1000 Hari Perlindungan
Image

Anak Susah Mandi, Lakukan 5 Trik Ini Untuk Mengatasinya

Bunda, menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari adalah hal yang sangat penting dilakukan, khususnya bagi anak kecil. Terlebih jika si Kecil sudah banyak melakukan aktivitas. Saat bermain, anak-anak mungkin saja memegang tanah, mainan yang kotor, serta mengeluarkan banyak keringat. Nah, itulah mengapa mereka perlu rutin bebersih dengan perlengkapan mandi anak, agar badannya tetap bersih dan sehat. 


Mandi juga banyak manfaat bagi anak. Selain membuat tubuh si Kecil bebas dari kotoran dan kuman, mandi apalagi menggunakan air hangat akan membuat bayi merasa lebih segar, tenang, dan otot-ototnya pun ikut rileks.


Alasan Anak Susah Mandi

Tapi, ada masanya anak sulit untuk diajak mandi pada umur tertentu. Beberapa diantara mereka bahkan tetap bertahan dengan kondisi badan yang lengket dan baju penuh noda. Ketika diajak mandi, tak jarang si Kecil menolak atau sampai kabur-kaburan.


Alasan menolak mandi ini cukup beragam. Jika air terlalu dingin atau panas bagi si Kecil, maka jelas ia akan menolak. Bisa pula karena trauma saat dimandikan, misalnya terpeleset atau diguyur paksa. Hewan-hewan kecil seperti cacing, kecoa, kaki seribu yang kerap muncul di kamar mandi pun dapat memicu ketakutan anak untuk mandi. Kira-kira, mana alasan si Kecil enggan dimandikan?


Baca Juga : Penyebab Perut Bayi Kembung dan Berbunyi


5 Trik Membujuk Si Kecil Agar Mau Mandi Lagi

Anak susah mandi? Jangan putus asa dulu ya, Bunda. Masih banyak cara untuk mengatasi masalah ini, sampai anak mau diajak mandi lagi. Pasti berhasil jika sabar dan pintar-pintar menyiasatinya. Berikut 5 trik yang dimaksud:


1. Berikan Mainan

Bermain adalah kegiatan terfavorit setiap anak. Kapanpun diajak bermain, pasti mereka tak akan menolak.  Nah, agar si Kecil tertarik untuk mandi, Bunda dapat membawakan beberapa mainan ke dalam bak mandinya. Misalnya bebek-bebekan, water beads yang colorful, atau kapal-kapalan. Bunda juga bisa membeli bubble crab, alat penghasil bubble dari sabun yang menarik perhatian. Dengan cara ini, anak pasti akan lebih semangat mandi karena bisa sambil bermain.


2. Gunakan Air Hangat

Trik mengajak anak mandi selanjutnya, gunakan air hangat. Sebelum itu, Bunda perlu memperhatikan penyebab utama mengapa si Kecil sangat enggan untuk mandi. Bisa jadi karena airnya terlalu dingin baginya yang baru saja bangun tidur. Kalau benar demikian, Bunda bisa menghangatkan air agar anak bisa mandi dengan nyaman. Tapi ingat, hindari menggunakan air yang terlalu panas untuk memandikan Si Kecil agar kulitnya tidak melepuh.


3. Ajak Anak Bermain

Kalau si Kecil tetap susah diajak mandi, trik lain yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengajaknya bermain sama-sama. Semisal, waktu Bunda sedang mencuci mainannya, mintalah anak untuk ikut membantu sembari bermain gelembung dari sabun. Setelah si Kecil terlanjur basah, Bunda tinggal melepaskan saja bajunya dan memandikannya.


4. Bebaskan Anak Memilih Jam Mandi

Biasanya para Bunda mengajak anak mandi pada pagi dan sore hari. Tapi, bila anak susah bangun pagi, sehingga akhirnya menjadi enggan untuk mandi, ijinkan saja ia memilih waktu mandi sesuai keinginannya. Memiliki rutinitas mandi yang baik memang penting, tapi jika hari itu si Kecil hanya akan menghabiskan waktu seharian di rumah, nggak ada salahnya jika Bunda membiarkannya untuk mandi sedikit lebih siang atau lebih malam.


Baca Juga : Atasi Hidung Bayi Mampet Dalam Sekejap, Lakukan Cara-Cara Ini


5. Mandi sambil berenang

Cara terakhir yang bisa Bunda lakukan untuk membujuknya adalah coba mandi sambil berenang. Untuk kolamnya, gunakan yang terbuat dari plastik dan bisa dipompa. Tambahkan beberapa mainan seperti bola-bola agar semakin seru. Anak-anak dijamin senang! Saat ia menikmati momen ini, di sini kesempatan Bunda untuk sembari memandikannya sampai bersih.

