1000 Hari Perlindungan
Image

Atasi Hidung Bayi Mampet Dalam Sekejap, Lakukan Cara-Cara Ini

Hidung bayi mampet tentu amat mengganggu kenyamanan. Penyebabnya yang paling umum adalah pilek atau commoncold. Saat pilek menyerang di kecil, bagian hidung, pembuluh darah, dan jaringan hidung ada yang mengalami pembengkakan. Maka itulah kenapa hidung jadi tersumbat hingga kesulitan bernapas.


Bayi memang lebih mudah terkena pilek dan flu pada tahun pertamanya. Hal tersebut dikarenakan sistem daya tahan tubuh pada bayi belum terbentuk dengan baik, sehingga bayi mudah terkena infeksi virus yang menyerang tenggorokan dan hidung. Umumnya kondisi ini memang tidak mengkhawatirkan dan akan sembuh sendiri. Namun, si kecil pasti akan terus rewel dan nangis tanpa henti. Bahkan tak jarang membuatnya sulit tidur hingga kehilangan nafsu untuk menyusu. Kalau sudah begitu, hidung bayi mampet perlu disiasati sesegera mungkin.


Tanda hidung bayi mampet biasanya ditunjukkan dari mulut yang terus dibuka ketika diam. Sebagai orangtua, pasti tak tega melihat keadaan ini. Tapi, no worries! Ada banyak cara paling jitu dan aman yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi hidung bayi mampet dalam sekejap. Berikut di antaranya:

1. Gunakan obat saline

Tak perlu bingung saat menghadapi hidung bayi mampet. Langkah pertama yang bisa langsung Bunda lakukan yakni dengan memberikan saline. Saline adalah obat semprot yang aman digunakan untuk bayi, balita, dan anak-anak. Obat ini juga sering disebut nasal spray. Cara kerjanya mengencerkan produksi lendir yang menyumbat hidung. Untung menggunakan nasal spray ini, baringkan bayi dan dongakkan kepalanya. Teteskan obat sebanyak 2-3 kali ke masing-masing lubang hidung dan tunggu sampai 60 detik. Biasanya, setelah itu lendir akan meler keluar.


2. Sedot ingusnya dengan alat khusus

Cara mengatasi hidung bayi mampet yang selanjutnya, sedot ingus dengan alat khusus bernama bulb srynge. Namun untuk melakukan ini, pastikan sang buah hati sudah berusia lebih dari 6 bulan. Jadi, setelah menggunakan obat tetes agar lendir dalam hidung mengencer, Bunda  bisa menyedotnya dengan alat tersebut. Caranya pencet bagian yang menggembung pada alat. Kemudian, masukkan pipet ke dalam lubang hidung dan lepaskan bagian yang menggembung. Dengan begitu, ingus akan tersedot ke dalam alat dan membuat si kecil terbebas dari hidung yang mampet.


3. Jemur bayi

Menjemur bayi punya beragam manfaaat. Sinar matahari dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bayi kuat melawan virus termasuk flu. Kehangatannya juga ampuh melumerkan lendir saat hidung bayi mampet. Tidak perlu menjemurnya terlalu lama, cukup 10 menit setiap hari dan lakukan di saat sinar matahari tidak begitu terik. Waktu yang disarankan untuk menjemur bayi adalah setelah jam 10 pagi, dimana sinar UVB dengan kandungan vitamin D sedang banyak-banyaknya. Saat menyemurnya, hadapkan bagian dada dan wajah bayi ke sinar matahari, jangan lupa ya tutup matanya dengan penutup agar tidak silau. Kemudian, tepuk pelan bagian punggung bayi dengan lembut.


Baca Juga : Napas Bayi Bunyi: Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya


4. Mandikan bayi dengan air hangat

Walaupun hidung bayi mampet, jangan urung untuk tetap memandikannya demi kebersihan. Tenang, hal ini tidak akan memperparah keadaan, kok. Asalkan Bunda bisa mengatur suhu airnya. Jika biasanya Bunda memandikan si kecil dengan air bersuhu suam-suam kuku, Bunda bisa meningkatkan suhu air mandinya agar lebih hangat. Namun, hindari air yang terlalu panas karena bisa mengiritasi kulit si kecil. Saat mandi, tambahkan durasi berendam sekitar 3 menit untuk membantu mengencerkan lendir secara alami dari kehangatan air yang menguap. Dengan tetap memandikannya, mood bayi juga lebih terasa nyaman untuk dibawa tidur.


