1000 Hari Perlindungan
Image

Bagaimana Cara Terbaik Membersihkan Alat Makan Bayi Sebelum MPASI?

Momen tumbuh kembang buah hati tentu selalu berkesan bagi orang tua. Salah satu yang tak bisa dilewatkan adalah ketika si Kecil siap menyantap Makanan Pendamping ASI (MPASI). Bunda pasti tak sabar ingin menyajikan berbagai makanan lezat dan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Namun, ada satu hal penting yang tak boleh luput dari perhatian Bunda, yaitu cara membersihkan alat makan bayi sebelum MPASI.

Pemberian MPASI untuk anak memang bukan sekadar tentang makanan yang bergizi. Kebersihan peralatan makan juga patut diperhatikan supaya tidak membuat si Kecil mengalami penyakit pencernaan. Jadi, Bunda harus menyimak informasi tentang cara terbaik membersihkan alat makan bayi sebelum MPASI berikut ini agar bisa melakukannya dengan benar:

Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum mencuci peralatan makan si Kecil, Bunda harus memastikan bahwa tangan Bunda sudah dalam keadaan bersih. Tangan yang kotor bisa mengakibatkan perpindahan kotoran dan mikroorganisme penyebab penyakit pada peralatan makan buah hati. Alangkah lebih baik bila Bunda mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun antibakteri. Basahi tangan dengan air mengalir lalu usapkan sabun cuci tangan pada seluruh bagian tangan (telapak, punggung tangan, serta sela-sela dan ujung jari). Proses mencuci tangan wajib dilakukan minimal 20 detik sebelum Bunda membilas tangan sampai bersih. 

Melepas Semua Komponen Peralatan Makan yang akan Dicuci

Langkah selanjutnya yang harus Bunda lakukan adalah melepas semua komponen peralatan makan yang akan dicuci. Misalnya, memisahkan beberapa bagian food processor, botol susu, dan wadah makanan bayi. Melepas komponen peralatan makan akan mempermudah proses mencuci sehingga tak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela peralatan makan. Sisa-sisa makanan yang menempel pada peralatan makan tak boleh dianggap remeh karena berisiko membuat si Kecil diare. Sambil melepas komponen peralatan makan, Bunda juga bisa menyingkirkan sisa makanan berukuran besar agar proses pencucian jadi lebih mudah.

Menggunakan Produk Pembersih Khusus untuk Peralatan Makan Bayi

Sebaiknya Bunda menggunakan produk pembersih khusus untuk peralatan makan bayi. Karena biasanya produk pembersih tersebut diperkaya formula yang aman bagi kesehatan si Kecil. Kini, Bunda tak perlu bingung memilih produk pembersih untuk peralatan makan si Kecil karena ada Sleek Baby Pembersih Botol (juga dikenal dengan nama Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser). Bunda bisa memperoleh 8 perlindungan sempurna ini bila menggunakan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser:

1. Telah lolos uji klinis di lembaga terakreditasi.

2. Mengandung bahan yang aman dan natural, seperti Natural Anti Bacterial yang ampuh membasmi semua bakteri dan kotoran dan kotoran dari sisa susu.

3. Stain Removal Formula membuat botol menjadi kesat setelah mencuci lemak susu.

4. Bersifat paraben free sehingga aman dari bahan kimia berbahaya.

5. Food Grade Formula yang diklaim aman jika ada sisa sabun pada peralatan makan yang tidak sengaja tertelan oleh si Kecil serta tidak meninggalkan residu apapun.  

6. Hypoallergenic sehingga kandungannya tidak akan membuat kulit Bunda jadi kering atau mengelupas sesering apapun bunda mencuci botol dengan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser.

7. Cairannya bersifat konsentrat dengan tekstur kental dan padat. Pemakaian dalam jumlah sedikit sudah cukup untuk mencuci banyak peralatan makan dan membuat Bunda jadi lebih hemat. 

8. Microbiological Tested atau telah teruji efektif membunuh mikroorganisme berbahaya yang rentan mendiami dan merusak bahan pangan.

