1000 Hari Perlindungan

Image

Bahaya Triclosan Dalam Sabun Si Kecil

Pikir ulang sebelum memilih dan menggunakan sabun antibakteri untuk Si Kecil, terutama yang mengandung triclosan. Kandungan utama dalam sabun antibakteri, triclosan, ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan pada anak maupun orang dewasa. Ini dia beberapa hal yang perlu Bunda ketahui seputar bahaya triclosan.

 

Apa itu triclosan?

Triclosan merupakan bahan kimia anti jamur dan antibakteri. Bahan kimia ini biasa ditemukan pada produk-produk pembersih, seperti sabun mandi, sabun cuci tangan, juga pada produk kosmetik, furniture, peralatan masak, dan mainan untuk mencegah kontaminasi bakteri. sabun cuci tangan, obat kumur, deodorant, pakaian, mainan, karpet dan kantong sampah.

 

Mengapa berbahaya?

Triclosan bekerja dengan cara membunuh bakteri, namun bukan hanya bakteri jahat yang dibunuh tetapi juga bakteri baik yang sebenarnya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penggunaan sabun antibakteri mengandung triclosan dalam jangka panjang juga memicu bakteri bermutasi dan mengembangkan resistansi terhadap bahan antibakteri, yang pada akhirnya memicu komplikasi kesehatan serius.

 

Dilarang penggunaannya

Di Amerika Serikat, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) telah mengumumkan larangan penggunaan triclosan dan triclocarban pada produk sabun antibakteri. Hal ini terkait dengan bahaya yang disebabkan oleh bahan kimia tersebut, seperti gangguan hormonal, membuat bakteri kebal, hingga kanker. Meski begitu, FDA menyebutkan bahwa aturan itu hanya berlaku untuk produk pembersih yang memerlukan air, bukan produk pencuci tangan tanpa air atau tisu basah.

 

Tip bebas bakteri

Tanpa menggunakan sabun antibakteri sekalipun, Si Kecil tetap bisa terlindung dari bakteri jahat. Bunda bisa mengajarkan pada Si Kecil untuk rutin mencuci tangannya dengan air mengalir setiap habis bermain, serta sebelum dan sesudah makan. Beri perhatian lebih pada ujung kuku dan sela-sela jari 

Leave a comment