1000 Hari Perlindungan
Image

Berbagai Penyebab Kedinginan pada Anak dan Cara Mengatasinya

Tubuh anak lebih rentan mengalami kedinginan karena mekanisme pertahanan terhadap perubahan suhu lingkungan belum sempurna, terutama pada bayi yang baru lahir. Hal inilah yang membuat anak gampang merasa kedinginan bahkan disertai gejala lain seperti menggigil. Kalau si Kecil mulai menggigil karena kedinginan, pasti Bunda jadi merasa cemas, ya. Beberapa gejala kedinginan pada bayi baru lahir, yaitu:

  • Tangan, kaki, dan bagian belakang leher terasa dingin.
  • Kulit tampak lebih pucat dari biasanya.
  • Rewel tanpa alasan hingga susah tidur.
  • Bersin-bersin meskipun tidak sedang tubuh. Bersin adalah respon alami kelenjar hipotalamus untuk mengontrol suhu tubuh.
  • Si Kecil jadi lebih pendiam dan tidak aktif bergerak.

Sebaiknya Bunda mengenal berbagai penyebab kedinginan pada bayi baru lahir agar bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Lindungi si Kecil ketika kedinginan setelah menyimak ulasan lengkap berikut ini!

Mengenal Berbagai Penyebab Bayi Baru Lahir Kedinginan

Beberapa hal yang rentan menyebabkan bayi baru lahir mengalami kedinginan, yaitu:

Mandi dengan Air Dingin

Rutinitas mandi dengan air dingin memang bisa membuat bayi baru lahir jadi kedinginan. Apalagi bila Bunda memandikannya di pagi hari atau malam hari ketika udara sekitar sudah dingin. Lindungi si Kecil ketika kedinginan dengan memandikannya menggunakan air hangat. Siapkan air dengan suhu yang pas supaya si Kecil tak mudah kedinginan saat mandi ya, Bun. Seiring dengan bertambahnya usia si Kecil, Bunda bisa mulai memandikannya dengan air dingin pada waktu yang tepat, yaitu sekitar jam 9 pagi dan jam 4 sore.

Suhu Pendingin Ruangan Terlalu Rendah

Bayi baru lahir tidak selalu tidur nyenyak saat pendingin ruangan (Air Conditioner atau AC) bersuhu rendah. Justru suhu ruangan yang terlalu rendah bisa membuat si Kecil jadi kedinginan dan mengalami gangguan hidung tersumbat karena udaranya terlalu kering. Bunda harus menyiasati ini dengan mengatur ulang suhu ruangan dengan tepat. Suhu terbaik untuk mendukung kenyamanan bayi baru lahir berkisar di angka 220 C. Bunda juga wajib memakaikan selimut untuk si Kecil agar tidurnya semakin nyenyak.

Berada di Daerah Dataran Tinggi

Daerah dataran tinggi memiliki rata-rata suhu lebih rendah daripada dataran rendah. Hal tersebut tentu membuat si Kecil jadi lebih gampang kedinginan saat Bunda mengajaknya berlibur ke daerah dataran tinggi. Jadi, sebaiknya Bunda menunda rencana berlibur ke tempat dingin bila ingin mengajak si Kecil. Aktivitas liburan ke tempat dingin bisa dilakukan saat si Kecil sudah mulai bertumbuh dan tubuhnya dapat beradaptasi dengan hawa dingin.

Musim Pancaroba

Penyebab kedinginan pada bayi baru lahir yang sering tidak disadari adalah musim pancaroba. Perubahan musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya memang kerap disertai perubahan cuaca ekstrem dan suhu yang naik turun drastis. Tak mengherankan deh kalau buah hati Bunda jadi mudah kedinginan di musim pancaroba. Bunda harus ekstra cermat menjaga kesehatan si Kecil supaya tidak mudah kedinginan dan sakit pada musim tersebut.

Malnutrisi

Kondisi malnutrisi (kekurangan gizi) rupanya juga membuat bayi mudah kedinginan. Hal ini bisa terjadi karena tubuh bayi kekurangan lapisan lemak yang penting untuk mempertahankan suhu tubuh. Akibatnya, bayi yang berat badannya di bawah normal jadi lebih mudah kedinginan dibandingkan bayi dengan berat badan normal. Penyebab kedinginan ini bisa diatasi dengan meningkatkan asupan gizi bagi bayi supaya berat badannya naik dan tubuhnya punya lapisan lemak yang cukup.

