1000 Hari Perlindungan
Image

Anak Dua Tahun Kembung dan Mencret? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Balita umumnya sudah bisa melakukan banyak kepintaran. Namun, kendala yang mengganggu kesehatan si kecil justru ada saja. Misalnya anak dua tahun kembung dan mencret. Bunda pernah menghadapinya? Kondisi ini tentu sangat membuat buah hati merasa tak nyaman, hingga lebih rewel dari biasanya.

Kembung merupakan reaksi dari banyaknya gas di dalam usus. Hal ini sebenarnya wajar terjadi pada anak maupun orang dewasa. Sebab, rata-rata manusia akan melepas gas 2 liter per hari dan bisa meningkat hingga 8 liter lho. Pada kebanyakan kasus, ini bukan hal yang mengkhawatirkan, kecuali si kecil mengalami rasa tidak nyaman dan mengeluh sakit hingga mencret.

Meskipun demikian, Bunda tetap harus mengetahui tanda, penyebab, dan cara mengatasi anak dua tahun kembung dan mencret agar bisa sehat dan aktif kembali.

Tanda Anak Dua Tahun Kembung dan Mencret

Biasanya anak yang kembung merasakan beberapa tanda seperti rasa terbakar di perut hingga sedikit mual. Jika sulit melihat gejala tersebut karena umumnya anak dua tahun belum terlalu lancar berkomunikasi, Bunda dapat mengeceknya sendiri dengan melihat ciri-ciri anak dua tahun kembung dan mencret pada tubuh si kecil berikut ini:

- Perut anak terasa keras saat ditepuk-tepuk

- Buang gas dan bersendawa terus menerus

- Lebih sering BAB daripada biasanya

- Fesesnya encer

Penyebab Anak Dua Tahun Kembung dan Mencret

Jika perut si kecil kembung, pemicunya tak lain disebabkan oleh makanan/minuman tertentu. Coba Bunda ingat-ingat kembali, apakah sempat memberi makan mengandung gas seperti kol atau minuman bersoda? Terkadang bisa juga karena kebiasaan makan yang salah. Agar menjawab pertanyaan ini, berikut penjelasan lebih mengenai penyebab anak dua tahun kembung dan mencret.

1.       Tidak bisa diam saat makan

Membiarkan anak berkeliaran di rumah atau menonton televisi selama makan, ternyata hal ini dapat memicu perut kembung loh, Bun. Niatnya mungkin agar si kecil lebih anteng, namun ketika anak berkeliaran dan bermain saat makan, udara bisa masuk ke saluran usus. Anak akan makan dan mengunyah dengan cepat agar kegiatan mainnya tidak terganggu. Ini juga meningkatkan konsumsi udara dan tidak baik untuk pencernaan. Bila anak menonton TV sambil makan, ia mengabaikan signal tubuh ketika merasa kenyang. Mintalah anak untuk duduk diam di meja makan saat makan, mengunyah makanan dengan baik, dan perlahan saat makan.

 

2.       Terlalu banyak menangis

Anak yang terlalu banyak menangis ternyata juga bisa menyebabkan kembung. Terlebih anak dua tahun umumnya sedang memasuki masa tantrum alias rewel berkepanjangan. Sekilas mungkin ‘tak ada hubungannya’. Tapi jika dipikir-pikir lagi, ketika si kecil menangis sampai membuka mulutnya, otomatis ia akan menelan banyak udara secara tidak langsung. Pada akhirnya, perut anak pun menghasilkan banyak gas dan berakhir kembung.

 

3.       Minum soda

Anak dua tahun biasanya sudah banyak makan dan minum apapun, termasuk soda. Minuman karbonasi seperti soda mengandung asam posporik yang bisa menyebabkan gas berlebih dan masalah pencernaan. Soda juga cenderung membuat anak merasa kenyang, jadi mereka tidak minum susu dan air yang cukup atau mendapat semua nutrisi yang dibutuhkan sepanjang hari. Coba batasi soda dari makanan anak atau setidaknya batasi pada situasi tertentu.