Tak hanya untuk mencuci botol susu, Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser juga bisa digunakan untuk mencuci peralatan makan dan mainan bayi. Bunda bisa melindungi kesehatan buah hati secara maksimal dan praktis dengan mengandalkan produk unggulan Sleek Baby yang satu ini.

Menggunakan Sikat Khusus untuk Membersihkan Botol Susu

Botol susu bayi biasanya merupakan peralatan makan yang paling sulit dibersihkan. Bentuknya yang memanjang membuat sisa lemak susu rentan tertinggal di dasar botol. Oleh sebab itu, Bunda harus menggunakan sikat khusus untuk membersihkan botol susu secara maksimal. Tuangkan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser ke dalam botol susu yang sedang dicuci lalu sikatlah secara seksama hingga bagian dalam botol benar-benar bersih. Untuk menjaga kebersihan botol susu, sikat pencuci botol juga harus selalu dicuci sebelum dan sesudah digunakan.

Membilas Peralatan Makan si Kecil dengan Air Bersih yang Mengalir.

Kalau semua peralatan makan sudah dibersihkan dengan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser, Bunda harus membilasnya dengan air bersih yang mengalir. Jangan menggunakan air yang telah ditampung untuk mencuci peralatan makan si buah hati karena air tersebut rentan terkontaminasi mikroorganisme penyakit. Jadi, gunakan air bersih yang mengalir dan pastikan kalau tidak ada kotoran atau sisa sabun yang tertinggal pada peralatan makan si Kecil.

Merendam Peralatan Makan dalam Air Panas

Untuk memastikan kehigienisan peralatan makan si Kecil yang sudah dicuci, sebaiknya Bunda merendamnya dalam air panas. Rendamlah seluruh peralatan makan selama 5 menit kemudian tiriskan hingga benar-benar kering. Bunda tidak perlu merebus peralatan makan tersebut supaya bentuknya tidak berubah.

Membersihkan Peralatan Makan dengan Sterilizer

Jika Bunda tak ingin repot merendam peralatan makan buah hati dengan air panas, Bunda bisa menggunakan sterilizer agar lebih praktis. Bunda harus teliti memilih sterilizer yang fiturnya sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, banyak produk sterilizer untuk membersihkan peralatan makan bayi yang sudah dilengkapi teknologi canggih, misalnya double blower dan Positive Temperature Coefficient (PTC) Heater sehingga lebih cepat menghasilkan panas secara merata. Ada pula fitur koneksi bluetooth yang membuat Bunda leluasa mengatur pengoperasian sterilizer dari jarak jauh. 

Bunda juga bisa menyimpan peralatan makan yang belum digunakan dalam sterilizer tersebut karena ada fitur pintu kedap udara yang menghalangi mikroorganisme dan kotoran. Selain membersihkan peralatan makan, sterilizer juga bisa digunakan untuk membersihkan mainan sehingga aman bila si Kecil memasukannya ke mulut.

Menyimpan Peralatan Makan dalam Wadah Tertutup

Selain menyimpannya dalam sterilizer, Bunda juga bisa menyimpan peralatan makan buah hati dalam wadah tertutup. Gunakan wadah bersih dan tertutup agar peralatan makan tetap higienis sebelum digunakan. Bunda juga bisa mengelompokkan peralatan makan berdasarkan jenisnya agar lebih mudah dicari. Letakkan wadah tertutup berisi peralatan makan si Kecil pada tempat yang sejuk, kering, dan mudah dijangkau.


Kalau Bunda sudah memahami cara terbaik membersihkan alat makan bayi sebelum MPASI, niscaya si Kecil akan senantiasa sehat karena bisa menyantap makanan bergizi di wadah yang higienis. Jadi, jangan sembarangan saat mencuci peralatan makan si Kecil ya, Bun. Lakukan yang terbaik agar peralatan makan buah hati senantiasa higienis, tahan lama, dan aman bagi kesehatan si Kecil.

Leave a comment