1000 Hari Perlindungan

Image

Bebaskan Si Kecil dari Ruam Popok

Ruam popok (diaper rash) terjadi akibat iritasi pada kulit Si Kecil. Ruam popok dapat diperparah oleh iritasi berulang atau yang berlangsung lama akibat popok basah dan tidak segera diganti. Terlebih bila popok tidak langsung diganti ketika Si Kecil buang air besar. Pup merupakan iritan kulit yang sangat kuat.

Selain itu, penyebab ruam popok lainnya, antara lain:

  • Memakai tisu basah untuk membersihkan bekas pup-nya. Perlu Bunda tahu, tidak semua kulit Si Kecil nyaman dengan tisu basah. Sebaiknya gunakan kapas dengan air.
  • Kulit kurang kering. Pastikan bokong Si Kecil kering setelah Bunda membersihkannya karena kulit yang masih basah akan menjadi lembap jika ditutup dengan popok lagi.
  • Bedak menggumpal akibat bercampur dengan air yang masih tersisa di kulit Si Kecil. Hal ini bisa mempengaruhi kelembapan kulit Si Kecil.

Seperti apa sih, gejala ruam popok? Beberapa gejalanya adalah kulit yang kemerahan, agak menonjol, nyeri, dan gatal. Biasanya, Si Kecil akan lebih rewel. Jadi, popok harus sering-sering diperiksa. Begitu tahu popok basah atau ada pup, Bunda bisa segera menggantinya.

Ingin Si Kecil terbebas dari gangguan ruam popok? Bila Bunda memilih popok kain, pilih yang terbuat dari bahan katun yang mudah menyerap air, sehingga tahu kapan harus menggantinya. Sementara popok sekali pakai (pospak) sebaiknya digunakan sesekali saja seperti saat berpergian atau di malam hari. Selebihnya, biarkan kulit anak bernapas dengan memakai popok atau celana katun biasa.

Jangan lupa pilih krim anti ruam yang antibacterial dan natural untuk kulit si Kecil ya Bun, seperti Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream. Kandungan antibacterial-nya dapat membantu merawat dan melindungi kulit Si Kecil dari kemerahan dan iritasi ringan.

Lalu bagaimana bila Si Kecil terlanjur mengalami ruam popok?

  • Biarkan Si Kecil tanpa popok selama 10-15 menit, agar kulitnya bisa bernapas
  • Bila setelah itu masih memerlukan popok, pastikan Bunda memberikan popok baru yang bersih dan kering serta sering-sering lah memeriksa dan menggantinya
  • Bila ruam tidak kunjung membaik setelah 3 hari, lakukan ‘puasa’ popok (atau setidaknya memberikan sebanyak mungkin waktu bebas popok)
  • Bila ruam semakin parah Bunda bias konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Leave a comment