1000 Hari Perlindungan

Image

Beragam Hal Seputar Sterilisasi Botol Susu Si Kecil yang Perlu Bunda Ketahui

Perlindungan untuk Si Kecil perlu diberikan secara menyeluruh dan total. Karena, tidak seperti orang dewasa, Si Kecil cenderung memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah dan rentan terserang penyakit. Untuk melindunginya, ada berbagai cara yang dapat Bunda lakukan seperti memberikan asupan gizi yang baik sampai menjaga kebersihan botol susu yang digunakan oleh Si Kecil setiap harinya.

Membersihkan botol susu Si Kecil perlu diperhatikan sebaik mungkin. Karena, botol susu yang tidak bersih dapat berpotensi menjadi tempat bakteri yang mengganggu proses tumbuh kembang Si Kecil berkembang biak. Untuk itu, proses sterilisasi botol susu Si Kecil pun seringkali dilakukan agar botol dapat lebih steril dan bebas dari bakteri jahat.


Seberapa penting sterilisasi botol susu Si Kecil dilakukan?

Meskipun sterilisasi seringkali dianggap sebagai solusi untuk membuat botol susu Si Kecil lebih bersih secara menyeluruh, namun apakah sterilisasi benar-benar penting untuk dilakukan? Sterilisasi terasa sangat penting untuk dilakukan karena pada saat Si Kecil masih berusia dibawah 1 tahun, daya tahan tubuhnya cenderung sangat rentan terhadap berbagai bakteri jahat. Maka, melakukan sterilisasi botol susu Si Kecil terasa sangat penting apabila Si Kecil masih berusia dibawah 1 tahun. Tapi, bagaimana cara untuk mensterilkan botol susu Si Kecil? Ada 3 cara yang dapat Bunda lakukan yakni melakukan proses sterilisasi dengan menggunakan air dingin, uap dan air mendidih.


Sterilisasi air dingin

Proses sterilisasi botol susu Si Kecil tergolong sangat praktis untuk dilakukan. Karena, Bunda hanya perlu menggunakan tablet atau larutan sterilisasi untuk membunuh bakteri yang ada di botol susu Si Kecil. Cara ini tergolong sangat cocok untuk dilakukan ketika Bunda tengah bepergian dengan Si Kecil dan perlu melakukan sterilisasi botol ditengah-tengah perjalanan. Akan tetapi, proses sterilisasi dengan air dingin umumnya memakan waktu lama karena membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan mencuci kembali botol susu Si Kecil dengan air mendidih untuk menghilangkan sisa bahan kimia di larutan sterilisasi tersebut.


Sterilisasi uap

Selain menggunakan larutan sterilisasi, cara lainnya yang bisa Bunda lakukan untuk mensterilkan botol susu Si Kecil yakni dengan melakukan uap. Sterilisasi uap tergolong lebih cepat untuk dilakukan karena hanya memakan waktu sekitar 6-8 menit saja dengan menggunakan uap panas. Selain itu, terdapat pula alat sterilisasi uap yang menggunakan listrik sehingga Bunda dapat melakukan proses sterilisasi dengan lebih praktis. Tak hanya itu, Bunda juga tidak perlu mencuci kembali botol susu Si Kecil setelah disterilkan sehingga dapat langsung digunakan secara aman untuk Si Kecil.


Sterilisasi air mendidih

Cara terakhir yang bisa Bunda lakukan untuk mensterilkan botol susu Si Kecil yakni dengan menggunakan air mendidih. Proses ini mengharuskan Bunda untuk merebus botol susu Si Kecil selama 10-15 menit. Namun, pastikan botol susu Si Kecil aman apabila terkena air mendidih atau tidak meleleh agar tidak rusak ketika disterilisasi.

Melakukan sterilisasi untuk botol susu Si Kecil dapat menjadi cara terbaik untuk melindungi Si Kecil dari bakteri jahat. Tapi, Bunda juga perlu memerhatikan proses mencuci botol susu Si kecil. Pastikan Bunda menggunakan sabun botol susu yang cocok untuk digunakan oleh bayi. Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser bisa menjadi pilihan yang tepat karena terbuat dari formula food grade yang aman untuk Si Kecil. Tak hanya itu, terdapat pula kandungan stain removal formula yang bisa menghilangkan sisa lemak susu dan bau yang tak sedap pada botol susu Si Kecil. Sehingga, Bunda dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh melalui proses pembersihan botol susu Si Kecil.


Leave a comment