1000 Hari Perlindungan
Image

Bayi Terserang Flu, Bagaimana Cara Meredakannya?

Sistem daya tahan tubuh pada bayi yang belum sempurna membuatnya rentan terserang beragam penyakit, termasuk flu. Apalagi jika cuaca sedang tidak menentu membuat berbagai jenis virus dan bakteri mudah untuk berkembang biak. Bayi juga mudah sekali terserang flu. Sampai usianya menginjak 1 tahun, si kecil mungkin bisa mengalami lebih dari 8 (delapan) kali sakit. Saat si kecil mengalami flu dan kesulitan untuk bernapas, Bunda pasti akan sangat merasa khawatir. Lalu, bagaimana cara meredakan flu pada bayi?


Kenali Penyebab Flu pada Bayi


Bayi mudah sekali terserang flu karena sistem daya tahan tubuh mereka belum siap menghadapi serangan kuman, virus dan bakteri. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada lebih dari 100 jenis virus yang dapat menyebabkan flu. Virus flu ini menyebar melalui udara, dan ketika sesorang bersin atau batuk, kemungkinan percikan dari liurnya yang mengandung virus flu terbang dan terhirup oleh si kecil sehingga si kecil dapat menderita flu.

Untungnya, sebagian besar virus flu yang menyerang bayi, justru akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh mereka nantinya. Meskipun begitu, saat si kecil terserang flu dan mengalami kesulitan bernapas mungkin akan sangat membuat Bunda khawatir.

Baca Juga : Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Bunda Ketahui

Kenali Gejala Flu Pada Bayi


Bayi yang terserang virus flu akan menunjukkan gejala-gejala dalam 1-3 hari setelah terinfeksi. Dengan munculnya tersebut, sebisa mungkin segera lakukan cara meredakan flu pada bayi. Berikut flu yang biasanya muncul:

  • Bersin-bersin
  • Hidungnya mengeluarkan lendir/ingus berwarna bening. Setelah seminggu, ingus mungkin akan berubah warna menjadi kekuningan atau kehijauan.
  • Bayi tidak bisa berhenti memegang bagian hidungnya karena hidungnya terasa gatal dan mampet;
  • Nafsu makan atau menyusu menurun
  • Bayi menjadi rewel karena si kecil belum bisa mengekspresikan ketidaknyamanannya;
  • Demam dengan suhu di atas 37,5 derajat celsius
  • Kesulitan menyusui karena hidungnya yang tersumbat;
  • Kesulitan untuk tidur karena merasa tidak nyaman dengan keadaan tubuhnya.

Ingus atau lendir yang keluar dari hidungnya saat flu merupakan salah satu cara tubuhnya untuk menyingkirkan kuman atau virus pada tubuh. Namun, jika ingus yang keluar terlalu banyak dapat menyumbat hidung si kecil dan mengganggu pernapasannya. Saat ini terjadi, bantuan Bunda akan sangat diperlukan.


Bayi yang diberi ASI memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Hal ini dikarenakan bayi mendapat pasokan antibodi, sel darah putih dan enzim yang terkandung dalam ASI, sehingga bayi memiliki semua, atau sebagian, kekebalan tubuh dari ibu mereka terhadap penyakit yang pernah diderita oleh ibunya. Agen-agen ini juga yang membantu melindungi bayi dari infeksi virus. Meskipun tidak sepenuhnya kebal dari flu, namun setidaknya ASI membuat bayi menjadi lebih terlindungi.

Berikut cara meredakan flu pada bayi yang dapat Bunda lakukan di rumah untuk meringankan gejala flu dan membuat si kecil menjadi lebih nyaman:

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Baru Lahir

1. Biarkan bayi beristirahat

Cara meredakan flu pada bayi yang utama adalah memastikannya untuk banyak beristirahat atau tidur yang cukup. Kurang beristirahat akan membuat tubuhnya semakin lemah sehingga penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuhnya. Salah satu cara meredakan flu pada bayi yang paling direkomendasikan adalah memposisikan kepala bayi sedikit terangkat untuk membantunya lebih mudah bernapas saat tidur.

 

2. Berikan tambahan cairan

Cara meredakan flu pada bayi berikutnya adalah dengan memberikan asupan ASI atau susu formula lebih banyak untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya dan menghindari dehidrasi. Apabila si kecil mengalami kesulitan menyusu secara langsung, berikan ASI perah dengan menggunakan sendok, cangkir atau pipet.

