1000 Hari Perlindungan

Image

Beberapa Kesalahan Saat Mencuci Botol Si Kecil yang Perlu Bunda Hindari

Dalam upaya menjaga proses tumbuh kembang Si Kecil, kebersihan merupakan hal yang perlu Bunda perhatikan. Tidak hanya kebersihan tubuh Si Kecil, Bunda juga perlu memastikan peralatan khusus Si Kecil terjaga kebersihannya. Salah satunya yakni botol yang digunakan oleh Si Kecil saat minum susu.

Saat membersihkan botol Si Kecil, Bunda mungkin merasa botol susunya telah bersih secara menyeluruh. Tapi, tahukah Bunda kalau ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan saat mencuci botol Si Kecil? Berikut ini beberapa kesalahan yang perlu Bunda hindari ketika mencuci botol susu Si Kecil.


1. Tidak Membersihkan Botol Secara Menyeluruh

Saat membersihkan botol susu Si Kecil, apakah Bunda telah membersihkannya secara menyeluruh hingga ke bagian leher botol? Jika belum, maka sebaiknya perhatikan kembali cara Bunda dalam membersihkan botol Si Kecil. Sebab, seringkali saat membersihkan botol, bagian dalam botol dan dot menjadi perhatian utama sementara pada bagian leher botol seringkali terlupakan. Sehingga, seringkali pada bagian leher botol Si Kecil tersimpan kotoran yang menempel.


2. Tidak Menggunakan Air Mengalir

Untuk membersihkan botol Si Kecil, Bunda tentu akan menggunakan air untuk membilas botol tersebut. Namun, seringkali proses pencucian tidak menggunakan air yang mengalir melainkan dengan cara direndam begitu saja. Padahal, cara tersebut kurang tepat karena kotoran yang dibersihkan akan masuk kembali ke dalam botol Si Kecil. Sebaiknya, gunakanlah air mengalir saat membilas atau menyiram botol untuk pertama kalinya. Sehingga, kotoran bisa terangkat bersama sabun pencuci botol yang Bunda gunakan untuk membersihkan botol Si Kecil.


3. Mencuci Dengan Air Panas Secara Langsung

Air panas berguna untuk mematikan bakteri yang ada pada perlengkapan makan bayi. Namun, penggunaan air panas secara langsung saat membersihkan botol susu Si Kecil bukanlah hal yang tepat. Sebab, ketika Bunda mencuci botol susu Si Kecil dengan air panas secara langsung, maka kandungan BpA pada botol akan terlepas. Pada akhirnya, kandungan tersebut akan ikut masuk kedalam tubuh Si Kecil saat botol susu digunakan. Sebaiknya, gunakan botol susu yang bebas kandungan BpA serta lakukan proses pencucian dengan menggunakan air suhu normal yang mengalir.


4. Tidak Melakukan Proses Sterilisasi

Setelah melakukan proses mencuci botol, apakah biasanya Bunda langsung menggunakannya saat sudah kering? Meskipun botol yang telah dicuci sudah terlihat bersih, namun bukan berarti Bunda bisa langsung menggunakannya begitu saja. Sebab, botol tersebut memerlukan proses sterilisasi agar dapat bersih secara maksimal dan aman digunakan untuk Si Kecil. Proses sterilisasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dengan menggunakan air panas, uap dari air panas atau dengan menggunakan alat sterilisasi botol.


5. Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Salah satu hal yang seringkali terlupakan saat mencuci botol susu Si Kecil adalah mencuci tangan. Bunda mungkin seringkali melewatkan hal ini karena berfikir tangannya sudah bersih atau akan menggunakan sabun untuk membersihkan botol susunya. Padahal, membersihkan botol susu Si Kecil tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat berpotensi membawa kotoran tersebut menempel pada botol Si Kecil. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu tangan Bunda sebelum mencuci botol susu Si Kecil.

Bunda dapat menggunakan Sleek Foamy Hand Wash, sabun cuci tangan berbentuk busa dengan kandungan Natural Antibacterial efektif membunuh kuman & bakteri. 


Lima hal diatas merupakan beragam kesalahan yang perlu Bunda hindari saat membersihkan botol susu Si Kecil. Dan saat membersihkan botol Si Kecil, pastikan juga Bunda menggunakan produk pembersih yang aman dan tepat. Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser bisa menjadi pilihan yang tepat apabila Bunda ingin membersihkan botol susu Si Kecil secara lebih aman. Sebab, kandungan food grade di dalamnya sangat ramah untuk digunakan pada peralatan botol susu dan makan Si Kecil. Sehingga, Bunda bisa membersihkan peralatan Si Kecil secara lebih aman dan tenang.

Leave a comment