1000 Hari Perlindungan
Image

7 Tips Menjaga Kesehatan Balita saat Musim Pancaroba

Semua orang tua pasti ingin buah hatinya senantiasa sehat agar tumbuh kembangnya maksimal. Namun, tak dapat dipungkiri kalau ada saat tertentu yang membuat orang tua jadi lengah. Salah satunya adalah musim pancaroba yang membuat balita rentan sakit.

Perubahan suhu musim pancaroba menyebabkan kelembapan udara menjadi tinggi. Kondisi kelembapan udara tersebut menciptakan habitat hidup bagi mikroorganisme (bakteri, jamur, dan virus) penyebab penyakit. Itulah sebabnya si Kecil jadi lebih gampang sakit saat musim pancaroba. Jangan khawatir dulu dengan perubahan musim tersebut ya, Bun. Karena Bunda bisa menjaga kesehatan balita secara maksimal di musim pancaroba dengan mengikuti beberapa tips ampuh berikut ini:

Menyiapkan Makanan Bergizi untuk Si Kecil

Asupan makanan dengan gizi seimbang adalah salah satu kunci utama mempertahankan daya tahan tubuh si Kecil. Jadi, jangan malas menyiapkan makanan bergizi untuk buah hati ya, Bun. Bunda bisa mengombinasikan aneka bahan berkualitas untuk menghasilkan makanan yang lezat dan bergizi. Usahakan untuk mengajak si Kecil menyantap buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan aneka sumber protein secara teratur. Kalau si Kecil kehilangan selera makan, Bunda harus menjadi teladan yang baik supaya si buah hati kembali berselera. Bunda bisa menyiasati nafsu makan si Kecil yang menurun dengan membuat aneka kreasi menu baru dari resep makanan kekinian.

Membantu Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Anak

Selain masalah susah makan, biasanya para ibu modern juga kewalahan dengan anak yang malas minum. Padahal, tubuh membutuhkan cairan tubuh yang cukup setiap hari agar metabolisme dan kekebalan tubuh terjaga dengan baik. Jika asupan susu dan air putih belum cukup untuk si Kecil, Bunda bisa menyiasatinya dengan menyajikan sup, jus buah, dan penganan lainnya yang mengandung banyak air. Kebutuhan air yang terpenuhi akan membuat buah hati Bunda terhindar dari risiko dehidrasi dan gangguan kesehatan lainnya.

Membersihkan Kamar Buah Hati Secara Telaten

Kebersihan kamar buah hati Bunda juga tak boleh luput dari perhatian. Musim pancaroba membuat Bunda harus ekstra teliti menjaga kebersihan kamar si Kecil. Yuk, ajak si Kecil melakukan beberapa hal berikut ini supaya kamarnya selalu bersih dan nyaman:

- Menyemprot seisi kamar dengan disinfektan setiap hari.

- Membereskan mainan si Kecil dan menyimpannya dalam ruang tertutup supaya tidak dipenuhi debu.

- Mencuci seprai, selimut, sarung bantal, boneka, dan perlengkapan tidur anak secara rutin setiap satu minggu sekali. Mikroorganisme yang hinggap pada perlengkapan tidur anak di musim pancaroba memang rentan menimbulkan penyakit menular.

- Membersihkan sudut-sudut kamar yang sering terlewatkan, misalnya bagian atas dan kolong lemari, sela-sela tempat tidur, dan sekitar bingkai foto. Bunda dapat menggunakan vacuum cleaner agar debu dan kotorannya tidak beterbangan.

Membantu Si Kecil Menjaga Kebersihan Tubuh

Kebiasaan menjaga kebersihan tubuh harus diajarkan sejak dini ketika anak masih balita. Apalagi perubahan suhu musim pancaroba membuat tubuh yang kotor rentan dihinggapi mikroorganisme penyebab penyakit. Mulai sekarang, Bunda harus mengajarkan beberapa hal penting ini kepada si Kecil:

- Mengingatkan anak untuk selalu mencuci tangan sesudah beraktivitas, sebelum makan, dan sesudah buang air di kamar mandi.

- Membantu si Kecil berganti pakaian setiap kali selesai beraktivitas di luar rumah. Sehingga mikroorganisme yang menempel pada pakaian tidak menyebabkan penularan penyakit.

- Mencuci pakaian dan seluruh perlengkapan tidur buah hati dengan deterjen anti bakteri yang formulanya aman untuk kulit bayi dan tidak menyebabkan iritasi.

