1000 Hari Perlindungan

Image

Bebas dari Masalah Sulit Menyusui

Bebas dari Masalah Sulit Menyusui

Untuk Bunda baru yang sedang menyusui, masalah sulit menyusui atau dikenal dengan istilah ‘bingung putting’ bisa jadi pengalaman yang kurang nyaman. Bagaimana cara mengatasinya?

Bayi baru lahir pada awal proses menyusuinya tidak dilatih langsung pada payudara ibu, ada kemungkinan akan kesulitan menyusui. Jika kondisi dibiarkan maka secara tidak langsung akan mengganggu produksi ASI Bunda juga lho!

Selain itu, bayi bisa mengalami stres karena sulit menghisap payudara Bunda untuk mendapatkan ASI.Supaya masalah sulit menyusui ini tidak membuat Bunda dan bayi frustasi, ada 4 hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Diawal bayi lahir, usahakan melatih bayi untuk menyusui langsung dari payudara Bunda.
  2. Memperbanyak skin to skin dengan bayi sehingga terbentuk bonding yang kuat dan mempermudah Bunda menyusui.
  3. Perhatikan asupan gizi makanan dan cukup istirahat. Agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga.
  4. Segeralah berkonsultasi ke dokter atau konselor Laktasi. Saat Bunda berkonsultasi, jangan ragu untuk mengajak ayah atau orang terdekat karena dukungan mereka dapat membantu keberhasilan Bunda dalam mengatasi masalah sulit menyusui ini.

Tetap semangat dan menjaga pikiran untuk selalu tenang ya, Bunda. Agar Si Kecil berhasil menyusui langsung di payudara dan tidak lagi mengalami kesulitan menyusui.

Leave a comment