1000 Hari Perlindungan

Image

Beberapa Hal yang Perlu Bunda Perhatikan Saat Mencuci Pakaian Si Kecil Dengan Mesin Cuci

Saat mencuci pakaian Si Kecil, Bunda tentu ingin melakukannya dengan praktis dan menggunakan mesin cuci. Proses mencuci dengan mesin cuci memang sangat praktis namun bunda harus memperhatikan efektifitas proses pencucian yang dilakukan. Karena, ketika pakaian Si Kecil tidak dicuci secara bersih di mesin cuci, maka hal tersebut dapat mengganggu daya tahan tubuhnya pada fase perlindungan 1000 hari pertama. Untuk itu, beberapa hal berikut bisa Bunda perhatikan agar pakaian Si Kecil dapat dicuci dengan bersih di mesin cuci.


Pemilihan deterjen yang tepat

Dalam mencuci pakaian Si Kecil, Bunda tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih deterjen. Karena, deterjen yang digunakan untuk Si Kecil jelas berbeda dengan detergen untuk orang dewasa. Hal ini disebabkan kulit Si Kecil cenderung lebih sensitif sehingga diperlukan deterjen pakaian bayi dari bahan-bahan yang aman dan ampuh dalam membunuh bakteri pada pakaian Si Kecil. Saat mencuci pakaian Si Kecil di mesin cuci, maka Bunda perlu memperhatikan pemilihan deterjen yang tepat agar pakaian bisa higienis dan aman pada kulit Si Kecil.


Cara mencuci yang benar

Memilih deterjen yang tepat akan membantu efektifitas pencucian pakaian Si Kecil. Tapi, pastikan juga Bunda mengetahui bagaimana cara mencuci pakaian Si Kecil dengan baik dan benar di mesin cuci. Beberapa cara pencucian yang harus Bunda perhatikan antara lain seperti proses pembilasan yang harus dilakukan secara maksimal, memisahkan pakaian Si Kecil dengan pakaian lain, dan menggunakan pelembut untuk melindungi serat kainnya. Proses ini perlu Bunda perhatikan agar kebersihan pakaian Si Kecil dapat terjaga dan Bunda dapat melindungi Si Kecil pada fase 1000 hari pertamanya.


Tapi, apakah menggunakan mesin cuci dianjurkan saat mencuci pakaian Si Kecil?

Meskipun penggunaan mesin cuci untuk mencuci pakaian Si Kecil tergolong praktis, tapi bukan berarti Bunda dapat melakukannya begitu saja. Karena, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bakteri berbahaya pada pakaian tidak akan mati jika dibersihkan melalui mesin cuci. Hal ini biasanya disebabkan jika pakaian yang dicuci terlalu banyak sehingga proses pencucian menjadi kurang efektif untuk menghilangkan bakteri berbahaya. Bahkan, mesin cuci bisa menjadi tempat terbaik untuk bakteri berbahaya berkembang biak.

Untuk melindungi pakaian Si Kecil saat dicuci di mesin cuci, maka ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Bunda lakukan sebagai berikut :


1. Cucilah pakaian Si Kecil dengan air bersuhu tinggi


Untuk mematikan bakteri jahat yang ada pada pakaian Si Kecil, penggunaan air bersuhu tinggi bisa jadi solusi yang tepat. Karena, air bersuhu tinggi dapat membunuh bakteri secara efektif sehingga pakaian Si Kecil akan lebih bersih ketika dicuci dengan menggunakan air panas. Dengan demikian, Bunda bisa menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaiannya tanpa harus khawatir bakteri berkembang biak di pakaian Si Kecil.


2. Pisahkan pakaian Si Kecil dengan pakaian yang terinfeksi bakteri atau kotoran


Mencegah perkembangbiakan bakteri di mesin cuci juga dapat dilakukan dengan memisahkan pakaian Si Kecil yang terinfeksi bakteri atau kotoran. Kondisi ini seringkali dialami Si Kecil apabila kotoran yang dikeluarkannya menempel pada pakaian. Bunda sebaiknya memisahkan pakaian yang terinfeksi bakteri atau kotoran seperti ini dan membersihkannya secara manual terlebih dahulu sebelum mencucinya di mesin cuci.

Itulah berbagai hal yang perlu Bunda perhatikan ketika mencuci pakaian Si Kecil di mesin cuci. Melindungi Si Kecil perlu dilakukan secara teliti agar tumbuh kembangnya dapat terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat ya, Bunda.


Leave a comment