1000 Hari Perlindungan

Image

Belajar Merawat Gigi Si Kecil dengan Cara Asyik

Bunda, apakah si Kecil sulit diajak gosok gigi sebelum tidur? Tentu sebagai Bunda yang cerdas, Bunda harus punya cara menarik agar Si Kecil mudah diajak merawat kesehatan gigi sejak dini ya.

Nah, salah satu cara merawatnya adalah dengan mengajak anak rutin menggosok gigi sebelum tidur malam dan sesudah makan.

Berikut ini trik khusus yang bisa Bunda praktikkan untuk menyiasati si Kecil untuk mau menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi secara teratur.

1. PilihSikat Gigi yang Menarik Perhatian si Kecil.

Sebelum Bunda ingin melatih si Kecil untuk menggosok gigi sebaiknya cari dulu sikat gigi yang lembut dan menarik perhatian. Pilihlah jenis sikat gigi yang imut dengan warna yang cerah.

Bunda, juga bisa memberikan sikat gigi dengan gambar karakter kartun favorit atau superhero si Kecil. Karena biasanya si Kecil akan lebih mudah tertarik dengan bentuk dan warna yang lucu dan disukainya.

2. Pasta Gigi Rasa Buah Atau Permen.

Trik lainnya yang bisa Bunda lakukan agar Si Kecil mau menyikat gigi adalah dengan memilih pasta gigi dengan rasa buah-buahan atau permen. Karena pasta gigi dengan rasa manis dan tidak pedas ini akan meninggalkan pengalaman yang menyenangkan bagi si Kecil saat menyikat gigi. Tapi ingat ya, Bunda, hindari pasta gigiber-fluoride karena bahaya jika si Kecil menelannya.

3. Lakukan Bersama.

Bunda adalah role model buat si Kecil. Jadi untuk membujuk si Kecil menjaga kesehatan gigi sejak dini, tentu Bunda harus memberikan contoh juga ya. Nah, sebaiknya lakukan kegiatan menggosok gigi bersama-sama.

Saat mandi bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk Bunda mengajak si Kecil menyikat gigi bersama-sama. Si Kecil akan meniru cara menyikat gigi yang benar dari Bunda. Supaya kegiatan menyikat gigi semakin asyik, pakailah cermin supaya Bunda dan si Kecil bisa saling memperlihatkan ekspresi lucu saat menyikat gigi.

4. Siapkan Hadiah untuk Si Kecil.

Bunda boleh saja memakai sistem reward untuk si Kecil yang rajin membersihkan gigi. Caranya mudah saja, cobalah buat tabel harian dengan gambar yang menarik. Lalu, siapkan stiker bintang setiap kali si Kecil mau membersihkan gigi. Nah, setelah si Kecil mencapai bintang dengan jumlah yang Bunda sepakati, hadiah bisa diberikan. Tentang hadiah ini, Bunda bisa memberikan hadiah seperti mengajak anak jalan-jalan atau membelikan makanan favoritnya.

Menciptakan pengalaman pertama yang menyenangkan saat anak sikat gigi memang perlu usaha ya, Bunda. Tapi dengan pengalaman yang asyik saat menggosok gigi tentu akan membuat si Kecil tanpa dipaksa akan rajin membersihkan gigi bukan? Selamat mempraktikkanya, Bunda.

Leave a comment