Bagaimana Cara Mengatasi Kedinginan pada Bayi Baru Lahir?

Bunda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk melindungi si Kecil ketika kedinginan:

Memandikan Buah Hati dengan Air Hangat

Salah satu cara paling mudah untuk melindungi bayi dari risiko kedinginan adalah mandi air hangat. Gunakan air yang suhunya suam-suam kuku agar si Kecil merasa nyaman saat mandi. Bayi yang merasa nyaman dengan suhu air biasanya tidak rewel ketika dimandikan. Usai mandi, Bunda harus segera menutup tubuh si Kecil dengan handuk dan mengeringkannya secara cepat supaya udara sekitar tidak membuatnya jadi kedinginan. 

Mengajak Si Kecil Berjemur di Pagi Hari

Manfaat berjemur di pagi hari memang penting untuk memaksimalkan asupan vitamin D dan menjaga kesehatan kulit bayi. Jadi, Bunda tak perlu ragu mengajak si Kecil berjemur selama 15 menit antara pukul 8 hingga 10 pagi. Selain menjemur bagian depan tubuh bayi, Bunda juga harus menjemur bagian belakang tubuhnya dengan membaringkannya dalam posisi telungkup. Usai berjemur, biarkan si Kecil beristirahat selama kurang lebih 30 menit sebelum dimandikan. Rutinitas berjemur di pagi hari akan membuat daya tahan tubuh si Kecil makin kuat dan tidak mudah kedinginan.

Memilih Pakaian yang Bertekstur Tebal dan Hangat

Risiko kedinginan pada bayi baru lahir juga bisa dicegah dengan memilih pakaian bertekstur tebal dan hangat. Bunda juga bisa memakaikan dua hingga tiga lapis baju untuk menjaga suhu tubuh si Kecil. Selain memperhatikan pemilihan pakaian, jangan lupa pula menyiapkan sarung tangan dan kaus kaki untuk buah hati. Penggunaan sarung tangan dan kaus kaki saat cuaca dingin atau hujan deras akan membuat si Kecil merasa hangat sepanjang hari.

Menyiapkan Perlengkapan Tidur yang Tepat

Kalau Bunda ingin menjaga kestabilan suhu tubuh si Kecil, jangan lupa menyiapkan perlengkaan tidur yang tepat. Siapkan seprai, sarung bantal, dan selimut bertekstur tebal agar si Kecil tidur dalam kondisi hangat. Usahakan untuk mencuci perlengkapan tidur tersebut minimal satu minggu sekali supaya kondisinya tetap bersih. Jangan sampai perlengkapan tidur yang kotor malah memicu reaksi alergi si buah hati.

Mengoleskan Minyak Telon pada Tubuh Si Kecil

Minyak telon adalah produk perawatan tubuh bayi yang efektif mencegah kedinginan. Untuk urusan memilih minyak telon, kini Bunda tak perlu bingung lagi karena ada Sleek Baby Telon Oil. Produk andalan Sleek Baby ini mengandung minyak kelapa, minyak cajuput, dan minyak anisi. Kandungan minyak telon pada Sleek Baby Telon Oil terbukti 2x lebih banyak sehingga tak hanya menghangatkan tetapi juga melancarkan pernapasan dan mencegah kembung pada bayi.


Oleskan Sleek Baby Telon Oil pada bagian dada, perut, dan punggung si Kecil setelah mandi. Sehingga buah hati Bunda akan merasa nyaman dan hangat usai mandi, bebas kembung, dan siap tidur nyenyak sepanjang malam. Bunda juga bisa memanfaatkan minyak telon untuk mengatasi perut kembung si Kecil dengan cara mengoleskan dan memijatnya secara perlahan-lahan.


Jangan sampai si Kecil sering kedinginan sehingga aktivitasnya jadi terhambat ya, Bun. Lindungi si Kecil ketika kedinginan dengan cara yang tepat serta menggunakan produk perawatan tubuh berkualitas seperti Sleek Baby Telon Oil. Kalau si Kecil tidak kedinginan dan kembali ceria, tumbuh kembangnya akan berlangsung maksimal dan Bunda pun jadi lebih tenang. 

Leave a comment