1000 Hari Perlindungan
Image

Baju Anak, Perlukah Menggunakan Deterjen Khusus?

Segala hal tentang si Kecil tentu perlu diperhatikan dengan baik. Bukan hanya soal asupan makan, Bunda juga harus memperhatikan produk yang dipilih sebagai perawatan tubuhnya. Termasuk deterjen cuci baju anak juga, lho! Mengingat secara tidak langsung, produk ini turut berhubungan dengan kesehatan kulit sang buah hati.


Jarang disadari, tetapi pemakaian deterjen dan pewangi pakaian bisa menjadi penyebab munculnya masalah pada kulit bayi. Pasalnya, kulit bayi masih sangat tipis dengan cenderung sensitif jika bersentuhan dengan sesuatu di sekitarnya. Tak heran jika bayi mudah mengalami ruam atau alergi jika salah-salah memilih produk.


Maka dari itulah, deterjen cuci baju anak diciptakan untuk mengatasi kendala tersebut. Sehingga apapun pakaian yang dikenakan, bayi tetap nyaman sejak hari pertamanya lahir di dunia hingga ia beranjak besar. 


Alasan Deterjen Cuci Baju Anak Diperlukan

Sekilas mungkin deterjen tak ada hubungannya dengan efek yang timbul kulit si Kecil. Jadi mungkin bagi sebagian ibu, hal ini tak masalah. Terlebih penggunaan deterjen biasa juga dinilai lebih hemat karena harga produk khusus bayi biasanya tidak murah. Lantas, apa alasan perlu mencuci pakaian si Kecil dengan deterjen khusus?


Baca Juga : Baju Anak, Perlukah Menggunakan Deterjen Khusus?


Bunda perlu menggunakan menggunakan deterjen cuci baju anak yakni jika si Kecil memiliki kulit teramat sensitif. Hal ini tak mungkin ditolerir lagi demi kesehatannya. Pertimbangkanlah untuk menggunakan deterjen cuci baju anak untuk menghindarkan beberapa gangguan pada kulit bayi yang biasanya ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut: 


- Sering timbul bintik merah pada permukaan kulit

- Kulit mudah kering

- Eksim

- Gatal-gatal

Di samping itu, alasan lain yang membuat deterjen biasa tak direkomendasikan untuk bayi adalah dari segi kandungan parabennya. Paraben adalah pengawet yang umum digunakan dalam produk pembersih, dimana efeknya jika digunakan terlalu sering bisa menyebabkan reaksi alergi. 


Bila gangguan pada kulit bayi terjadi, maka sebaiknya segera periksakan si Kecil ke dokter. Upaya lainnya, mau tidak mau Bunda juga perlu mengganti produk deterjen khusus. Tentu lebih baik mencegah ketidaknyamanan tersebut dengan deterjen cuci baju anak, daripada mengobati yang biayanya jauh lebih mahal.


Bahaya Mencuci Baju Anak dengan Deterjen Biasa


Memilih deterjen untuk baju anak bukan sekadar asal bersih saja. Tapi, pembersih tersebut juga sebisa mungkin tidak menimbulkan efek apapun di kulit bayi. Jika Bunda tetap mencuci baju anak dengan deterjen biasa, dikhawatirkan akan menyebabkan hal-hal berikut ini: 


1.       Alergi


Kulit bayi pada umumnya belum memiliki skin-barrier yang baik. Apalagi sistem imunitasnya pun masih sedang dalam tahap pembentukkan. Hal ini otomatis memicu reaksi alergi pada kulitnya jika sembarang menggunakan produk perawatan bayi, termasuk deterjen cuci baju anak. Reaksi alergi yang ditunjukkan bisa ruam, kulit bersisik, bentol-bentol, hingga bercak kemerahan. Terlebih lagi, kondisi alergi yang timbul saat bayi bisa juga berlanjut hingga dewasa nanti.


2.       Iritasi


Iritasi muncul karena adanya zat kimia yang dominan dalam produk deterjen biasa. Gangguan ini umum terjadi di area sekitar lipatan tubuh bayi seperti pangkal paha, sikut, leher, dan lutut. Gejala yang ditunjukkan antara lain bentol kasar, gatal-gatal, hingga kulit memerah dan mengelupas. Jika si Kecil mengalami ini, segeralah melakukan penanganan berkala seperti dengan rutin menggunakan minyak kelapa.


