1000 Hari Perlindungan
Image

Ayah, Yuk Simak Trik Menggunakan Kandungan Pembersih Botol Bayi yang Aman Berikut

Sudah berbulan-bulan #dirumahaja, pasti Ayah sering menghabiskan waktu bersama si Kecil. Mulai dari bermain, memandikan, mengganti popok, hingga membantu menyusu dengan botol. Nah, ketika menyusu dengan botol, pernahkah Ayah perhatikan kebersihannya?


Botol susu yang sudah selesai digunakan sebaiknya segera dicuci agar bagian dalam botol selalu bersih. Sisa susu yang menempel pada dinding dalam botol akan berkerak jika tidak cepat-cepat dibersihkan. Noda susu tersebut tidak hanya akan membuat warna botol susu menjadi pudar dan tampak kotor, tetap juga bisa memicu timbulnya bakteri. Jadi sesegera mungkin botol dicuci sebelum noda susu berubah menjadi kerak. Tetapi Ayah jangan sampai salah mencucinya. 


Caranya, setelah dicuci menggunakan kandungan pembersih yang aman, cukup rendam sebentar, bilas, dan sterilkan. Bisa dengan menggunakan air mendidih atau sterilizer. Jika Ayah terlalu lama merendam dan tidak langsung disterilkan, kuman yang ada pada busa pencucian berisiko akan masuk kembali ke dalam botol. Akibatnya, bagian dalam botol pun bisa menjadi sarang kuman. Apabila si Kecil meminum susu dari botol tersebut, kuman akan masuk dan menyerang tubuhnya. Sebelum hal itu terjadi, segera cuci botol bayi agar noda susunya tidak terlalu lama berdiam di dalam botol.


Saat mencuci botol bayi, ada beberapa hal yang perlu Ayah perhatikan agar pencuciannya bersih maksimal. Apa saja? Berikut kami sajikan untuk Ayah: 


Cuci botol dengan air mengalir

Sebelum mulai merendam botol susu dengan air, sebaiknya bersihkan dahulu di bawah air mengalir. Karena jika Ayah hanya merendam botol tanpa dibersihkan terlebih dahulu ,akan membuat kotoran masuk ke dalam botol dan menempel di bagian dalamnya. Maka, membersihkan di bawah air mengalir akan membantu kotoran terlepas dari botol dan dot.


Perhatikan leher botol

Ketika mencuci botol, kita terbiasa membersihkan hanya bagian dalam botol dan dot saja. Padahal bagian leher botol juga penting untuk dibersihkan. Terkadang, sisa susu ada yang tertinggal pada bagian leher botol dan meninggalkan noda. Supaya lebih mudah, lepaskan semua bagian botol susu dan bersihkan dengan seksama.


Jangan merendam botol susu terlalu lama

Selesai dicuci, biasanya botol susu direndam dalam air mendidih dalam waktu singkat. Namun pada kenyataannya, banyak yang merendam terlalu lama sampai air rendamannya berubah menjadi hangat. Air dengan suhu suam-suam kuku ini berisiko untuk menghidupkan kuman dan bakteri. Tak hanya itu, kandungan plastik BPA yang ada pada botol juga akan ikut larut bersama dengan air rendaman. Maka sebaiknya, rendam atau siram botol dengan air mendidih selama 10-15 detik saja dan keringkan segera. Supaya lebih aman, pilih botol susu yang bebas BPA.


Keringkan botol segera

Setelah direndam, sebaiknya segera keringkan botol dengan lap bersih hingga benar-benar kering. Ingin lebih steril? Keringkan botol dengan alat steril botol susu supaya tidak ada cairan yang tertinggal di dalamnya.