 

4.       Protein tertentu pada ASI atau susu formula

Jika perut anak sakit dan bergas setelah minum ASI, kemungkinan besar mengalami intoleransi protein dari makanan ibu. Membatasi makanan yang jadi penyebabnya seperti produk dairy bisa meringankan keluhan ini. Sementara jika anak sudah minum susu formula dan terlihat sakit karena gas, mungkin ia mengalami intoleransi laktosa pada susu sapi. Biasanya kalau begitu, dokter akan menyarankan pilihan susu hipoalergenik atau berbahan soya.

 

5.       Sistem pencernaan yang belum sempurna

Penyebab anak dua tahun kembung dan mencret yang kedua, bisa jadi karena sistem pencernaannya belum sempurna. Dengan begitu, anak kurang mampu mengolah makanan, gas, dan feses seoptimal orang dewasa. Sehingga gas pun berkumpul di dalam perut hingga menyebabkan kembung. Di samping itu, bakteri baik di dalam usus (mikroflora) juga masih sedikit di dalam sistem pencernaan si kecil. Adapun fungsi dari mikroflora usus ini salah satunya adalah diantaranya membantu pencernaan dan menetralisir racun.

 

Cara Ampuh Mengatasi Anak Dua Tahun Kembung dan Mencret

Setiap keluhan, tentu selalu ada jalan keluar. Anak dua tahun kembung dan mencret bisa diatasi tanpa ke dokter selagi kondisinya masih memungkinkan. Dalam artian tidak sampai rewel berkepanjangan dan tak nafsu makan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi anak dua tahun kembung dan mencret? Bunda dapat mencoba langkah-langkah ampuh berikut ini:

- Pijat perut si kecil dengan teknik gerakan ILU searah jarum jam menggunakan Sleek Baby Telon Oil.

- Gerakkan kaki kanan dan kirinya bergantian seperti sedang mengayuh sepeda. 

- Tiap kali selesai minum susu atau makan, bantu ia untuk bersendawa.

- Pastikan posisi saat minum susu benar sehingga tidak menyebabkan perut kembung.

- Kompres perut si kecil dengan handuk dan air hangat.

- Cegah dehidrasi saat mencret dengan cara memberikan asupan cairan elektrolit (oralit), terutama usai mencret atau muntah.

- Hindari makan makanan padat jika si kecil muntah berkali-kali.

Jika anak mengalami gejala yang lebih buruk, hentikan cara mengatasi anak dua tahun kembung dan mencret di atas. Segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut agar si kecil lekas membaik. Berikut diantaranya:

- Penurunan berat badan

- Feses berdarah atau berwarna hitam

- Sulit menelan

- Nyeri perut yang membuat anak terbangun dari tidur di malam hari

- Sakit ketika buang air kecil

- Sakit perut lebih dari 24 jam

- Muntah terus-menerus selama 4 hingga 6 jam atau lebih

- Cairan muntah berwarna hijau gelap.

Sleek Baby Telon Oil Redakan Anak Dua Tahun Kembung dan Mencret

Minyak telon dapat menjadi solusi untuk membantu meredakan anak dua tahun kembung dan mencret. Sleek Baby Telon Oil misalnya, dengan kandungan 2x minyak telon biasa, produk ini cukup ampuh mengurangi kembung disertai rasa sakit pada perut si kecil. Di samping itu, minyak anisinya yang lebih banyak juga bisa menghangatkan dan melancarkan pernafasannya sehingga anak merasa lebih nyaman.

Ambil beberapa tetes Sleek Baby Telon Oil, usapkan pada bagian perut si kecil secara perlahan ke arah bawah dengan gerakan yang melingkar. Tekanan lembut pada perutnya ini akan membantu usus besar si kecil bergerak, hingga gas pun dapat keluar lewat belakang.

Seperti itulah penjelasan mengenai tanda, penyebab, serta cara mengatasi anak dua tahun kembung dan mencret. Jadi ibu itu memang penuh tantangan ya, Bun! Nah, agar perjalanan setiap fase si kecil terasa lebih dimudahkan, gunakan selalu Sleek Baby Telon Oil sebagai rangkaian perawatan sang buah hati yang aman dan baik untuk kesehatannya.

Leave a comment