3.       Eksim


Bahaya yang juga ditimbulkan deterjen biasa pada kulit bayi adalah eczema. Eczema atau yang dikenal dengan eksim sangat rentan terjadi pada si Kecil. Hal ini menunjukkan reaksi bahwa bayi tidak cocok dengan zat kimia yang kontak langsung dengan kulitnya Biasanya, gejala eksim ditandai dengan bercak kulit merah, kulit kering dan kasar, serta gatal yang tidak berhenti. Bayangkan jika hal ini terjadi pada anak, tentu sebagai ibu tak sampai hati melihatnya.


Baca Juga : Hindari Masalah Kulit dengan Deterjen Khusus untuk Pakaian Anak


Tips Memilih Deterjen Cuci Baju Anak yang Aman


Lalu bagaimana cara memilih deterjen cuci baju anak yang aman untuknya? Sebenarnya mudah saja. Bunda cukup mengecek kandungannya secara rinci. Pastikan deterjen cuci baju anak tersebut memiliki kriteria sebagai berikut:


- Telah teruji dermatologis cocok untuk kulit bayi yang sensitif

- Telah teruji secara klinis tidak menyebabkan alergi atau bersifat hypoallergenic

- Tidak mengandung fragrance yang juga sensitif terhadap kulit bayi

- Mengandung bahan-bahan alami untuk menggantikan bahan kimia yang dihindari

- Dapat digunakan untuk seluruh keluarga, sehingga bisa juga untuk menghemat anggaran belanja


Jika masih khawatir pada pilihan detergen yang Bunda sudah beli, lakukan tes dengan mencuci satu hingga dua dari pakaian si Kecil. Lihat reaksinya ketika mengenakan baju tersebut, apakah muncul bintik kemerahan atau tidak.


Cara Tepat Mencuci Baju Anak


Tak hanya memilih deterjen cuci baju anak saja, tapi cara mencuci pakaian bayi pun tidak boleh sembarangan. Bahannya yang lembut dan halus harus mendapat perawatan khusus tidak seperti mencuci baju orang dewasa. Jika salah, baju akan cepat rusak dan membuat anak merasa tak nyaman saat mengenakannya. Mengutip Hellosehat, berikut 4 cara tepat mencuci pakaian si Kecil:


1. Pisahkan terlebih dulu baju yang kena kotoran dan tidak. Hal ini dilakukan agar kotoran tidak mengenai pakaian lain saat Bunda mencucinya.


2. Gunakan air dengan suhu yang tepat. Bunda sebaiknya merendam pakaian bayi yang kotor dengan air panas selama 10-15 menit sebelum dicuci.


3. Sebisa mungkin menggunakan pelembut dan pewangi pakaian. Biasanya produk bayi yang bagus tersebut memiliki zat kimia yang dapat membuat kulit si kecil iritasi dan alergi.


4. Keringkan baju bayi di bawah terik matahari. Jangan hanya mengandalkan mesin pengering saja, setelah dikeringkan sebaiknya tetap jemur pakaian si kecil di bawah sinar matahari agar tidak lembab dan tumbuh jamur.


Begitulah alasan mengapa deterjen cuci baju anak diperlukan secara khusus. Tapi seiring dengan berjalannya waktu kulit bayi juga bisa membaik dengan perawatan yang tepat. Tentu lebih baik kita mencegah daripada mengobati, bukan? Untuk itu, Bunda dapat menjaga kesehatan kulit si Kecil salah satunya dengan menggunakan deterjen cuci baju anak yang tepat, apalagi kalau bukan Sleek Baby Laundry Detergent


Sleek Baby Laundry Detergent adalah detergen bersifat konsentrat yang aman digunakan untuk pakaian bayi, karena sudah teruji klinis dan mengandung Natural Plant Extract. Artinya, kandungan deterjen cuci baju anak ini alami. Mencuci pakaian dengan Sleek Baby Laundry Detergent juga tidak meninggalkan bau apek berkat Formula Anti Jamur dan Anti Bakteri di dalamnya. 


Bunda yang masih stay at home karena pandemi, jangan takut kesulitan membeli Sleek Baby Laundry Detergent untuk mencuci pakaian sang buah hati. Sleek Baby Laundry Detergent bisa diperoleh melalui e-commerce atau marketplace secara online. Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp17 ribu saja. Untuk kebutuhan traveling, Sleek Baby Laundry Detergent tersedia dalam versi Sleek Baby Travel Wash berbentuk tube dengan tekstur krimnya yang lebih compact alias mudah dibawa kemana-mana.

Leave a comment