1000 Hari Perlindungan

Image

Atasi Si Kecil Gumoh

Setelah minum susu, tiba-tiba susu keluar lagi dari mulut Si Kecil? Pasti banyak Bunda pernah mengalami ini. Tenang, ini adalah gumoh dan wajar saja terjadi. Gumoh memang mirip dengan muntah.

Perbedaannya, susu yang dikeluarkan saat gumoh hanya sekitar 10 ml saja, sedangkan muntah mengeluarkan lebih banyak susu. Istilah kedokteran untuk gumoh adalah gastroesophageal reflux, terjadi karena pergerakan otot di bagian atas perut yang belum sempurna. Gumoh sering terjadi pada bayi baru lahir dan berkurang setelah Si Kecil menginjak usia 1 tahun. Berikut ini cara mengatasinya.

1. Atur Posisi Menyusui

Sebaiknya, hindari posisi berbaring saat Si Kecil menyusui karena lebih berpotensi untuk gumoh. Posisikan tubuh Si Kecil dengan kepala yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya. Posisi seperti ini sebaiknya dilakukan setelah makan untuk mencegahnya muntah.

2. Menepuk Pundak Si Kecil saat Menyusui

Sendawakan Si Kecil sebelum dan sesudah minum susu dengan cara digendong tegak lurus dan disandarkan di bahu. Tepuk pundak Si Kecil dengan pelan sampai bersendawa ya, Bunda.

3. Menyusui Sedikit Demi Sedikit

Mengkonsumsi ASI terlalu banyak dapat memicu Si Kecil gumoh. Maka dari itu, sebaiknya Bunda menyusui sedikit demi sedikit namun intensitasnya lebih sering. Untuk Bunda yang memberikan susu dengan botol, lakukan cara yang sama. Kurangi takaran susunya tetapi berikan susu lebih sering.

4. Jangan Mengayunkan Si Kecil

Saat sedang menyusui, sebaiknya jangan membiasakan diri untuk menggoyang-goyangkan Si Kecil karena berpotensi membuatnya mual dan mulas. Diamkan Si Kecil dalam posisi tegak setelah minum ASI untuk mencegah terjadinya gumoh. 

Leave a comment