5. Oleskan balsam, minyak telon, atau inhalant decongestant oil 

Gunakan balsam khusus bayi atau minyak telon untuk meredakan hidung bayi mampet. Untuk minyak telon, pilih Sleek Baby Telon Oil dengan kandungan 2x minyak telon biasa yang lebih efektif melancarkan pernafasan, menghangatkan tubuhnya, dan juga bisa mencegah kembung di perutnya. Bunda bisa oleskan ke dada bayi untuk membantu lumerkan sumbatan lendir sehingga pernafasannya menjadi lancar. Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan inhalant decongestant oil. Bukan dioleskan, tapi cukup teteskan di bajunya agar bayi dapat menghirup kehangatan cairan tersebut sampai hidung terasa lebih plong. Bunda bisa juga meneteskannya di alat humidifier agar uapnya meletup keluar dan dihirup si kecil.


6. Ubah posisi berbaring

Selama hidung bayi mampet, hindari membaringkannya lurus begitu saja karena akan menyulitkan si kecil bernapas. Maka dari itu, ubah posisinya ketika berbaring baik itu untuk tidur ataupun menyusu. Buat ia lebih nyaman dengan cara meninggikan posisi kepalanya. Posisi kepala yang lebih tinggi, otomatis membuat bayi lebih mudah menghirup udara. Selain itu, cara ini juga membuat lendir tidak menggumpal di dalam hidung dan perlahan meler keluar. Ketika menyusui, naikkan sedikit lenganmu yang digunakan untuk menyanggah kepalanya agar bayi dapat bernapas lega. 


7. Cukupi kebutuhan cairannya

Ketika pilek melanda, Bunda pasti rasanya ingin banyak minum air putih. Memang begitulah manusia seyogyanya, sebagai cara mengobati diri untuk membuang kotoran dan virus dalam tubuh. Bayi juga membutuhkan hal yang sama, sangat membutuhkan cairan. Maka itu, berikanlah si kecil ASI atau susu formula secara teratur setiap harinya, jangan sampai kekurangan. Usahakan memberikan asupan susu tersebut saat lagi hangat-hangatnya. Selanjutnya jika bayi sudah bisa diberikan MPASI, buatkanlah sup hangat untuk membantu legakan hidungnya yang tersumbat.


Baca Juga : Menilik Manfaat Sleek Baby Telon Oil


Pijatan Untuk Menyembuhkan Hidung Bayi Mampet

Selain enak solusi di atas, ada cara lain untuk mengatasi hidung bayi mampet yang juga ampuh, yaitu dengan memijatnya. Nama teknik pijatan ini adalah pediatric massage. Selain meredakan keluhan tersebut, pediatric massage juga bisa mengurangi keluhan-keluhan seperti pusing dan demam akibat gejala flu. 


Ketika memijat, Bunda bisa menggunakan Sleek Baby Telon Oil yang dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung tersumbat sehingga membuat pernafasannya menjadi lancar, selain itu dengan kandungan minyak anisi nya yang 2x lebih banyak jadi efektif untuk mencegah kembung juga!


Berikut langkah-langkah melakukan pediatric massage sebagai upaya menyembuhkan hidung bayi mampet:

- Pijat searah jarum jam

Pijat dada bayi secara perlahan dengan gerakan searah jarum jam. Pijat selama 5 hingga 10 kali.


- Open book

Memijat bayi dengan gerakan seperti membuka buku alias open book menjadai tahapan yang juga harus dilalui. Caranya, usap dada ke arah luar hingga pundak. Fungsinya untuk melancarkan getah bening.


- Ketuk ringan

Selanjutnya, lakukan Gerakan ketuk ringan. Arahkan dua jarimu ke dada bayi, lalu ketuk ringan sebanyak 5 sampai 10 kali.


- Kompres

Kompres dada bayi dengan kompres gel atau bisa juga dengan handuk yang direndam air hangat. Setelah beberapa detik, angkat handuk dan rendam lagi. Lakukan sebanyak lima kali.


- Tepuk punggung

Langkah terakhir, tepuk punggung bayi secara perlahan dari bawah ke atas. Lakukan ini sebisa mungkin jangan menyilang atau menurun.


Menghadapi hidung bayi mampet haruslah sabar. Selagi masih ada cara-cara untuk mengatasinya, Bunda tak perlu cemas berlebihan atau terburu-buru ke dokter. Orang dewasa saja sangat merasa tersiksa ketika hidungnya tersumbat. Apalagi jika seorang bayi yang mengalaminya. Dengan begitu, wajar bila rewel dan terus menangis karena tidak nyaman. 

Leave a comment