik bubble wrap, kain dengan tekstur yang berbeda-beda. Dengan begini si kecil akan melatih kemampuan sensoriknya sambil merangkak, kaki dan tangannya dapat merasakan permukaan yang berbeda.


Seru ya Bun permaian untuk si kecil yang sudah mulai merangkak. Bunda tak perlu memberikan permainan yang mahal, buatlah permainan sederhana dengan peralatan yang ada di sekitar rumah. Ingat ya Bunda selalu awasi si kecil dengan baik ketika sudah mulai merangkak. Ketika sudah memasuki masa merangkak pastinya si kecil menjadi lebih aktif dan banyak mengeluarkan energy, ia jadi mudah lapar dan haus. Jangan lupa berikan snack atau minuman ketika selesai bermain. Gunakan botol atau tempat minum yang bersih dan higienis ya Bun. Selalu cuci botol dengan menggunakan sabun khusus untuk mencuci botol yang memiliki kandungan yang aman untuk si kecil seperti Sleek Pembersih Botol.


Sleek Pembersih Botol merupakan sabun khusus untuk mencuci botol susu si kecil atau peralatan makannya yang dibuat dari bahan yang aman serta memiliki 8 perlindungan ekstra untuk si kecil. Perlindungan ekstra yang diberikan akan membuat si kecil selalu aman dan bebas dari bahaya, 8 perlindungan yang diberikan adalah :



  • 100% Food Grade, Formula food grade yang artinya Sleek Pembersih Botol sangat aman digunakan karena dibuat dari bahan yang tidak membahayakan kesehatan 
  • Natural Anti Bacterial, Memiliki bahan alami yang dapat membersihkan kotoran dan kuman dengan maksimal 
  • Stain Removal, Dapat membersihkan noda yang menempel, termasuk sisa lemak dan bau yang tidak sedap dari semua peralatan makan dan minum anak 
  • Hypoallergenic, Formula hypoallergenic ini dapat meminimalisir iritasi, gatal, dan kasar pada kulit anak mengingat kondisi kulit anak yang masih cukup sensitive.
  • Dermatologically Tested, Telah teruji secara klinis sehingga kita tak perlu khawatir saat menggunakannya 
  • Microbiological Tested, Produk telah teruji efektif membunuh mikroorganisme yang berbahaya 
  • High Quality Concentrate, Hanya dengan menggunakan sedikit saja sudah bisa membersihkan seluruh peralatan makan anak dengan sempurna 
  • Paraben Free, Tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya, sehingga sangat aman untuk membuat peralatan makan anak bersih dan bebas bakteri


Biasanya ketika sudah fase merangkak si kecil juga telah dapat memegang botol susu dan alat makannya sendiri, tak jarang setelah minum atau makan ia akan sembarangan menggeletakkan. Untuk itu selalu cuci kembali peralatan makan dan minum si kecil ya Bunda. Selamat bermain bersama si kecil Bun.


Leave a comment