1000 Hari Perlindungan

Image

Beberapa Kesalahan Saat Memandikan Si Kecil yang Baru Lahir

Memandikan Si Kecil yang baru lahir bukanlah hal yang mudah. Sebab, Bunda perlu menunggu selama beberapa minggu sampai kulit Si Kecil benar-benar siap untuk dimandikan. Selain itu, Bunda juga perlu melakukan penanganan khusus ketika memandikan Si Kecil yang baru lahir.

Perlunya penanganan khusus saat memandikan Si Kecil disebabkan karena kulit Si Kecil cenderung masih rentan atau sensitif. Bunda perlu mengetahui betul bagaimana cara memandikan Si Kecil yang baru lahir dengan tepat agar kulitnya tetap sehat dan bersih. Beberapa kesalahan berikut juga perlu Bunda hindari saat memandikan Si Kecil yang baru lahir.


Langsung Meletakkan Si Kecil di Bak Berisi Air

Jika Bunda ingin membiarkan tali pusar Si Kecil lepas dengan sendirinya, maka sebaiknya jangan mandikan Si Kecil secara langsung di bak berisi air. Karena, sebelum tali pusar Si Kecil lepas dengan sendirinya, hindari perut Si Kecil dari air agar tidak basah. Bunda bisa memandikan Si Kecil dengan cara mengelap tubuhnya dengan menggunakan air hangat dan kain lap. 


Menggunakan sarung tangan

Memandikan Si Kecil dengan sarung tangan mungkin bisa dibenarkan jika Si Kecil punya masalah kesehatan yang bisa menyebabkan infeksi. Namun, sebaiknya Bunda tidak menggunakan sarung tangan ketika memandikan Si Kecil. Sebab, penggunaan sarung tangan akan menyulitkan Bunda untuk membersihkan tubuh Si Kecil secara menyeluruh. Selain itu, kulit Si Kecil juga masih rentan dan sarung tangan yang Bunda gunakan bisa saja tidak toleran dengan kulit Si Kecil yang sensitif.


Memandikan Si Kecil Setelah Minum ASI

Kesalahan lainnya yang perlu bunda hindari adalah memandikan Si Kecil setelah minum ASI. Sebab, memandikan Si Kecil saat perutnya terisi akan membuat Si Kecil merasa tidak nyaman. Efeknya, saat perut Si Kecil tertekan saat mandi akan membuatnya muntah. Perhatikan waktu yang tepat untuk memandikan Si Kecil yang baru lahir seperti pada pagi hari atau sore hari. Namun, pastikan Si Kecil merasa nyaman dan tidak kedinginan setelah dimandikan karena waktu yang kurang tepat.


Menggunakan baby lotion

Setelah mandi, biasanya Bunda akan mengoleskan baby lotion pada kulit Si Kecil. Baby lotion berguna untuk menjaga kelembaban kulit Si Kecil agar tetap sehat dan tidak mudah iritasi. Namun, Si Kecil yang baru lahir tidak selalu membutuhkan baby lotion setelah mandi. Bunda bisa menggunakan baby lotion jika kulit Si Kecil dirasa terlalu kering dan sensitif. Tapi, perhatikan juga pola mandi Si Kecil karena bisa jadi kulit yang kering disebabkan karena Si Kecil terlalu sering dimandikan.


Menggosok tubuh Si Kecil dengan Keras

Si Kecil yang baru lahir punya kulit yang masih cukup rawan dan sensitif. Bunda perlu menjaga kesehatan kulit Si Kecil saat mandi dengan menggosoknya secara lembut. Jangan gosok tubuh Si Kecil dengan keras karena bisa membuat kulitnya lecet atau iritasi. Selain itu, gunakan juga sabun mandi yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang baru lahir agar kesehatan kulitnya tetap terjaga.


Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash bisa jadi produk yang tepat untuk memandikan Si Kecil yang baru lahir. Karena, busa lembutnya akan melindungi kulit Si Kecil yang masih rentan. Selain itu, formula Hypoallergenic dan Natural Antibacterial yang ada didalamnya telah teruji secara dermatologis untuk membunuh bakteri penyebab iritasi. Sehingga, Bunda bisa lebih mudah dan tenang saat memandikan Si Kecil karena kulitnya telah terlindungi oleh sabun mandi yang tepat.


Leave a comment