1000 Hari Perlindungan
Image

Ayah, Yuk Intip 5 Tips Mudah Membersihkan Peralatan Bayi!

Di masa pandemi Covid ini, Ayah dan Bunda diharuskan untuk bekerja di rumah. Kesempatan ini tentunya bisa sekali dimanfaatkan bagi para orangtua untuk membangun kedekatan bersama si Kecil. Tidak hanya itu, masa ini merupakan kesempatan emas bagi para Ayah yang tidak perlu mengambil cuti untuk membantu Bunda.


Tidak hanya membangun ikatan dengan para Bunda, ternyata bonding time dengan Ayah juga penting bagi pertumbuhan si Kecil. Berdasarkan penelitian, anak yang dekat dengan ayahnya dapat memiliki prestasi yang baik di bidang akademik. Selain itu, kedekatan Ayah dan si Kecil dapat membentuk karakter yang positif di kemudian hari, lho. Contoh bonding time yang dapat dilakukan Ayah adalah dengan bermain di rumah bersama si Kecil, mengganti popok, memijat lembut, hingga “menyusui” mereka. 


Dalam melakukan bonding time, Ayah pasti akan menyadari si Kecil tentunya memiliki berbagai macam peralatan, mulai dari botol hingga mainan dan pernak-pernik kecil lainnya. Kebersihan dari peralatan sang buah hati sangat penting untuk dijaga agar tidak menjadi sumber penyakit. Untuk membantu Bunda di rumah, Ayah juga perlu tahu, lho, bagaimana cara membersihkan dan merawat peralatan bayi agar terhindar dari kuman jahat.


Nah, bagaimana, sih, menjaga kebersihan peralatan bayi yang baik, benar dan mudah? Intip 5 tips membersihkan peralatan bayi berikut agar mudah dilakukan bagi para Ayah.


1. Cuci tangan sebelum mulai membersihkan

Tips membersihkan peralatan bayi yang pertama adalah dengan memastikan tangan kita sudah bersih terlebih dahulu. Apalagi di masa pandemi ini kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan dan rajin cuci tangan agar kuman dan virus tidak berpindah ke peralatan si Kecil. Cuci tangan dengan sabun selama 20 detik, kemudian alirkan dengan air mengalir.


2. Pastikan komponen peralatan dilepas dahulu

Untuk memastikan kebersihan peralatan bayi terjamin, lepas komponen yang ada pada peralatan tersebut. Misalnya, lepas tutup botol atau empeng. Kemudian pisahkan ke dalam baskom khusus mencuci peralatan bayi. Fungsi baskom terpisah yaitu agar lebih higienis dan tidak tercampur dengan barang lain. Setelah itu bilas dengan air bersih yang mengalir. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk Ayah memastikan satu persatu peralatan bersih dengan sempurna.


Jangan lupa juga ya, Ayah, untuk menghindari menaruh peralatan bayi di wastafel agar tidak terkontaminasi dengan bakteri lainnya. 


3. Gunakan sikat pembersih

Beragam pembersih peralatan bayi dijual di pasaran. Salah satu pembersih yang paling efektif membersihkan kotoran adalah sikat. Ayah dapat menggunakan sikat khusus pembersih untuk membersihkan peralatan si Kecil.


Penggunaan sikat dapat menjangkau semua bagian agar bersih merata. Untuk membersihkan botol bayi, awali dengan menyikat bibir botol dengan sikat agar sisa-sisa kotoran yang menempel bisa hilang. Setelah itu, sikat botol sampai ke dasar untuk memastikan tidak ada lagi lemak dan sisa makanan yang mengumpat di dalam botol.


Pastikan juga empeng dan tutup botol bersih dari sisa lemak yang menempel. Ayah bisa menggunakan pipe cleaner karena ukurannya lebih kecil dari sikat botol biasa.


4. Pilihlah sabun pembersih botol dan peralatan bayi yang aman

Tips membersihkan peralatan bayi selanjutnya adalah dengan memilih sabun pembersih yang aman dan tepat. Sabun pembersih yang aman untuk bayi adalah yang memiliki formula food grade.

Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser dapat Ayah dan Bunda pilih sebagai sabun pembersih yang tepat, karena kandungan di dalamnya sangat bagus dan tentunya dilengkapi dengan formula food grade.


5. Sterilisasi peralatan bayi

Setelah mencuci bersih peralatan bayi, selanjutnya Ayah bisa mensterilkan peralatan bayi. Ayah dapat menggunakan mesin pensteril atau bisa juga dengan cara manual. Botol dan peralatan bayi yang sudah dicuci kemudian dibilas dengan air panas.

Dengan proses sterilisasi ini, kuman yang masih menempel dapat terbunuh. Sehingga akan jauh lebih bersih dan aman untuk digunakan si Kecil.


Tentang Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser

Dalam memilih sabun pembersih untuk peralatan bayi, Ayah dan Bunda juga tidak boleh sembarangan. Seperti yang tertera dalam tips di atas, memilih sabun harus memperhatikan kandungan di dalamnya seperti adanya formula food grade. Apakah sabun pembersih yang Bunda gunakan sudah benar-benar 100% FOOD GRADE? Jika masih ragu, yuk beralih ke Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser yang sudah teruji 100% FOOD GRADE. 


Sabun pembersih dengan standar food grade memiliki banyak manfaat untuk menjamin kebersihan peralatan si Kecil. Tentunya dengan hadirnya formula ini, Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir lagi. Formula ini tidak menggunakan bahan yang dapat mengancam kesehatan. Pastinya akan lebih aman bagi si Kecil.


Selain memiliki formula food grade, Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser ini merupakan pembersih anti bakteri yang menggunakan bahan aktif alami di dalamnya. Tentunya produk pembersih ini sudah diuji klinis membasmi berbagai macam bakteri jahat.


Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser juga sudah teruji oleh ahli kulit dan merupakan produk yang diformulasikan hypoallergenic, sehingga dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit. Sabun pembersih ini juga memiliki tekstur yang lembut di tangan.


Sabun pembersih ini juga memiliki formula stain removal yang efektif membunuh kuman dan bakteri. Tidak hanya itu, formula ini dapat menghilangkan bau amis dan bau tak sedap yang ada pada peralatan si Kecil. Sisa-sisa makanan yang meninggalkan bau dapat dibasmi dengan menggunakan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser ini.


Salah satu kekhawatiran para Bunda dan Ayah adalah mengetahui bahwa cairan pembersih untuk Si Kecil memiliki paraben di dalamnya. Keuntungan memilih Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories cleanser ini yaitu tertera tulisan paraben free pada setiap kemasannya. Artinya produk ini bebas dari paraben yang berbahaya bagi si Kecil.


Cara dan waktu pemakaiannya sama seperti yang tertera di tips di atas yaitu tuangkan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser pada peralatan bayi, kemudian sikat bersih atau gunakan spons. Setelah itu bilas dengan air matang. Waktu pemakaiannya disesuaikan dengan Ayah dan Bunda. Setelah peralatan digunakan, akan lebih baik bila langsung dicuci agar tidak terkontaminasi bakteri lainnya.


Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser ini dijauhkan dari jangkauan si Kecil. Jika tertelan, segera konsumsi air yang banyak lalu konsultasi dengan dokter.


Itulah beberapa tips membersihkan peralatan bayi mudah yang dapat diikuti oleh para Ayah dan juga Bunda. Informasi ini diharapkan dapat dilakukan Ayah dalam membantu pekerjaan Bunda menjaga si Kecil di masa pandemi ini. Tentunya dengan hadirnya Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser dapat memudahkan Ayah dan Bunda dalam memastikan kebersihan peralatan si Kecil. Semoga bonding Ayah, Bunda, dan si Kecil yang #dirumahaja menjadi lebih hangat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser, Ayah dan Bunda bisa cek di sini!  

Leave a comment