1000 Hari Perlindungan

Image

Atasi Gangguan Kulit yang Membuat Balita Tak Nyaman

Faktor imunitas yang masih rendah dan kurang menjaga kebersihan, bisa menyebabkan Si Kecil mengalami beberapa masalah kulit berikut: 

 

Gangguan kulit akibat jamur

Di antaranya panu, kadas, dan kurap. Jamur, penyebab penyakit kulit ini dapat tumbuh pada kulit mati, rambut, serta jaringan tisu pada kuku. Biasanya Si Kecil akan merasa gatal dan perih pada permukaan kulitnya. Selain disebabkan karena kurang menjaga kebersihan, gangguan kulit akibat jamur juga dapat ditularkan melalui kontak dengan penderita lain, binatang yang terinfeksi, atau bisa juga terinfeksi dari benda-benda yang dipakai bersama seperti handuk, mainan, atau peralatan olah raga.

Atasi dengan: krim anti jamur yang sebaiknya dikonsultasikan lebih dahulu dengan dokter.

 

Biang Keringat

Rasanya, hampir semua anak balita pernah terserang penyakit kulit yang satu ini, ya, Bun. Gejalanya biasanya berawal dari bintik kecil yang memerah dan kemudian menjadi bintik berisi air yang sangat gatal. Biang keringat biasanya sering ditemui pada bagian leher, kepala atau punggung Si Kecil. Penyebabnya adalah karena tersumbatnya saluran keringat oleh sel kulit mati, dan sering terjadi di daerah berhawa panas atau ketika musim panas.

Atasi dengan: Jika Si Kecil tinggal di daerah beriklim panas, biasakan memakaikannya pakaian yang tipis dan menyerap keringat. Jika biang keringat sudah sangat mengganggu, Bunda bisa menggunakan lotion calamine atau krim hidrokortison yang dijual di apotek.

 

Eksim

Si Kecil dengan kecenderungan alergi atau asma sangat mudah terserang eksim. Gejala yang muncul biasanya berupa ruam yang disertai kulit bersisik, yang kadang disertai gatal. Eksim biasanya muncul di area sekitar kaki, lengan, dan wajah.

Atasi dengan: Meski penyakit kulit ini akan menghilang sendirinya seiring pertumbuhan Si Kecil, Bunda bisa memberinya obat atau lotion pereda gatal. Konsultasikan dulu dengan dokter, ya, Bun!

 

Biduran

Kondisi ini sebenarnya merupakan reaksi alergi terhadap suhu ekstrim, obat, makanan pemicu alergi seperti telur, kacang, tiram, udang, dan beberapa zat aditif lainnya. Kulit Si Kecil akan tampak bentol, kemerahan, panas, dan terasa gatal di sekujur tubuh. Biduran dapat muncul di bagian tubuh mana saja dalam jangka waktu beberapa menit hingga beberapa hari.

Atasi dengan: Kondisi ini bisa diobati dengan antihistamin. Tapi hati-hati jika bersamaan dengan ini, Si Kecil juga mengalami sesak napas dan wajahnya membengkak. Jangan tunda untuk membawanya ke dokter, karena bisa jadi ini pertanda serius.

Leave a comment