1000 Hari Perlindungan
Image

Apa Saja Perlengkapan Penting untuk Membersihkan Aksesoris Bayi?

Sering berada di rumah karena #dirumahaja, otomatis Bunda menghabiskan waktu bersama si Kecil. Bermain dan belajar bersama rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Karena tidak bisa keluar rumah, maka segala macam aksesoris dan mainan bayi digunakan sebagai media hiburan dan pelajaran si Kecil. Namun tahukah Bunda bahwa aksesoris bayi bisa menjadi salah satu tempat munculnya kuman dan bakteri? Tanpa Bunda sadari, kuman dan bakteri bisa bersarang pada aksesoris yang biasa digunakan oleh si Kecil di rumah. 


Apa saja aksesoris bayi yang bisa menjadi sarang kuman? Simak ulasannya di bawah berikut:


Playmat

Salah satu aksesoris bayi yang paling sering digunakan adalah playmat atau alas bermain. Walaupun si Kecil menghabiskan waktunya sebagian besar di tempat tidur, tetapi playmat adalah tempat ia melakukan aktivitas. Mulai dari makan, bermain, belajar, bahkan tidur bisa dilakukan di atas playmat. Maka tak heran jika banyak kotoran menumpuk pada playmat, seperti debu dan remah-remah makanan. Jika tidak dibersihkan setiap hari, otomatis kuman dan bakteri bisa tumbuh berkembang di playmat tersebut. Tentu berbahaya bagi kesehatan si Kecil. Jadi pastikan Bunda membersihkan playmat setiap hari atau minimal dua kali sehari. Jika ada makanan si Kecil yang jatuh di atas playmat, segera bersihkan sebelum ada serangga seperti lalat atau semut yang datang.


Botol susu

Meskipun botol susu adalah salah satu penyalur makanan untuk si Kecil, tapi ternyata kuman dan bakteri bisa tumbuh berkembang di sana. Bagaimana caranya? Jika Bunda mencuci botol susu kurang bersih, sisa susu yang tertinggal akan berpotensi menjadi tempat tumbuhnya bakteri sumber penyakit. Bagian yang biasanya terdapat noda susu adalah bagian dalam botol, leher botol, dan ujung dot. Jika tidak diperhatikan dengan seksama ketika mencuci, maka noda susu akan menjadi kerak yang menempel pada botol. Tentunya menjadi sarang kuman dan bakteri.


Teether

Teether adalah benda yang biasa digunakan si Kecil untuk merangsang pertumbuhan giginya. Dilansir dari The Spruce, bayi merasa senang jika bisa mengunyah mainan seperti teether ketika gusinya gatal saat gigi baru akan tumbuh. Biasanya teether hadir dalam beberapa jenis bahan, seperti silicon, karet, plastik, bahkan kayu. Teksturnya pun berbeda, selain untuk menarik minat si Kecil, juga dapat merangsang calon giginya. Karena teether adalah aksesoris bayi yang pasti akan masuk mulut si Kecil, maka jika tidak rajin dibersihkan akan menempel debu, kuman, dan bakteri. 


Ketika si Kecil selesai menggigit, teether biasanya akan ditaruh saja di atas playmat dalam keadaan basah terkena air liurnya. Jika playmat dalam keadaan berdebu, maka debunya tentu akan menempel pada teether. Jadi saat si Kecil ingin mengigit teethernya kembali, maka otomatis debu akan berpindah ke mulutnya. Penting bagi Bunda untuk menjaga kebersihan teether agar si Kecil aman.


High chair

High chair atau kursi bayi akan memudahkan Bunda dan si Kecil ketika waktu makan. Jika si Kecil masih dalam tahap MPASI, tentu belum bisa makan dengan rapi dan tenang, sehingga makanan tersebar pada high chair. Biasanya jika makanan yang menempel di atas meja high chair, si Kecil langsung akan memasukkannya ke dalam mulut. Jika high chair tidak dibersihkan dengan benar, maka makanan yang ia makan bisa jadi sudah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman yang tertinggal di high chair. Akibatnya si Kecil bisa berisiko mengalami diare, karena sisa makanan yang tertinggal sudah menjadi tempat tumbuhnya bakteri penyakit. Maka sebelum dan sesudah makan, bersihkan high chair dengan benar agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal.


