1000 Hari Perlindungan

Image

Beberapa Bahan Pakaian Si Kecil yang Perlu Bunda Hindari

Saat membeli pakaian untuk Si Kecil, Bunda tentu ingin memberikan pakaian dengan motif yang lucu dan nyaman untuknya. Kenyamanan merupakan hal yang penting karena jika Si Kecil merasa tidak nyaman dengan pakaiannya, maka Ia akan menangis dan rewel. Sebab, motif pakaian yang lucu akan terasa sia-sia jika Si Kecil tidak nyaman saat mengenakannya.

Agar Si Kecil merasa nyaman, Bunda perlu selektif dalam memilih bahan pakaian untuknya. Bahan pakaian yang Bunda berikan selain bisa membuatnya merasa nyaman juga akan membuatnya terhindar dari penyakit. Berikut ini beberapa bahan yang perlu Bunda hindari agar membuatnya merasa nyaman dan aman untuk kesehatannya.


Nylon dan Polyester

Jika Bunda menemukan pakaian Si Kecil yang terbuat dari bahan Nylon dan Polyester, maka sebaiknya hindari pakaian tersebut. Sebab, bahan tersebut terbuat dari zat aditif petrokimia yang dapat memancarkan senyawa organik volatil. Pada konsentrasi rendah, zat tersebut dapat memicu infeksi paru-paru, alergi dan asma pada Si Kecil.


Bahan Bulu atau Fur

Bahan bulu atau Fur yang ada pada pakaian Si Kecil mungkin terlihat lucu dan hangat ketika digunakan. Namun, bahan bulu kurang disarankan pada pakaian Si Kecil. Karena, serat bulu pada pakaian seringkali terlepas dan bisa tertelan oleh Si Kecil. Dikhawatirkan Si Kecil bisa tersedak karena menelan serat bulu tersebut atau alergi terhadap bulu yang ada di pakaiannya. Oleh karena itu, agar Si Kecil merasa nyaman, hindari pakaian yang menggunakan bahan bulu atau fur.


Sutra

Pakaian berbahan dasar sutra sebetulnya sangat nyaman untuk dikenakan baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Tapi, bahan sutra cenderung sulit untuk dibersihkan sehingga dirasa kurang cocok untuk digunakan Si Kecil. Hal ini tak lepas dari kebiasaan Si Kecil yang bergerak aktif hingga tak jarang membuat pakaiannya jadi kotor dan sulit dibersihkan. Agar Bunda tidak kesulitan mencucinya, sebaiknya hindari penggunaan bahan sutra pada pakaian Si Kecil.


Kasmir

Bahan kasmir merupakan bahan yang memiliki tekstur lembut dan halus. Bahan yang terbuat dari serat bulu domba ini berasal dari daerah dataran tinggi Kasmir di India dan mampu menghangatkan tubuh. 

Walaupun punya tekstur yang lembut, pakaian Si Kecil dengan bahan kasmir nampaknya perlu Bunda hindari agar Si Kecil tetap merasa nyaman. Sebab, pakaian tersebut akan membuat Si Kecil mudah berkeringat karena cuaca di Indonesia yang cenderung panas. Namun, Bunda bisa memakaikan pakaian tersebut saat traveling bersama Si Kecil di tempat yang bercuaca dingin karena bisa menghangatkan tubuhnya dan terlihat mewah ketika dikenakan.


Kulit

Pakaian dengan bahan kulit juga perlu Bunda hindari untuk menjaga kenyamanan Si Kecil. Sebab, meski terlihat trendy dan maskulin, pakaian dengan bahan dasar kulit tidak dapat menyerap keringat dan cenderung panas. Akibatnya, Si Kecil akan merasa tidak nyaman ketika Bunda mengenakan pakaian dengan bahan dasar kulit. Oleh karena itu, hindari bahan yang satu ini dan gantilah dengan bahan lainnya yang lebih nyaman dan bisa menyerap keringat seperti katun.


Agar Si Kecil tetap nyaman saat menggunakan pakaian, pastikan juga Bunda mencuci pakaian Si Kecil dengan deterjen yang aman untuk kulitnya. Bunda bisa menggunakan deterjen khusus untuk baju bayi yang punya formula anti jamur dan anti bakteri seperti Sleek Baby Laundry Detergent. Sehingga, Si Kecil akan merasa nyaman dengan pakaian yang dikenakannya dan kesehatan kulitnya juga akan terjaga.

Leave a comment