1000 Hari Perlindungan

Image

Beberapa Kesalahan yang Perlu Bunda Hindari Saat Memberikan Susu Formula Untuk Si Kecil

Susu formula merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk diberikan kepada Si Kecil. Karena, di dalam susu formula terdapat gizi yang bisa melengkapi nutrisinya. Nutrisi tersebut sangat penting agar tumbuh kembangnya bisa berjalan secara optimal. Tapi, sadarkah Bunda kalau ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan saat memberikan susu formula untuk Si Kecil? Kalau belum, inilah dia beberapa kesalahan yang perlu Bunda hindari.


Menggunakan Air Terlalu Panas

Saat membuat susu formula untuk Si Kecil, Bunda tentu akan menggunakan air panas agar susu bisa larut dengan sempurna. Tapi, tak jarang seringkali air yang digunakan terlalu panas atau mendidih agar bakteri bisa mati dengan sempurna. Padahal, air yang terlalu panas akan membuat Si Kecil tidak nyaman saat meminumnya. Sebaiknya, gunakan air panas dengan suhu kurang lebih 70 derajat celcius. Bunda bisa mendiamkan air yang telah mendidih sekitar 30 menit untuk mencapai suhu tersebut sebelum mencampurkannya bersama susu formula di botol susu Si Kecil.


Menyentuh Ujung Dot

Ketika membuat susu untuk Si Kecil, Bunda seringkali menyentuh bagian ujung dotnya terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan ujung dotnya bersih atau sekadar menyentuhnya saat mencampurkan susu dan air panas. Padahal, memegang ujung dot bukanlah hal yang tepat karena bisa menjadi sarang bakteri yang berpotensi masuk ke dalam tubuh Si Kecil. Sebaiknya, sentuhlah bagian pinggir dot dan kocoklah susu dalam keadaan botol tertutup agar bagian ujungnya tidak tersentuh.


Menghangatkan Susu di Dalam Microwave

Umumnya, Si Kecil lebih nyaman ketika diberikan susu dalam kondisi hangat. Akan tetapi, tak jarang Si Kecil masih merasa kenyang dan belum bisa meminum susu formula. Akibatnya, susu harus didiamkan dan menjadi dingin.

Supaya susu bisa diminum kembali, maka Bunda bisa menghangatkannya sebelum diberikan kepada Si Kecil. Tapi, jangan sampai Bunda menghangatkan susu Si Kecil di dalam microwave ya, Bun. Karena, susu tidak akan panas merata dan bisa membakar mulut Si Kecil. Bunda bisa menghangatkan susu Si Kecil dengan memasukkan botol susunya di dalam panci atau mangkuk yang berisi air hangat. Tinggalkan botol dengan susu didalamnya selama 15 menit sampai susu terasa hangat.


Menggunakan Air Mineral

Tidak seperti air biasa, air mineral punya kandungan mineral yang baik untuk tubuh manusia. Tapi, memberikan susu untuk Si Kecil dengan menggunakan air mineral bukanlah suatu hal yang tepat. Karena, beberapa air mineral punya kandungan sodium yang tinggi melebihi kadar yang dianjurkan untuk Si Kecil. Untuk meminimalisir risiko, sebaiknya hindari menggunakan air mineral saat membuat susu Si Kecil. Gunakanlah air biasa yang dimasak terlebih dahulu agar bakteri mati dan susu bisa larut dengan mudah.


Tidak Membersihkan Botol Susu dengan Sabun yang Tepat

Membersihkan peralatan makan Si Kecil tidak bisa disamakan dengan membersihkan peralatan makan orang dewasa. Sebab, Bunda perlu memastikan peralatan makan Si Kecil benar-benar bersih dengan sempurna tanpa ada kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuhnya. Untuk itu, dibutuhkan bottle nipple cleanser yang tepat dan khusus untuk peralatan makan dan botol susu Si Kecil.

Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser merupakan salah satu produk yang bisa membersihkan sekaligus melindungi botol susu Si Kecil. Karena, Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser terbuat dari formula food grade yang aman untuk peralatan makan dan botol susu Si Kecil. Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser juga dilengkapi dengan Natural Antibacterial dan Stain Removal Formula yang mampu secara efektif membunuh bakteri dan mengholangkan bau amis sisa susu Si Kecil. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir dan botol susu Si Kecil bisa bersih sempurna tanpa ada bahan kimia berbahaya yang tertinggal didalamnya.

Leave a comment