1000 Hari Perlindungan

Image

Beberapa Keunggulan Popok Kain Untuk Si Kecil

Untuk memudahkan Si Kecil saat buang air, penggunaan popok jadi salah satu hal yang umum dilakukan. Tapi, ada 2 jenis popok yang bisa Bunda pilih untuk membantu Si Kecil, yakni popok sekali pakai dan popok kain.

Penggunaan popok sekali pakai mungkin umum Bunda jumpai. Tapi, penggunaan popok kain bukan berarti tidak memiliki keunggulan sama sekali. Sebab, popok kain memiliki beberapa keunggulan yang baik untuk Si Kecil. Berikut ini beberapa keunggulan dari penggunaan popok kain yang perlu Bunda pertimbangkan.


Ukuran yang fleksibel

Jika Bunda seringkali merasa bingung dengan ukuran popok yang tepat untuk Si Kecil, maka popok kain adalah jawaban yang tepat. Sebab, popok kain memiliki ukuran yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh Si Kecil. Sehingga, Bunda dapat meenggunakan popok kain untuk jangka waktu yang lebih lama karena ukurannya yang dapat disesuaikan dengan pertumbuhan tubuh Si Kecil.


Hemat

Karena ukurannya yang fleksibel dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama, maka secara tidak langsung penggunaan popok kain juga bisa menghemat anggaran. Selain itu, jika dibandingkan dengan popok sekali pakai, popok kain cenderung lebih hemat karena bisa digunakan berulang kali. Bunda hanya perlu mencuci popok kain tersebut setelah digunakan agar bisa dipakai kembali. 


Mengurangi potensi infeksi

Bahan katun yang digunakan pada popok kain tidak hanya membuatnya mudah untuk dicuci. Di sisi lain, bahan katun tersebut juga bisa mengurangi potensi infeksi pada kulit Si Kecil. Sebab, katun lembut yang digunakan di popok kain cenderung lebih ramah untuk kulitnya. Di sisi lain, bahan katun tersebut juga dapat menyerap keringat dengan baik dari tubuh Si Kecil. Sehingga, popok kain bisa menjadi pilihan terbaik apabila Si Kecil memiliki kulit yang sensitif dan mudah terkena infeksi.


Ramah lingkungan

Penggunaan popok kain yang bisa dilakukan berulang kali tidak hanya bisa menghemat anggaran untuk Si Kecil. Di sisi lain, penggunaan popok kain secara berulangkali juga tergolong lebih ramah lingkungan. Karena, Bunda bisa mengurangi sampah popok yang harus dibuang setelah digunakan. Sehingga, jika ingin menggunakan popok yang lebih ramah terhadap lingkungan, maka popok kain bisa menjadi pilihan yang pas untuk Si Kecil.


Bebas ruam

Kemampuan popok kain untuk meminimalisir potensi iritasi juga membuat popok kain lebih bebas terhadap ruam. Biasanya, ruam pada kulit disebabkan karena penggunaan popok yang terlalu lama serta bahan popok yang memicu alergi pada kulit Si Kecil. Kondisi ini umumnya seringkali terjadi jika Si Kecil memiliki kulit yang sensitif. Untuk mencegah ruam, maka Bunda bisa memilih popok kain sebagai pilihan untuk melindungi kulit Si Kecil.


Penggunaan popok kain bisa memberikan banyak manfaat untuk Bunda dan Si Kecil. Di sisi lain, popok kain juga memiliki kelemahan yakni dari sisi kepraktisannya. Bunda perlu membersihkan kotoran dari popok tersebut sehabis digunakan. Di sisi lain, untuk mencegah ruam pada kulit Si Kecil, Bunda juga dapat menggunakan diaper cream bayi yang dapat melindungi kulit Si Kecil secara efektif.

Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi ruam saat menggunakan popok. Sebab, formula hypoallergenic dan natural Antibacterial didalamnya mampu secara efektif mencegah dan mengatasi iritasi di area popok Si Kecil. Selain itu, Bunda juga dapat menggunakannya secara mudah yakni dengan selalu mengoleskan diaper cream di sekitar area popok setiap kali sebelum menggunakannya. Sehingga, ruam pada kulit Si Kecil bisa dicegah dan Si Kecil pun akan merasa nyaman dengan popok yang digunakannya.

Leave a comment