1000 Hari Perlindungan
Image

Bayi 1 Bulan Pilek Hidung Tersumbat? Ini Produk dan Cara Ampuh Meredakannya

Pilek dan hidung tersumbat sangat mudah menyerang bayi, apalagi bayi berumur di bawah 1 tahun. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuhnya masih belum berkembang dengan sempurna, sehingga virus dan bakteri dapat dengan mudah menyerang tubuhnya. Bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat memang bisa membuat panik ya, Bund. Apalagi bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat akan rewel sepanjang hari karena merasa tidak nyaman dengan saluran pernapasannya yang tersumbat. Ketidaknyamanan yang dirasakan bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat ini akan ikut mempengaruhi nafsu bayi untuk menyusui dan saat bayi akan tidur.


Ketika hidung bayi tersumbat karena pilek yang dideritanya, bayi tidak bisa bernapas dengan baik dan merasa tidak nyaman. Selain karena adanya penumpukan lendir atau ingus di dalam hidungnya, pembengkakan bagian hidung, pembuluh darah dan jaringan yang berdekatan dengan hidung juga dapat membuat bayi tidak bisa bernapas dengan baik. Walaupun pilek dan hidung tersumbat dapat sembuh dengan sendirinya, namun kondisi ini menyebabkan si kecil menjadi sangat rewel sepanjang hari karena bayi tidak bisa mengekspresikan perasaan tidak nyaman yang dialaminya saat bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat.


Produk yang Dibutuhkan Bayi 1 Bulan Pilek Hidung Tersumbat 

Dalam mengatasi Bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat, Bunda tentunya butuh produk bayi yang bagus untuk membantu si kecil terbebas dari ketidaknyamanan ini. Akan lebih baik jika kamu selalu menyediakannya sebagai P3K untuk bayi. Berikut produk-produk yang dibutuhkan bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat:


  • Alat penyedot ingus; pipet atau selang
  • Sleek Baby telon oil
  • Humidfier
  • Inhalant decongestant


Selain memiliki produk-produk di atas sebagai upaya meredakan bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat, Bunda perlu kesabaran ekstra. Mengingat biasanya, bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat akan lebih rewel. Sebagai ibu yang menanganinya langsung, tetaplah tenang agar bayi juga merasa tenang.


Cara Mengatasi Bayi 1 Bulan Pilek Hidung Tersumbat 

Selain karena pilek, hidung tersumbat pada bayi dapat disebabkan karena alergi, serangan virus, udara yang kering hingga kualitas udara yang buruk. Namun Bunda jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat, sebagai berikut:


1.       Menghilangkan lendir atau ingus dalam hidung bayi

Hal utama yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat adalah dengan menghilangkan lendir atau ingus dalam hidung si kecil agar saluran pernapasannya kembali lancar. Bunda dapat membersihkan lendir (ingus) yang menempel dalam hidung bayi dengan beberapa cara, salah satunya menggunakan alat penyedot ingus yang berbentuk pipet kecil atau selang. Alat ini banyak dijual di apotek dengan berbagai merek. Jangan sesekali menggunakan mulut ya, Bun, karena justru bakterinya akan menempel di hidung bayi dan membuat sakitnya tak kunjung sembuh.


Cara menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu pipet dengan air panas atau sterilizer. Masukkan pipet ke dalam hidung si kecil, tetapi jangan terlalu dalam. Saat memasukkan pipet, ujung karet yang berfungsi sebagai penyedot harus ditekan, lalu lepas perlahan hidung untuk menyedot lendir atau ingus yang menyumbat hidungnya. Lakukan dengan lembut dan perlahan agar bayi tidak terluka. Jika ingus sudah terlanjur mengering, Bunda dapat membersihkannya dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat. Masukkan perlahan ke dalam hidung si kecil, lalu tarik perlahan agar tidak menimbulkan rasa sakit. 


Baca Juga : Napas Bayi Bunyi: Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya


2.       Tambah asupan kebutuhan cairan untuk si kecil

Saat bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat, si kecil umumnya akan kehilangan banyak cairan tubuh. Maka dari itu, penting bagi Bunda untuk selalu menjaga dan menambah asupan kebutuhan cairan agar produksi lendir atau ingus pada hidung bayi lebih cepat berkurang. Dengan memberikan asupan ASI atau susu formula lebih banyak, hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya dan menghindari dehidrasi. Apabila si kecil mengalami kesulitan menyusu secara langsung, berikan ASI perah dengan menggunakan sendok, cangkir atau pipet.


3.       Gunakan humidifier atau pelembab udara pada ruangan

Bunda perlu untuk meningkatkan kelembaban udara ketika bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat. Penggunaan pelembab udara di dalam ruangan (humidifier), merupakan salah satu cara untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat pada bayi. Jika Bunda tidak memiliki humidifier, gunakan uap dari air panas dan biarkan si kecil terkena uap selama 10-15 menit untuk mengeluarkan lendir pada hidungnya. Jika Bunda memiliki pemanas air di kamar mandi, hal ini dapat Bunda manfaatkan. Bawa si kecil ke kamar mandi dan nyalakan air panas. Uap dari air panas tersebut akan melembabkan udara kamar mandi sehingga meredakan hidungnya yang tersumbat.

 

4.       Atur posisi bayi agar tetap tegak

Posisikan bayi untuk tegak agar gaya gravitasi dapat mebantu mengeluarkan lendir atau ingus yang menyumbat hidungnya. Cara ini tak kalah ampuh mengatasi bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat. Saat menggendong, tetap posisikan bayi tegak dengan memakai gendongan untuk membantu memposisikan si kecil. Sementara ketika ia tidur, posisikan kepala bayi sedikit lebih tinggi untuk membantunya lebih mudah bernapas. Di samping itu, hindari membiarkan bayi tidur tengkurap karena akan semakin memperburuk saluran pernapasan.


Baca Juga : Memilih Sabun Pencuci Botol Yang Aman Untuk Bayi 


5.       Oleskan Sleek Baby telon oil

Bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat umumnya juga disebabkan oleh paparan udara dingin dalam jangka waktu yang lama. Pijatan lembut dipercaya ampuh membuat tubuh menjadi lebih rileks dan aliran darah menjadi lancar, termasuk juga pada bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat untuk membantu si kecil merasa lebih lega dan mudah untuk bernapas kembali. Pijatan ini hanya membutuhkan langkah ringan yang aman untuk si kecil dalam waktu kurang dari 1 menit dan membutuhkan Sleek Baby Telon Oil untuk memudahkan gerakan memijat serta membantu menghangatkan tubuh si kecil.


Mengoleskan Sleek Baby Telon Oil pada tubuh si kecil dapat menjadi salah satu cara untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat. Minyak kayu putih yang terkandung dalam minyak telon dapat melebarkan pembuluh darah lokal sehingga menjaga tubuh si kecil tetap hangat saat dibalurkan. Kandungannya 2x minyak telon biasa dan memiliki minyak anisi yang lebih banyak, bukan hanya dapat memberi rasa hangat dan nyaman pada bayi, tapi juga lebih efektif melancarkan pernafasannya. Cukup sederhana kan, Bunda? Semoga dengan cara alami tersebut di atas, bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat dapat segera teratasi tanpa perlu merasa panik. 

Leave a comment