 

7 Perlengkapan Mandi Anak-Anak yang Wajib Dimiliki

Perlengkapan mandi anak-anak Bunda sudah lengkapkah? Jangan salah, hal ini amat mendukung minta si Kecil untuk mandi juga, lho. Selain itu, beberapa fungsinya juga berguna sekali untuk kebersihan tubuh sang buah hati. Yuk, miliki perlengkapan mandi anak-anak berikut ini:


- Bak mandi

Fungsi bak mandi tentu saja untuk memudahkan Bunda dalam memandikan si Kecil. Ada banyak ragam bak mandi, mulai dari yang terbuat dari plastik hingga foldable alias bisa dilipat. Perlengkapan mandi anak-anak ini juga dijamin akan terpakai lama, sejak anak baru lahir hingga berusia tiga tahun. Saat memilih bak mandi bayi, pastikan bak mandi mudah dibersihkan dan terbuat dari bahan yang tidak mudah berjamur.


- Sabun dan Sampo

Perlengkapan mandi anak-anak yang wajib dimiliki selanjutnya adalah sabun dan sampo. Kulit si Kecil yang lebih tipis dan sensitif, membuat mereka membutuhkan produk khusus bayi atau toddler. Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash direkomendasikan karena mengandung anti bacterial, paraben free, pH seimbang, dan tidak pedih di mata.


- Sikat gigi

Sedari anak sudah tumbuh gigi meskipun hanya satu atau dua, sebaiknya biasakan ia dengan kegiatan menggosok gigi. Bunda dapat melatihnya saat mandi dan sebelum tidur demi menghindari karies hingga karang gigi yang akan mengganggu kesehatannya. Agar si Kecil tertarik untuk menggosok gigi, Bunda disarankan memberi sikat gigi dengan bentuk atau gambar yang lucu. 


- Pasta gigi anak-anak

Masih seputar perawatan oralnya, pasta gigi tentu juga wajib dimiliki si Kecil. Dalam memilih pasta gigi untuk sang buah hati, pastikan produk tersebut bebas SLS dan paraben ya, Bun. Biasanya pasta gigi khusus anak ini aman jika tertelan, karena tentu di umur 1-2 tahun kebanyakan dari si Kecil belum mahir kumur-kumur dan membuang sisa pasta gigi dari mulut.


Baca Juga : Tips Mengatasi Kebiasaan Menggunakan Botol Susu Untuk Si Kecil


- Handuk

Handuk untuk bayi sebaiknya terbuat dari bahan yang lembut sehingga tidak menggores kulitnya dan menyebabkan iritasi. Sebelum dipakai untuk pertama kalinya, jangan lupa mencuci handuk tersebut lebih dahulu ya, Bun. Di samping itu, baiknya miliki perlengkapan mandi anak-anak ini lebih dari satu, karena handuk perlu segera dicuci maksimal setelah pemakaian seminggu.


- Bedak

Pemakaian bedak sangat membantu untuk menjaga agar si Kecil bayi tetap kering sehingga tidak mengalami masalah biang keringat. Ada banyak jenis bedak yang kini dijual di pasaran, mulai dari tabur, compact, hingga cair. Sebagai catatan, pakai bedak saat kulit bayi dalam keadaan kering agar tidak menyumbat pori-porinya.


- Minyak telon

Terakhir setelah mandi, balur minyak telon ke beberapa bagian tubuh si Kecil seperti perut, dada, punggung, dan telapak kaki agar ia merasa hangat. Pilih Sleek Baby Telon Oil dengan kandungan 2x minyak telon biasa dan minyak anisi yang ampuh mencegah perut kembung dan melancarkan pernafasannya. Aroma minyak telon ini juga menenangkan, sehingga anak pun semakin rileks setelah mandi.


Tips Memilih Perlengkapan Mandi Anak-Anak

Dalam memilih perlengkapan mandi anak-anak, hal pertama yang perlu menjadi prioritas adalah pilih yang memang dirancang khusus untuk si Kecil. Semisal kalau bak mandi, sebaiknya BPA free dimana berarti material plastik tersebut itu aman digunakan. Sementara untuk personal care, perhatikan baik-baik komposisinya. Pastikan mulai dari sabun, pasta gigi, sampo. bedak, minyak telon tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben.


Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash bisa menjadi pilihan terbaik. Perlengkapan mandi anak-anak ini memiliki dua varian tekstur, yakni liquid dan foam. Dua pilihan ini tentunya lebih memudahkan para ibu untuk menentukan mana sabun mandi yang paling sesuai dengan jenis kulit anak. Tentunya Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash sudah teruji secara klinis, sehingga aman digunakan oleh si Kecil dari bayi hingga balita.


Begitulah trik mengatasi anak susah mandi. Jangan menyerah ya, Bun! Serba-serbi perlengkapan mandi anak-anak juga bisa dicontek untuk mendukung kegiatan tersebut, agar semakin menarik bagi sang buah hati.

Leave a comment