 

3. Gunakan pelembab udara

Penggunaan pelembab udara di dalam ruangan (humidifier) merupakan salah satu cara meredakan flu pada bayi. Gunakan humidifier untuk meringankan gejala flu pada si kecil, serta membuat kondisi udara dalam ruangan lembab dan nyaman karena udara yang kering akan sangat menyiksa si kecil. Jika Bunda tidak memiliki humidifier, Bunda dapat menggunakan uap dari air panas dan biarkan si kecil terkena uap selama 10-15 menit untuk mengeluarkan lendir pada hidungnya.

 

4. Gunakan alat untuk menyedot lendir pada hidung bayi

Cara meredakan flu pada bayi juga bisa dilakukan dengan membersihkan hidungnya dengan menyedot lendir atau ingus pada hidungnya menggunakan mulut atau pipet penyedot khusus. Selain menggunakan alat penyedot, Bunda juga bisa menggunakan obat semprot hidung atau saline yang berfungsi untuk mengurangi produksi lendir yang menyumbat hidung si kecil. Cara menggunakannya adalah baringkan si kecil lalu semprotkan saline sebanyak 2-3 kali pada hidungnya. Lendir atau ingus akan keluar bersamaan dengan bersin atau batuk.

 

5. Atur posisi tidur bayi

Mengatur posisi tidur bayi dapat menjadi cara meredakan flu pada bayi. Posisikan kepala bayi sedikit lebih tinggi untuk membantunya lebih mudah bernapas saat tidur. Selain itu, hindari membiarkan bayi tidur tengkurap karena akan semakin memperburuk saluran pernapasan.

 

6. Tidak perlu memberi si kecil antibiotik

Obat batuk, pilek dan flu tidak dianjurkan sebagai cara meredakan flu pada bayi hingga usianya cukup serta dengan pengawasan dari dokter. Perlu diingat bahwa flu disebabkan oleh virus yang menyerang imunitas bayi dan bukan bakteri, sehingga Bunda tidak bisa memberikan antibiotik sebagai cara meredakan flu pada bayi. Obat bisa digunakan untuk meredakan gejalanya seperti demam. Jika si kecil demam, segera konsultasikan dengan dokter apakah bisa diberikan paracetamol atau ibuprofen sebagai Pereda demamnya.

Bila si kecil mengalami demam atau sesak napas (frekuensi napas lebih dari 50 kali per menit atau hidung terlihat kembang kempis dan ada retraksi di antara tulang-tulang iganya), segera bawa si kecil ke dokter.

Baca Juga : Manfaat Aroma Minyak Telon yang Belum Banyak Orang Ketahui

Mencegah Bayi Tertular Flu

Flu hampir tidak dapat dicegah, apalagi di saat cuaca sedang tidak jelas seperti sekarang ini. Tetapi Bunda bisa melakukan pencegahan untuk mengurangi risiko bayi terkena virus flu yaitu dengan cara:

  • Menjauhkan si kecil dari orang yang sedang terkena flu.
  • Tidak membawa si kecil ke tempat umum yang keadaannya ramai.
  • Mencuci tangan sebelum memegang si kecil.
  • Membersihkan seluruh perlengkapan si kecil, termasuk juga mainan-mainannya.
  • Pastikan peralatannya hanya dipakai oleh si kecil saja ya, Bunda. Hal ini untuk mencegah virus menempel pada peralatan yang dipakainya.
  • Meminta orang yang membantu mengasuh si kecil untuk menggunakan masker.
  • Menjauhkan si kecil dari debu dan asap.


Bagi sebagian orang, gejala flu seperti pilek dan hidung tersumbat dapat disebabkan karena paparan udara dingin dalam jangka waktu lama. Nah, mengoleskan Sleek Baby Telon Oil dapat menjadi salah satu cara meredakan flu pada bayi. Sleek Baby Telon Oil memiliki kandungan 2x minyak telon yang memberi kehangatan maksimal hingga bayi merasa lebih nyaman ketika terserang flu. Selain itu dengan minyak anisi yang lebih banyak, Sleek Baby Telon Oil juga efektif melancarkan dan mencegah perut kembung pada si kecil. Sudah punya Sleek Baby Telon Oil belum, Bun? Yuk, dapatkan sekarang juga di toko bayi atau minimarket terdekat!


Leave a comment