Mainan

Berapa banyak mainan yang si Kecil miliki? Berapa kali pula Bunda membersihkan mainan tersebut? Jika Bunda jarang membersihkan mainan, tentu kuman akan dengan senang hati bersarang di sana. Mainan bayi seperti boneka, mobil-mobilan, Lego, dan lainnya wajib dibersihkan secara berkala. Karena mainan tersebut sudah sering dipegang, dimasukkan ke mulut, ditaruh di lantai, bahkan terinjak orang dewasa. Jadi untuk lebih amannya, bersihkan mainan dengan cara dicuci dengan baik dan benar.


Beberapa aksesoris si Kecil di atas bisa menjadi sarang kuman jika tidak dibersihkan. Namun Bunda jangan khawatir, karena kami memiliki sederet perlengkapan penting membersihkan aksesoris bayi. Apa saja? 


Tisu basah

Tisu basah adalah perlengkapan wajib yang dimiliki oleh para orangtua. Karena tisu basah praktis dan bisa menolong ketika sedang bepergian. Pilihlah tisu bayi dengan bahan pelembab yang aman untuk kulit bayi. Pelembab ini bisa membuat tisu basah lebih lembut sehingga Bunda tidak perlu menggosok kulit si Kecil terlalu kuat ketika membersihkan atau mengganti popok. Selain untuk membersihkan bagian tubuh bayi saat bepergian, tisu basah juga dapat digunakan sebagai lap benda-benda sebelum atau sesudah digunakan si Kecil. Misalnya untuk mengelap high chair sebelum dan sesudah makan, untuk mengambil remah-remah sisa makanannya.


Sikat botol

Agar botol susu si Kecil bersih hingga ke bagian dasar, maka sikat botol sangatlah diperlukan. Pilih sikat botol yang tekstur bulu sikatnya lembut, jadi tidak akan meninggalkan goresan atau lecet pada botol. Untuk Bunda yang ada rencana bepergian, kini hadir beberapa sikat botol yang bisa dilipat agar memudahkan ketika membawa dan menyimpannya.


Sterilizer

Alat ini berfungsi untuk mensterilisasi botol susu dan perlengkapan makan bayi dari kuman & bakteri yang menempel. Beberapa merk sterilizer juga bisa menghangatkan ASI perah sekaligus merebut dan mengukus makanan bayi. Ada beberapa jenis sterilizer yang beredar di pasaran. Ada sterilizer dengan uap listrik yang bisa mencapai suhu lebih tinggi dibandingkan dengan air mendidih. Lalu ada juga sterilizer dengan tablet khusus. Tablet ini cukup efektif untuk menghilangkan jamur dan bakteri pada botol atau perlengkapan makan. Sterilizer yang terakhir adalah menggunakan sinar UV. Harganya cukup mahal namun paling efektif karena bisa menghilangkan 99% jamur dan bakteri.


Sabun pembersih khusus bayi

Salah satu perlengkapan penting membersihkan aksesoris bayi adalah sabun pembersih yang diformulasikan khusus untuk bayi. Sabun pembersih ini berbeda dari sabun cuci piring. Sabun pembersih khusus bayi memiliki formula 100% food grade dan tanpa pewangi, jadi aman untuk bayi. Selain itu sabun pembersih khusus bayi juga bebas paraben, yaitu bahan kimia berbahaya bagi bayi jika terkena atau terhirup. Sebelum Bunda membeli, pastikan cek komposisi pada kemasan dan perhatikan apakah sabun pembersih khusus bayi yang Bunda pilih sudah 100% food grade, tanpa pewangi, dan bebas paraben atau belum


Sabun pembersih khusus bayi yang mengandung ketiga bahan tersebut ada di Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser. Tak hanya 100% food grade, tanpa pewangi, dan bebas paraben, produk ini juga dilengkapi formula Natural Antibacterial dan Stain Removal yang mampu menghilangkan kuman serta noda susu pada botol susu bayi. Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser sudah teruji klinis, jadi aman dan tidak akan menimbulkan iritasi pada bayi. Tertarik menggunakan Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser? Untuk info lebih lanjutnya, silakan klik tautan berikut.

Leave a comment