1000 Hari Perlindungan
Image

Bagaimana Cara Membersihkan Perlengkapan Makan Bayi yang Benar?

Ketika #dirumahaja bersama si Kecil, kegiatan apa yang paling sering Bunda lakukan? Bermain dengannya, membacakan buku cerita, memasak MPASI kesukaannya, atau justru lebih sering membersihkan barang-barang milik si Kecil? Jika jawaban Bunda yang terakhir, tandanya artikel ini cocok untuk Bunda.


Membersihkan barang-barang milik si Kecil sepertinya memang sudah menjadi bagian dari kegiatan para Bunda di rumah. Kali ini, kami akan menyajikan bagaimana cara membersihkan barang milik si Kecil, terutama pada peralatan makannya, karena benda ini paling sering digunakan. Seperti apa caranya? Yuk, langsung simak di bawah berikut.


Cara membersihkan perlengkapan makan bayi dengan benar.


Cuci tangan terlebih dahulu

Tidak hanya karena pandemi saja Bunda wajib rajin mencuci tangan. Tetapi juga saat mulai memegang perlengkapan si Kecil. Walau ingin membersihkan perlengkapan makan, sebisa mungkin Bunda cuci tangan terlebih dahulu. Dibawah air mengalir, gunakan sabun khusus cuci tangan yang mengandung antiseptik. Cuci tangan Bunda hingga ke sela jari dan kuku hingga bersih. Cara ini untuk mencegah perpindahan bakteri dan kuman ke perlengkapan makan si Kecil.


Pisahkan semua bagian

Beberapa perlengkapan makan bayi dan peralatan MPASI biasanya memiliki bagian atau komponen di dalamnya. Misalnya seperti botol susu yang terdiri dari dot, leher dot, dan botol. Begitu pula dengan blender MPASI yang terdiri dari komponen pisau, wadah, dan motor penggerak. Sebelum mulai dicuci, Bunda perlu memisahkan bagian tersebut agar lebih mudah membersihkan hingga ke sela-sela. Jika bersih menyeluruh, si Kecil pun akan aman.


Gunakan sikat khusus untuk botol bayi

Biasanya botol susu banyak terdapat sisa-sisa lemak dari susu. Maka dibutuhkan sikat khusus botol susu untuk membersihkannya. Gosok bagian leher botol hingga ke bagian dasar botol. Cara ini dapat membuat botol lebih bersih tanpa ada sisa noda susu yang tertinggal.


Gunakan sabun pembersih khusus yang aman

Sabun pembersih di pasaran memang banyak. Tetapi apakah semua merk tersebut aman digunakan untuk si Kecil? Sebelum membeli, cek dahulu kemasan sabun pembersih tersebut. Apakah sudah 100% food grade? No fragrance? Bebas paraben? Semua pertanyaan ini wajib Bunda perhatikan. Bayi memiliki kulit dan saluran pernapasan yang masih sangat sensitif. Jadi ketika ada bahan seperti paraben ada pada sabun pembersih, maka dikhawatirkan kulit si Kecil akan teriritasi. Atau jika sabun pembersih tersebut tidak 100% food grade, si Kecil dikhawatirkan akan menelan bahan berbahaya. Jadi sebaiknya cek kemasan dan pilih sabun pembersih khusus bayi yang terbaik.


Ada dua cara untuk membersihkan botol susu si Kecil, yaitu dengan cara manual dan mesin pencuci. 


Cara manual

- Pisahkan bagian botol susu seperti dot, botol, dan tutupnya. Kemudian bilas dengan air bersih

- Bagian-bagian botol tersebut direndam dalam baskom yang berisi air hangat dan sabun pembersih khusus. Hindari meletakkan botol di wastafel karena bisa meningkatkan risiko terkena kuman

- Dengan menggunakan sikat khusus, bersihkan botol dari bibir, dalam, dan dasar botol.

- Ketika membersihkan dot, keluarkan air dari lubang dot. Cara ini untuk memastikan bahwa dot sudah benar-benar bersih

- Bilas kembali semua bagian dengan air bersih yang mengalir dan keringkan dengan handuk atau lap bersih.


