1000 Hari Perlindungan
Image

Bayi Baru Lahir Sering Begadang Semalaman? Begini Cara Mengatasinya!

Merawat bayi yang baru lahir pasti menjadi tantangan besar bagi orang tua. Terutama jika Ayah dan Bunda baru dikaruniai buah hati yang pertama. Banyak hal mengejutkan yang membuat Ayah dan Bunda harus beradaptasi dengan cepat demi mendukung tumbuh kembang si Kecil. Salah satunya yaitu cara mengatasi bayi baru lahir sering begadang semalaman.

Bayi baru lahir (usia 0 hingga 1 bulan) membutuhkan waktu tidur sebanyak 14 hingga 18 jam per hari. Namun, mengapa bayi malah rentan begadang di malam hari pada usia tersebut?

Mengenal Penyebab Bayi Baru Lahir Sering Begadang

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondoh Indah (RSPI) Jakarta, dr M. Tatang Puspanjono, SpA, M Klinik Ped. menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang membuat bayi baru lahir sering begadang di malam hari, antara lain:

  • Bayi belum memiliki pola tidur tetap, apalagi bila sang orang tua tidak cermat menata pola tidurnya.
  • Waktu tidur siang yang cukup sehingga membuat bayi aktif di malam hari.
  • Tidur pada kondisi tanggung, misalnya terlelap di sore hari lalu terbangun menjelang tengah malam.
  • Kecenderungan ingin bermain sehingga rasa kantuknya belum muncul.

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi yang Sering Begadang

Jangan frustrasi dulu bila buah hati Bunda masih sering begadang di malam hari. Lakukanlah beberapa hal ini supaya si Kecil lekas memiliki pola tidur permanen:

Berjaga Secara Bergantian dengan Pasangan atau Anggota Keluarga Lainnya

Kewajiban mendampingi bayi baru lahir yang begadang memang rentan menimbulkan stres. Bahkan, hal tersebut bisa bertambah parah kalau Bunda termasuk working mom atau womepreneur. Itulah sebabnya bunda harus berjaga bergantian dengan Ayah atau anggota keluarga lainnya, misalnya selang-seling berjaga setiap hari. Cara sederhana ini akan membantu Bunda dan Ayah tetap memiliki waktu istirahat yang cukup. Namun, jangan lupa kalau cara mengatasi kebiasaan bayi begadang ini harus diimbangi dengan kedisiplinan dalam menata pola tidur si Kecil. Jangan sampai Bunda, Ayah, dan anggota keluarga lainnya harus berjaga-jaga secara bergantian hingga si buah hati bertumbuh besar.

Memanfaatkan Jasa Pengasuh atau Baby Sitter

Jika Bunda punya bujet yang memadai, tak ada salahnya mempekerjakan pengasuh atau baby sitter untuk membantu menjaga si Kecil yang baru lahir. Bunda bisa mengizinkan baby sitter untuk beristirahat di siang hari selama Bunda, Ayah, atau anggota keluarga lainnya menjaga si Kecil. Sehingga baby sitter bisa menjalankan tugasnya pada malam hari ketika si Kecil mulai terjaga. Cara ini juga cukup ampuh untuk membuat Bunda sekeluarga mendapatkan waktu istirahat cukup di malam hari.

Mengajak Bayi Beraktivitas di Sore Hari

Aktivitas untuk bayi baru lahir biasanya sering dilakukan di pagi hari, misalnya berjemur dan mandi. Namun, Bunda juga bisa melakukan aktivitas selingan di sore hari saat buah hati sudah bangun dari tidur siang. Buatlah si Kecil tetap aktif di sore hari dengan berbagai kegiatan bermanfaat, misalnya tummy time, berjalan-jalan di sekitar rumah, atau pijat bayi untuk relaksasi. Setelah aktif bermain di sore hari, si Kecil akan merasa lelah dan lebih mudah mengantuk. Bunda bisa mulai menidurkan si Kecil sesudah menyusui dan memandikannya di sore hari.