- Membersihkan peralatan makan si Kecil dengan seksama karena kotoran yang tertinggal pada peralatan makan rentan memicu diare.

- Mengajarkan si Kecil untuk mandi dan menyikat gigi secara teratur dan mandiri. Mandi dan menyikat gigi adalah rutinitas sederhana yang akan membuat buah hati Bunda selalu cinta kebersihan.

Mematuhi Protokol Kesehatan saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Musim pancaroba tak harus membuat Bunda melarang si Kecil beraktivitas di luar ruangan. Kegiatan di luar ruangan tetap penting untuk mendukung proses tumbuh kembang si Kecil. Buah hati Bunda jadi leluasa bergerak dan mengeksplorasi alam ketika berada di luar ruangan. Kendati masih bisa beraktivitas di luar ruangan, bukan berarti Bunda dan si Kecil boleh mengabaikan protokol kesehatan, ya. Patuhi beberapa protokol kesehatan ini supaya perubahan suhu musim pancaroba tidak membuat si Kecil mudah sakit:

- Mengajak si Kecil untuk selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

- Menghindari tempat-tempat umum yang terlalu ramai. Sebab tempat yang terlalu ramai meningkatkan risiko penyebaran penyakit menular. Sebagai gantinya, Bunda mesti mengajak si Kecil menjauhi kerumunan.

- Menyiapkan handsanitizer, tisu basah, dan tisu kering untuk menjaga kebersihan tangan selama beraktivitas.

- Membawa bekal makan dan minum sendiri agar tidak perlu membeli makanan di luar rumah. Bekal makanan dan minuman tentu lebih terjaga kehigienisannya dan sesuai dengan selera si Kecil.

Memastikan Si Kecil Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Menjaga kesehatan buah hati di musim pancaroba juga erat kaitannya dengan waktu istirahat yang cukup. Bunda wajib memastikan bahwa si Kecil memiliki waktu istirahat secara maksimal, yaitu tidur siang dan tidur malam. Ketika tidur, sel-sel tubuh si Kecil mengalami perkembangan sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Bunda bisa melakukan beberapa hal ini kalau si Kecil sering rewel menjelang tidur:

- Membuat si Kecil berada dalam kondisi tubuh bersih dan kenyang sesaat sebelum tidur.

- Merapikan kamar si Kecil supaya suasananya lebih nyaman dan sejuk.

- Menemani buah hati menjelang waktu tidur agar si Kecil jadi lebih tenang.

- Menciptakan ritual tidur yang menyenangkan, misalnya dengan membacakan dongeng, membelai-belai kepalanya, atau memijat tubuh si Kecil dengan gerakan lembut.

Menjaga Kehangatan Tubuh Anak

Bunda juga harus sigap menjaga kehangatan tubuh anak karena perubahan suhu musim pancaroba yang naik turun drastis rentan memicu penyakit. Jangan sampai si Kecil kedinginan karena suhu yang tak menentu. Sebaiknya Bunda melakukan beberapa hal ini untuk menjaga kehangatan tubuh si buah hati:

- Menyiapkan pakaian yang tebal, lembut, dan nyaman untuk anak sehingga tidak mudah kedinginan, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

- Memastikan bahwa si buah hati menggunakan selimut tebal saat tidur.

- Menyajikan makanan dan minuman hangat untuk si Kecil ketika cuaca sedang dingin.

- Mengoleskan minyak telon pada tubuh si Kecil setelah mandi. . Bunda bisa mengandalkan Sleek Baby Telon Oil untuk menjaga kehangatan tubuh si Kecil. Produk andalan Sleek Baby ini mengandung minyak kelapa, minyak cajuput, dan minyak anisi. Kandungan minyak telon pada Sleek Baby Telon Oil terbukti 2x lebih banyak sehingga tak hanya menghangatkan tetapi juga melancarkan pernapasan dan mencegah kembung pada anak.

Setelah memandikan si Kecil, oleskan Sleek Baby Telon Oil pada bagian dada, perut, dan punggungnya sehingga buah hati Bunda merasa nyaman dan hangat usai mandi, bebas kembung, dan siap tidur nyenyak.


Kesimpulannya, jangan gentar menghadapi perubahan suhu musim pancaroba ya, Bun. Bila Bunda telaten menjaga kesehatan si Kecil, niscaya buah hati Bunda tak akan mudah sakit selama musim pancaroba.

Leave a comment