Menggunakan mesin pencuci

- Sama seperti mencuci manual, pisahkan dot, botol, dan tutup botol

- Bilas bagian-bagian botol tersebut di bawah air mengalir. 

- Masukkan semua bagian botol susu ke mesin pencuci. Taruh bagian-bagian yang kecil di dalam keranjang tertutup

- Supaya hasilnya lebih maksimal, isi mesin pencuci dengan air hangat agar kuman mati

- Ketika pencucian selesai, angkat semua bagian botol susu dan taruh di atas handuk bersih


Mencuci botol adalah salah satu cara membersihkan perlengkapan makan bayi yang tepat. Namun alangkah lebih baik jika Bunda mensterilisasi botol susu sebelum digunakan. Sterilisasi ini penting dilakukan agar tidak ada sisa kuman dan bakteri pada botol. Bagaimana cara sterilisasi yang benar?


Ada 3 cara yang bisa Bunda gunakan untuk mensterilkan botol susu si Kecil. Berikut caranya:


Merebus botol

Cara ini yang paling tradisional dan pasti bisa dilakukan oleh semua Bunda. Hanya dengan panci saja, Bunda bisa mensterilkan botol susu si Kecil. Rebus air hingga mendidih atau dengan suhu minimal 80 derajat Celsius dan masukkan botol susu selama kurang lebih 5 menit. Angkat botol susu menggunakan penjepit makanan atau tong, dan letakkan di tempat yang bersih hingga kering. Cara ini memang mudah dan murah, namun bisa membuat dot botol bayi menjadi lebih cepat rusak. Jadi jika Bunda menggunakan cara ini, pastikan untuk mengecek kondisi botol dan dot apakah ada bagian yang retak atau rusak. Jika ya, ganti dengan dot atau botol yang baru.


Menggunakan microwave

Bunda memiliki microwave di rumah? Jika biasanya untuk menghangatkan makanan, kali ini manfaatkanlah untuk mensterilisasi botol susu si Kecil. Bagaimana caranya? Masukkan botol, dot, dan tutup botol susu yang sudah dicuci ke dalam microwave. Lalu nyalakan microwave pada suhu tinggi dan atur waktunya selama 1-2 menit. Cara ini bisa Bunda gunakan tiap ingin memberikan susu pada si Kecil. Pastikan microwave dalam keadaan bersih dan tidak berbau ketika akan digunakan untuk sterilisasi botol susu.


Menggunakan steamer botol susu

Cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling cepat dan praktis. Steamer atau mesin penguap bekerja dengan menciptakan uap panas bersuhu tinggi sehingga mampu menghilangkan kuman dan bakteri pada botol susu. Proses sterilisasi dengan steamer ini memakan waktu sekitar 8-12 menit. Selain praktis, steamer ini bisa menjamin kebersihan botol hingga 6 jam asalkan botol tersebut disimpan dalam mesin atau wadah steril yang tertutup. Ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan mesin dan tempatkan bagian-bagian botol menghadap ke bawah. Hindari memasukkan alat atau perlengkapan yang tidak aman untuk disterilkan seperti pompa ASI. Jika ingin menggunakan steamer botol susu, Bunda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membelinya.


Pada dasarnya cara membersihkan perlengkapan makan bayi tidaklah terlalu sulit. Asalkan Bunda telaten mencuci hingga ke bagian dasar dan menggunakan sikat serta sabun pembersih khusus. Untuk sabun pembersih, memang tidak bisa sembarangan. Karena kulit bayi sangat sensitif, maka dibutuhkan sabun pembersih dengan kandungan dan formula yang aman. Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser adalah sabun pembersih dengan formula 100% food grade, no paraben dan no fragrance, sehingga tidak meninggalkan residu dan membuat Si kecil lebih aman. Formula lain yaitu Natural Antibacterial dan Stain Removal mampu secara efektif menghilangkan bau amis susu dan juga membunuh bakteri. Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser juga sudah dermatologically tested, sehingga Bunda tidak perlu khawatir lagi.


Jadi, siap membersihkan perlengkapan makan si Kecil dengan Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser? Untuk info produk Sleek Baby lainnya, Bunda bisa melihat pada tautan berikut.

Leave a comment