Menyudahi Kebiasaan Menyusui Si Kecil di Tengah Malam 

Bayi baru lahir memang butuh asupan ASI dengan intensitas tinggi untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Kendati demikian, biasanya intensitas minum ASI bayi di malam hari mulai berkurang sejak umur 2 bulan. Bayi yang usianya sudah lebih dari 2 bulan tak perlu lagi minum ASI setiap 2 jam sekali. Bunda tak perlu mengkhawatirkan perubahan tersebut asalkan berat badan si Kecil terus bertambah dan aktif minum ASI di siang hari. Jadi, Bunda bisa mulai menyudahi kebiasaan membangunkan si Kecil untuk minum ASI di malam hari. Dengan demikian, waktu tidur si kecil di malam hari akan lebih panjang dan tak membuat Bunda repot berjaga-jaga semalaman.

Mencermati Kepribadian Bayi Secara Teliti

Sama seperti orang dewasa, bayi juga memiliki karakter masing-masing. Perbedaan karakter paling mudah dilihat dari kebiasaan tidur. Ada bayi yang bisa tidur dalam kondisi seberisik apapun, tetapi ada pula bayi yang mudah kaget dan terbangun saat mendengar suara kecil. Kalau Bunda sudah mengenali kebiasaan tidur dan kepribadian bayi, maka Bunda pasti bisa mencari cara mengatasi bayi baru lahir sering begadang semalaman dengan mencegah penyebab bayi mudah bangun di malam hari. Kecermatan Bunda akan membuat si Kecil bisa tidur secara maksimal untuk mendukung tumbuh kembangnya setiap hari.

Membuat Bayi Berada dalam Kondisi Nyaman

Agar si Kecil mudah tidur lelap sepanjang malam, Bunda harus memastikan berbagai hal penting untuk membuatnya merasa nyaman. Beberapa hal penting yang mempengaruhi tidur bayi baru lahir antara lain:

  • Memandikan bayi dengan air hangat agar tubuh bayi jadi lebih rileks. Air hangat sangat bermanfaat untuk melemaskan sendi dan otot serta memperlancar peredaran darah. 
  • Mengoleskan minyak telon pada bagian dada, perut, dan punggung si Kecil setelah mandi. Minyak telon bermanfaat untuk membuat tubuh bayi jadi hangat dan nyaman sehingga bayi jadi mudah tidur nyenyak. Untuk urusan memilih minyak telon, kini ada Sleek Baby Telon Oil yang siap jadi solusinya. Produk andalan Sleek Baby yang satu ini terdiri dari kandungan minyak kelapa, minyak cajuput, dan minyak anisi. Kandungan minyak telon Sleek Baby Telon Oil terbukti 2x lebih banyak sehingga tak hanya menghangatkan tetapi juga melancarkan pernapasan dan mencegah kembung pada bayi. Penggunaan Sleek Baby Telon Oil akan membuat si Kecil senantiasa sehat dan mudah tidur nyenyak di malam hari.
  • Menyiapkan popok berkualitas supaya si Kecil merasa nyaman saat tidur dan tak rentan mengalami iritasi kulit. Popok yang berkualitas harus memiliki daya serap tinggi, mampu menampung banyak cairan, tetap kering bila dipakai dalam waktu lama, dan hypoallergenic (tidak memicu alergi).
  • Membuat bayi merasa nyaman dengan pakaian yang tepat. Sebaiknya Bunda memilih pakaian tidur yang terbuat dari bahan katun, baby terry, atau minky karena teksturnya lembut, elastis, dan aman untuk kulit bayi. Pakaian tidur yang longgar membuat buah hati Bunda leluasa bergerak selama tidur.
  • Memastikan bahwa kondisi kamar bayi sudah benar-benar nyaman. Di malam hari, pencahayaan kamar harus redup dan suasananya sejuk. Temperatur ideal untuk mendukung kenyamanan tidur bayi baru lahir berkisar antara 250 - 260 C.
  • Memutar white noise untuk membuat bayi merasa lebih tenang dan lekas tertidur lelap. Intensitas white noise yang tepat untuk bayi adalah 70 desibel. Bila ingin alternatif lainnya, Bunda juga bisa memasang musik klasik bernuansa lembut di kamar si Kecil. Alunan musik klasik yang menenangkan tentu membuat si kecil jadi mudah tertidur.
  • Menyusui si Kecil sesaat sebelum tidur supaya si Kecil bisa tidur pulas dalam kondisi kenyang.

Kesimpulannya, jangan patah semangat dulu mencari cara mengatasi bayi baru lahir yang sering begadang semalaman. Bentuklah pola tidur si Kecil dengan benar supaya Bunda tak lagi direpotkan dengan kebiasaan begadang di malam hari.

Leave a comment