1000 Hari Perlindungan

Image

Beberapa Kandungan Gizi Pada Susu Formula yang Dibutuhkan Si Kecil

Untuk membantu proses tumbuh kembang di 1000 hari pertama Si Kecil, Bunda wajib memberikan susu formula kepadanya. Susu menjadi sumber nutrisi utama bagi Si Kecil yang baru lahir karena belum mampu mencerna makanan utuh secara normal. Selain itu, susu formula juga sangat penting untuk Si Kecil untuk melengkapi asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan Si Kecil pada fase tersebut. Tapi, apakah Bunda tahu apa saja nutrisi yang terdapat dalam kandungan susu formula Si Kecil? Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat pada susu formula yang sangat dibutuhkan Si Kecil.


DHA dan ARA

Susu formula dikenal sebagai minuman yang bisa mencerdaskan otak Si Kecil. Hal ini disebabkan oleh kandungan DHA dan ARA yang terdapat pada susu formula. Keduanya merupakan asam lemak Omega-3 yang dikenal baik untuk perkembangan otak Si Kecil. Selain dari susu formula, kandungan DHA dan ARA juga bisa Bunda temukan pada Air Susu Ibu (ASI) dan beberapa makanan tertentu seperti ikan dan telur. Dengan mengonsumsi susu formula secara rutin, Si Kecil akan memiliki kecerdasan otak yang lebih baik karena perkembangan otak yang berjalan optimal.


Karbohidrat

Biasanya, setelah mengonsumsi susu formula, Si Kecil akan merasa kenyang dan energinya kembali terisi. Ini disebabkan karena kandungan karbohidrat yang terdapat dalam susu formula yang Bunda berikan kepada Si Kecil. Kandungan karbohidrat tersebut laktosa atau gula susu yang cocok untuk sistem pencernaan Si Kecil. Laktosa tersebut akan diurai menjadi glukosa dan galaktosa pada sistem pencernaan Si Kecil. Selain menjadi sumber energi, keduanya juga berperan terhadap perkembangan sistem saraf dan pertumbuhan otak Si Kecil.


Lemak

Salah satu kandungan gizi terbesar yang ada di dalam susu formula adalah lemak. Lemak berfungsi sebagai sumber kalori atau energi utama Si Kecil. Kandungan lemak yang ada di dalam susu formula Si Kecil 8% diisi oleh polyunsaturated fatty acid (PUFA) atau asam lemak tak jenuh ganda. Berdasarkan penelitian, kandungan gizi tersebut berpengaruh terhadap perkembangan mental Si Kecil di masa yang akan datang. Oleh karena itu, lemak yang ada pada susu formula bisa sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil.


Probiotik dan Prebiotik

Susu formula tidak hanya bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan pertumbuhan tubuh Si Kecil saja. Susu formula Si Kecil juga memiliki kandungan probiotik dan prebiotik yang baik untuk pencernaan Si Kecil. Karena, keduanya merupakan bakteri baik yang berguna untuk menjaga kesehatan usus Si Kecil. Sehingga, konsumsi susu formula bisa membantu pencernaan Si Kecil agar berjalan secara normal.


Protein

Kandungan protein juga terdapat dalam susu formula yang Bunda sajikan kepada Si Kecil. Protein berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sistem imunitas tubuh Si Kecil. Selain itu, protein juga berguna untuk menjaga pertumbuhan otak serta memperlancar fungsi perncernaan Si Kecil. Sehingga, protein menjadi salah satu nutrisi terpenting untuk Si Kecil mengingat manfaatnya yang sangat besar.


Zat Besi

Agar proses tumbuh kembang Si Kecil terjaga, kandungan zat besi pada susu sangat dibutuhkannya. Zat besi berguna untuk mencegah Si Kecil dari Anemia atau kekurangan darah. Sebetulnya, Si Kecil bisa mendapatkan kandungan zat besi melalui pemberian ASI ekskuslif pada masa awal kelahirannya. Tapi, setelah tidak minum ASI, Bunda perlu memberikan susu formula agar Si Kecil tetap mendapatkan zat besi di dalam tubuhnya.


Itulah beragam kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu formula Si Kecil. Pastikan Bunda menyajikan susu formula setiap harinya agar tumbuh kembang Si Kecil tetap terjaga. Bersihkan juga botol susu Si Kecil dengan menggunakan sabun botol susu bayi untuk mencegah bakteri jahat masuk kedalam susunya.

Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser bisa menjadi pilihan terbaik Bunda untuk membersihkan botol susu Si Kecil. Kandungan stain removal formula didalamnya berguna untuk menghilangkan sisa lemak dan bau amis pada botol susu Si Kecil. Selain itu, Sleek Beby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser juga menggunakan formula food grade yang aman untuk peralatan Si Kecil. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir dalam membersihkan botol susunya sekaligus melindungi Si Kecil dari bakteri jahat saat mengonsumsi susu formula.

Leave a comment