1000 Hari Perlindungan

Image

Agar Si Kecil Aktif dan Sehat, Ini Caranya!

Bunda, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat Si Kecil aktif dan cerdas. Misalnya dengan mulai mengajak Si Kecil lebih banyak memiliki aktivitas di luar ruangan karena itu lebih menyehatkan dibanding bermain gadget sepanjang hari. Lantas, apa lagi yang bisa Bunda lakukan?

1. Stop Memberi Hadiah dengan Makanan Manis

Kalau Bunda memiliki kebiasaan suka memberikan hadiah kepada Si Kecil berupa makanan manis seperti cokelat, es krim atau cup cake, usahakan untuk menguranginya. Makanan manis dapat menjadi penyebab Si Kecil tidak aktif karena kandungan gula dan lemak yang berlebihan. Penting untuk Bunda untuk memperhatikan asupan makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah. Buatlah kreasi camilan dari buah yang memiliki rasa manis alami.

2. Jadwal Menonton Televisi dan Main Gadget.

Perlu untuk Bunda membuat kesepakatan dengan Si Kecil tentang waktu untuk menonton televisi atau bemain gadget. Ajak Si Kecil untuk menyusun jadwal bersama dan mintalah agar bisa mematuhi aturan tersebut. Jadwal yang dibuat akan membantunya memiliki rasa disiplin dan tetap memiliki waktu bemain atau berkegitan di luar rumah.

3. Bermain Bersama

Untuk bisa membuat Si Kecil aktif dan sehat tentu Bunda harus menjadi contoh bagi pertama. Bunda bisa memulai dengan cara ikut bermain bersama Si Kecil di luar ruangan. Selain membuat Si Kecil lebih aktif dan sehat, bermain bersama juga membentuk bonding yang kuat.

4. Ajak Berkebun

Aktivitas menyiram tanaman atau berkebun bisa menjadi cara agar Si Kecil tetap aktif dan sehat. Misal, ajak Si Kecil menanam tomat di halaman rumah dan biarkan mereka bisa menikmati hasil kebun sendiri. Dengan begini, Bunda sudah mengenalkan makanan sehat yang bisa Si Kecil produksi sendiri. Tentu menyenangkan, bukan?

5. Si Kecil dalam Tugas Rumah Tangga

Melibatkan Si Kecil dalam tugas rumah tangga yang ringan seperti membereskan mainan, bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk mereka yang dapat membuat Si Kecil tetap aktif dan peduli akan kebersihan. Kalau sejak dini sudah menjaga kebersihan, tentunya Si Kecil lebih sehat, Bunda.

Leave a comment