1000 Hari Perlindungan

Image

Beberapa Hal yang Harus Bunda Perhatikan Saat Mencuci Pakaian Si Kecil

Menjaga kesehatan si Kecil tidak hanya dilakukan dengan memperhatikan asupan gizinya. Bunda juga harus memperhatikan beberapa hal lainnya seperti kebersihan lingkungan, aktivitas yang dilakukan hingga kebersihan pakaian yang digunakan untuk si Kecil. Oleh karena itu, Bunda harus ekstra berhati-hati sekaligus memperhatikan betul berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan si Kecil.


Memperhatikan kebersihan pakaian si Kecil merupakan salah satu hal yang wajib untuk Bunda lakukan. Karena, pakaian yang digunakan si Kecil bertujuan untuk menjaga suhu tubuh si Kecil agar senantiasa hangat. Selain itu, pakaian si Kecil juga bersentuhan langsung dengan kulit si Kecil yang cenderung sensitif dan rawan iritasi. Dengan demikian, beberapa hal berikut ini wajib Bunda perhatikan saat mencuci pakaian si Kecil :


Memisahkan pakaian si Kecil berdasarkan warnanya

Pakaian si Kecil biasanya terdiri dari berbagai jenis dan berbagai warna. Karena terdiri dari berbagai warna, maka Bunda harus memperhatikan betul hal ini saat mencuci pakaian si Kecil. Karena, beragam warna yang dicuci secara bersamaan bisa berdampak pada lunturnya pakaian si kecil saat dicuci bersama. Jika luntur, maka pakaian yang digunakan tentu akan terlihat jelek sekaligus bisa berdampak buruk pada kulit si Kecil jika zat pewarna yang digunakan berbahaya bagi kulit si Kecil yang masih rentan terhadap iritasi.


Menggunakan deterjen khusus

Mencuci pakaian si Kecil tidak dapat disamakan seperti saat Bunda mencuci pakaian orang dewasa. Diperlukan perhatian khusus terutama pada deterjen yang digunakan untuk membersihkan pakaian si Kecil. Karena, deterjen yang digunakan untuk pakaian orang dewasa belum tentu memiliki kandungan zat yang toleran dengan kulit si Kecil.

Untuk menjaga kulit si Kecil saat mengenakan pakaian yang telah dicuci, maka sebaiknya Bunda menggunakan sabun cuci pakaian bayi. Karena, sabun cuci pakaian bayi telah diformulasikan khusus untuk kulit si Kecil sehingga dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit si Kecil. Salah satu deterjen khusus untuk pakaian si Kecil yang dapat Bunda gunakan adalah produk Baby Laudry dari Sleek Baby karena memiliki kandungan natural extract plant yang aman untuk kulit si Kecil serta efektif dalam menghilangkan noda dan menjaga pakaian si Kecil tetap lembut.


Membilasnya sebanyak dua kali

Menggunakan sabun cuci pakaian bayi memang merupakan hal yang penting namun pastikan juga Bunda tidak lupa untuk membilasnya secara maksimal. Membilas pakaian setelah dicuci penting untuk dilakukan karena pembilasan yang tidak dilakukan secara maksimal akan meninggalkan zat kimia, pewarna serta deterjen yang berlebih. Sisa dari deterjen tersebut nantinya dapat berpotensi membuat kulit si Kecil terkena iritasi. Oleh karena itu, pastikan Bunda membilasnya secara maksimal minimal sebanyak dua kali untuk mencegah menempelnya sisa deterjen pada pakaian si Kecil.


Gunakan pelembut khusus pakaian si Kecil

Bukan hanya deterejen, Bunda juga perlu memperhatikan pelembut yang digunakan untuk pakaian si Kecil. Pelembut digunakan agar membuat pakaian si Kecil senantiasa lembut dan nyaman untuk digunakan. Agar kulit si Kecil senantiasa terlindungi, maka Bunda harus menggunakan pelembut yang diformulasikan khusus untuk pakaian si Kecil.


Jangan menggunakan pemutih

Pakaian si Kecil banyak yang berwarna putih? Pakaian yang berwarna cerah seperti putih memang memerlukan perhatian khusus karena cenderung mudah kotor. Namun, meskipun pakaian si Kecil berwarna putih, bukan berarti Bunda dapat menggunakan pemutih untuk membersihkannya. Sebaliknya, hindari pakaian si Kecil dari pemutih karena dapat membuat kulit si Kecil menjadi iritasi mengingat zat kimia yang digunakan pada pemutih tidak cocok untuk kulit si Kecil yang masih rentan terhadap penyakit.

Leave a comment