Saat mencuci botol, usahakan untuk tidak menggunakan sabun cuci piring biasa. Sebaiknya pilihlah sabun dengan kandungan pembersih yang 100% FOOD GRADE sehingga aman untuk bayi. Ada beberapa alasan mengapa pembersih botol khusus bayi lebih cocok digunakan dibanding dengan sabun cuci piring biasa. Berikut alasannya:


Pembersih botol bayi tidak akan meninggalkan residu

Ketika membersihkan piring atau peralatan makan lain, terkadang ada sisa sabun yang tertinggal di sana. Padahal saat membilas sudah benar-benar bersih. Itu tandanya ada residu deterjen yang tertinggal pada peralatan makan. Tentu Ayah tidak ingin hal ini terjadi di dalam botol susu si Kecil. Karena si Kecil bisa saja mengalami keracunan atau gangguan kesehatan. Sedangkan pada pembersih botol khusus bayi, formulanya tidak akan meninggalkan residu pada botol. Jika ada residu pun, sangat mudah dibersihkan dengan cara membilasnya dengan air bersih. Jadi si Kecil pun aman untuk menggunakan botol susunya kembali.


Pembersih botol bayi mampu membunuh kuman dan bakteri

Bayi memiliki tubuh rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Itu karena daya tahan tubuhnya masih belum berkembang dengan sempurna. Salah satu benda yang dapat menjadi media penyebaran penyakit adalah botol susunya sendiri. Mengapa? Pada umumnya, bayi banyak mengonsumsi susu melalui botol. Residu susu yang ia minum terkadang masih tertinggal di botol dan dotnya. Endapan sisa susu ini bisa memicu berkembangnya bakteri, kuman, dan jamur jika tidak dibersihkan dengan benar walaupun sudah menggunakan sterilizer.  


Maka hadirlah pembersih botol bayi yang diformulasikan untuk menghilangkan kuman dari endapan sisa susu tersebut. Kandungan pembersih botol yang aman biasanya terdiri dari bahan-bahan alami dan bebas zat kimia berbahaya seperti paraben dan alkohol. Kedua bahan ini tidak aman untuk kulit bayi karena akan memicu reaksi seperti ruam, bentol, gatal, dan gangguan kulit lainnya. Jadi untuk pembersih botol bayi, Ayah tidak perlu khawatir dengan kandungannya karena pasti aman dan nyaman untuk si Kecil.


Pembersih botol bayi memiliki aroma yang cepat hilang

Bayi di bawah satu tahun memiliki penciuman yang sangat baik dan sensitif. Mereka akan menolak sesuatu yang aromanya asing. Ada beberapa sabun cuci piring yang memiliki aroma kuat seperti lemon bercampur dengan bau kimia. Aroma ini cukup kuat untuk indera penciuman bayi dan sayangnya, cukup sulit untuk menghilangkan bau tersebut walau sudah dibilas berkali-kali. Sedangkan pada pembersih botol bayi, aromanya tidak terlalu kuat dan lebih alami. Bahkan ada beberapa yang tidak memiliki aroma sama sekali. Aroma pembersih botol bayi cepat hilang setelah botol dimasukkan ke dalam air panas atau dibilas 2-3 kali. Jadi ketika si Kecil menolak diberikan botol susu, cobalah untuk mengganti sabun cuci piring dengan pembersih khusus botol bayi.


Mulai terpikir untuk mengganti sabun cuci piring dengan pembersih botol bayi? Ayah bisa mencoba merek Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser. Produk yang ramah bayi ini sudah dermatological tested dan food grade, jadi Ayah tidak perlu khawatir ketika menggunakannya. Dilengkapi formula 100% FOOD GRADE dan non fragrance serta Natural Antibacterial dan Stain Removal Formula yang mampu mematikan bakteri dari sisa susu yang menempel pada botol. Tak hanya itu, Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser juga bebas paraben yang berbahaya bagi tubuh si Kecil. Cara menggunakannya cukup mudah. 


- Bersihkan dahulu botol susu dan dotnya dengan air mengalir.

- Siapkan air hangat dan campurkan sedikit saja Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser, kucek hingga berbusa dan rendam selama 10 menit.

- Jika ingin hasil maksimal, gunakan spons atau sikat botol.

- Jangan lupa, bilas dengan air bersih yang mengalir hingga terasa kesat.


Setelah mencuci dengan Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser, Ayah akan tahu bedanya dengan sabun cuci piring biasa. Yuk, mulai beralih untuk kesehatan si Kecil!


Ayah tertarik untuk mengetahui produk Sleek Baby lainnya? Silakan kunjungi link berikut.

Leave a comment